Home Tipstrik Mudah! 4 Cara Menampilkan Angka FPS Game di PC atau Laptop

Mudah! 4 Cara Menampilkan Angka FPS Game di PC atau Laptop

284
SHARE

Belihape.id – FPS (Frames Per Second), merupakan angka menunjukan gerakan gambar secara berurutan dalam 1 detik pada bingkai layar. Satuan angka tersebut, sering digunakan dalam berbagai hal digitial terutama pengolahan grafik.

Pengolahan grafik seperti video, film, game bahkan pengolahan visual lainnya. FPS juga sangat berpengaruh bagi kalian para gamers. Karena, ketika semakin kecil angka yang ditampilkan, maka performa game menjadi menurun.

Jadi ketika angka FPS yang ditampilkan kecil, maka kalian bisa mengetahui kualitas VGA berpengaruh atau tidak. Selain VGA, perangkat lainnya juga bisa berpengaruh, contohnya seperti RAM.

Bagi kalian para gamers, yang belum tahu bagaimana cara menampilkan angka FPS tidak perlu khawatir. Kalian bisa mengikuti cara di bawah ini hingga tuntas.

Cara menampilkan Angka FPS di PC Atau Laptop

MSI Afterburner

Aplikasi ini, dapat menampilkan berbagai informasi di laptop atau PC. Seperti temperatur pada prosesor atau VGA. Bahkan, bisa juga dapat menampilkan angka FPS. Sebelum kalian menampilkan  angka tersebut, kalian harus mengunduh dan menginstall  MSI Afterburner terlebih dahulu.

Setelah kalian sudah selesai mengunduh dan menginstall, kalian bisa mengikuti Langkah berikut. Buka menu Settings > Monitoring On Screen Display.

NVIDIA GeForce Experience

Para pengguna laptop atau PC, yang menggunakan kartu grafik dari NVIDIA harus menginstal aplikasi ini. Karena aplikasi tersebut, dapat menyesuaikan performa kartu grafik atau VGA pada saat bermain game. Kemudian, NVIDIA GeForce Experience ini, bisa menampilkan angka Frames Per Second loh.

Caranya, buka GeForce Experience > Settings > nyalakan In-Game Overlay. Pada menu In-Game Overlay, kalian klik Settings > HUD Layout > Performance > FPS.

AMD Radeon Software Adrenalin

Produsen kartu grafik yang menjadi pesaing NVIDIA, juga telah menyediakan aplikasi AMD Radeon Software Adrenalin. Aplikasi tersebut, sangat membantu para pengguna AMD ketika bermain game atau editing video. Pasalnya, dapat memantau kinerja RAM, VGA dan prosesor PC atau laptop pada saat digunakan.

Aplikasi ini, juga bisa digunakan untuk menampilkan  FPS. Caranya, buka aplikasi AMD Radeon Adrenalin > Toogle Radeon Overlay Hotkey. Kemudian, aktifkan opsi Show Metrics. Untuk menampilkannya, kalian tekan tombol Ctrl + Shift + O.

Windows Xbox Game Bar

Xbox Game Bar, merupakan fitur buatan Microsoft untuk mendukung para gamers PC atau konsol buatan mereka. Fitur tersebut, dapat menampilkan berbagai indikator. Seperti Frames Per Second, performa VGA, prosesor dan RAM.

Untuk menampilkan Frames Per Second, kalian bisa mengikuti cara berikut ini. Pertama, kalian buka Gambe Bar dengan menekan tombol Windows + G. kemudian pilih tab FPS > Request Access > Yes > Restart laptop atau PC.