Home Aksesoris 5 Tips Merawat Powerbank Biar Makin Awet

5 Tips Merawat Powerbank Biar Makin Awet

441
0
SHARE

belihape.id – Namanya barang, powerbank harus tetep dirawat Gan. Dengan rutin ngerawat powerbank, diharapkan umurnya bisa panjang. Bener ga? Nah, kalau Agan cara pakai powerbanknya asal-asalan, mau semahal apapun pasti bakal cepet rusak Gan. Makanya butuh tips merawat powerbank yang bisa Agan ikutin untuk menjaga powerbank Agan.

Yuk, simak langsung aja Gan, tips merawat powerbank biar tambah awet!

 

Jangan Sering Diisi Ulang

tips merawat powerbank

Setiap powerbank punya umur berapa kali harus diisi ulang Gan. Jadi tips merawat powerbank yang pertama adalah jangan terlalu sering diisi ulang. Nah, ada perbedaan antara baterai Lithium Ion dengan Lithium Polymer Gan. Powerbank  dengan jenis baterai Lithium Ion memiliki siklus hidup 500 kali isi ulang, sementara Lithium Polymer bisa sampai 1000 kali Gan.

Cara ngakalinnya gampang. Kalau indikator LED nya masih nyala 2, lebih baik jangan diisi dulu. Isi ulang kalau indikator LED tinggal menyala 1. Lebih baik lagi, pakai dulu sampai benar-benar habis Gan. Pasalnya, kalau udah melewati batas siklus hidupnya, kemampuan powerbank untuk penuh dan mengisi daya hp bakal berkurang Gan.

 

Jangan Sampai Berlebihan

tips merawat powerbank

Ngaku deh, pasti beberapa dari antara Agan ada yang suka ngecharge powerbank di malam hari dan baru dicabut pada pagi hari. Nah, untuk selanjutnya sebaiknya nggak diulangi Gan. Pasalnya hal ini akan merusak baterai powerbank Agan. jadi, cara ngejalanin tips merawat powerbank yang satu ini adalah perhatikan terus lampu indikator Gan. Kalau sudah penuh, jangan ragu untuk mencabutnya.

 

Hindari Tempat Panas

tips merawat powerbank

Tips merawat powerbank satu ini bisa Agan lakukan ketika ngecharge pakai powerbank Gan. Jangan simpan powerbank Agan di tempat tertutup pas lagi digunakan. Pasalnya, ketikamengisi daya hp, powerbank akan mengeluarkan panas. Kalau Agan simpan di tempat tertutup, powerbank nggak akan punya sirkulasi udara Gan. Nah, panas berlebih ini bisa ngerusak powerbank Agan.

 

Hindari Benturan

Powerbank Agan punya bodi metal? Jangan seyakin itu kalau powerbank punya Agan akan tahan benturan. Kelihatan dari luar memang tahan, tapi siapa yang tahu kalau ternyata bagian dalamnya sudah berantakan. Nah, tips merawat powerbank yang satu ini perlu Agan perhatikan dengan baik Gan.

 

Jangan Pakai HP

tips merawat powerbank

Tips merawat powerbank yang terakhir adalah jangan pakai hp ketika lagi dicharge menggunakan powerbank Gan. Pasalnya, keluaran daya dari powerbank bisa nggak stabil karena baterai hp terus terkuras. Jadi, coba kalem sedikit kalau lagi ngecharge hp Agan. nanti kalau sudah penuh toh bisa dipakai lagi kan. He…he…he…

 

Nah, tadi itu sedikit tips merawat powerbank biar tetep awet Gan. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan! Lebih baik merawat powerbank yang Agan punya saat ini ketimbang beli terus-terusan Gan! Selamat mencoba!