Home Tipstrik Agan Pake Mobile Banking? Ini Gan Tips Agar Tetap Aman!

Agan Pake Mobile Banking? Ini Gan Tips Agar Tetap Aman!

62
SHARE
Mobile Banking

belihape.id – Perbankan online seperti Mobile Banking telah mengubah cara kita berbank. Tidaklah berlebihan untuk mengatakan bahwa sebagian besar dari kita mungkin sudah bertahun-tahun tidak mengunjungi bank, berkat internet banking dan aplikasi perbankan. Mode ini cukup untuk sebagian besar kebutuhan perbankan kita. Namun, sementara perbankan online adalah sebuah keuntungan, itu juga bisa menjadi sebuah kutukan jika tips keamanan dasar tidak diikuti. Karena kesalahan kecil kita dapat menyebabkan kerugian finansial.

Berikut Adalah Beberapa Tis Sederhana Untuk Diikuti Saat Menggunakan Aplikasi Mobile Banking

Mobile Banking
  • Instal aplikasi hanya dari toko aplikasi resmi

Pastikan Agan mengunduh aplikasi perbankan hanya dari toko aplikasi resmi, yaitu Google Play Store atau Apple App Store

  • Menggunakan Aplikasi Mobile Banking Dengan Hindari mengklik tautan yang mencurigakan

Jangan pernah mengunduh aplikasi perbankan dari tautan yang diterima melalui SMS, email, atau platform serupa lainnya. Penipuan phishing sering terjadi melalui email dan SMS semacam itu.

  • Gunakan autentikasi dua faktor bila tersedia

Otentikasi dua faktor pengguna (2FA) karena menambahkan lapisan keamanan lain. Ini juga memastikan bahwa Agan mendapatkan pemberitahuan jika ada yang mencoba meretas akun Agan.

  • Gunakan otentikasi PIN atau biometrik pada aplikasi perbankan

Pastikan Agan mengaktifkan otentikasi PIN atau biometrik di semua aplikasi perbankan Agan. Ini akan memastikan bahwa tidak ada transaksi penipuan yang terjadi jika ponsel Agan jatuh ke tangan yang salah.

  • Gunakan password yang kuat

Kata sandi yang kuat sangat penting. Pastikan kata sandi Agan rumit dan terdiri dari alfabet huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. Juga disarankan agar pengguna mengubah kata sandi mereka secara teratur, ini membantu jika kata sandi mereka diretas dalam pelanggaran data apa pun.

  • Hubungi bank Anda jika ponsel hilang

Segera hubungi bank jika Agan kehilangan ponsel. Pastikan Agan menonaktifkan aplikasi mobile banking dan memblokir semua transaksi melalui itu.

  • Gunakan koneksi internet yang aman

Jangan pernah menggunakan aplikasi perbankan atau terlibat dalam perbankan online di jaringan Wi-Fi publik. Karena jaringan Wi-Fi publik rentan terhadap peretasan. Agan mungkin akan membocorkan kredensial perbankan penting Agan saat menggunakan Wi-Fi publik.