SHARE

belihape.id – Muncul pada tahun 2009-an, perjalanan WhatsApp sulit dihentikan sampai sekarang, Gan. Rasanya hampir semua pengguna smartphone kini telah menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi. WhatsApp bahkan jadi salah satu aplikasi wajib yang diinstal di ponsel. Lalu apa sih sebenarnya alasan WhatsApp banyak digunakan oleh semua orang? Nih Ane kasih tau Gan..

Sebelum Ane kasih  tau alesan WhatsApp banyak digunakan oleh hampir jutaan orang, kita bahas sedikit soal WhatsApp dulu ya.. WhatsApp adalah gagasan brilian dari duet Brian Acton dan Jan Koum asal Ukraina.

WhatsApp memang bukan layanan messaging pertama, tapi beberapa keunggulan dan inovasi membuatnya cepat melesat. Cukup dengan nomor telepon, Agan bisa menambah kontak. WhatsApp juga mudah digunakan dan bebas dari iklan yang mengganggu, Gan.

Nah, setelah Ane tau ternyata ada 10 alasan WhatsApp banyak digunakan oleh jutaan umat manusia di dunia, Ini Gan..

Baca Gan: Gan, Siap-Siap, 2020 Ponsel Android dan iOS ini Tak Bisa Pakai WhatsApp

Alasan WhatsApp Banyak Digunakan

Pertama, Gratis!

Awalnya sih, WhatsApp merupakan aplikasi yang menawarkan penggunaan gratis selama setahun, Gan. Setelah pemakaian setahun, pengguna nanti dikenakan biaya untuk memakai WhatsApp secara gratis.

Sistem ini kemudian diubah menjadi gratis sepenuhnya alias tanpa berbayar. Memang aplikasi lain juga menawarkan layanan gratis. Hanya saja WhatsApp terasa seperti aplikasi yang benar-benar gratis dan mudah digunakan gitu Gan..

Kedua, Dapat Digunakan di PC

Alasan yang kedua, WhatsApp banyak digunakan ialah dapat digunakan di berbagai platform, Gan. Bukan hanya di perangkat mobile seperti Android dan iOS tetapi juga di desktop (komputer atau laptop)  melalui layanan WhatsApp Web.

Layanan WhatsApp Web ini bisa digunakan dengan mudah lewat dua cara. Cara pertama memakai browser dengan mengunjungi situs web.whatsapp.com. Cara kedua adalah tinggal menginstal aplikasinya saja, Gan.

Baca Gan: Tips Memilih Kredit Hp Online, Jangan Terburu Nafsu Gan!

Ketiga, Terintegrasi Nomor Telepon

WhatsApp memakai sistem pendaftaran yang praktis, cukup dengan nomor telepon saja. Penggunaan nomor telepon ini membuat WhatApp lebih mudah dipakai.

Untuk chat orang lain pun, tidak perlu menanyakan nama pengguna atau username, seperti aplikasi chat lain. WhatsApp cukup dengan menanyakan nomor teleponnya saja, Gan. Bahkan, Agan bisa tau orang memiliki WhatsApp atau tidak dengan mengetahui nomor teleponnya. Dan inilah menjadi alasan WhatsApp banyak digandrungi banyak kalangan, Gan.

Keempat, Pengganti SMS

Jauh sebelum negara smartphone menyerang, alias jauh sebelum ada telepon pintar seperti saat ini, SMS sempat menjadi layanan pesan yang banyak digunakan orang, Gan. Hal ini berubah seiring maraknya layanan pesan dan kehadiran ponsel pintar. SMS mulai perlahan digantikan oleh aplikasi semacam Yahoo Messenger!, BBM, Skype, WhatsApp, LINE, dan lainnya.

Aplikasi-aplikasi tersebut perlahan menggantikan layanan SMS. Aplikasi chat tersebut lebih murah dan praktis. Tidak ada batasan karakter untuk mengirim pesan. Dan juga aplikasi tersebut menawarkan layanan pengiriman pesan bergambar yang lebih mudah dibandingkan MMS.

Kelima, Pengganti Panggilan Telepon

Seiring munculnya ponsel pintar, WhatsApp tidak hanya digunakan sebagai pengganti SMS tetapi juga untuk panggilan telepon. Banyak pengguna telepon yang kini menelepon menggunakan WhatsApp dibandingkan menggunakan telepon atau sambungan biasa.

Penggunaan WhatsApp untuk menelepon dianggap lebih murah karena menggunakan koneksi data. Dibanding telepon biasa yang menggunakan tarif standar yang biasanya menyedot pulsa, yang kadang bikin was-was pulsa habis.

Selain itu juga, panggilan WhatsApp memungkinkan untuk panggilan video. Alias pengguna bisa memakai WhatsApp untuk menelepon sambil bertatap muka, yang juga bisa video call-grup, jadi alasan whatsapp banyak digandrungi, Gan.

Keenam, Bisa Membuat Grup

Dulu yang kita tahu, membuat Grup hanya ada di Facebook. Misalnya, grup karena hobi tertentu, grup alumni sekolah, dan grup lainnya.

Kini kehadiran WhatsApp yang memungkinkan Agan membuat grup, membuat grup di Facebook tidak seramai dulu. Grup-grup tadi kini pindah ke WhatsApp.

Dan nggak heran, di akun WhatsApp, termasuk Agan, pasti ada banyak grup sekolah (ataupun alumni), grup kantor, grup anggota keluarga, bahkan grup mantan mungkin??.. Terlebih kehadiran WhatsApp Web membuat orang lebih banyak berkoordinasi di grup WhatsApp dibandingkan layanan chat khusus lainnya untuk pekerja.

Ketujuh, User Friendly

Alasan WhatsApp banyak digunakan, selanjutnya karena UI yang User Friendly, alias tampilan antarmukanya atau UI (user interface) yang simpel dan mudah dipahami, Gan.

Pengguna pertama kali memakai WhatsApp akan langsung bisa memahami fitur-fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp. Selain itu, WhatsApp juga menawarkan tampilan aplikasi yang tidak membutuhkan loading gambar sehingga memberatkan aplikasi.

Ukuran file WhatsApp juga tergolong kecil sehingga mudah diunduh. Hal ini juga berpengaruh pada performa WhatsApp di sistem operasi. Dengan ukuran yang kecil dan UI yang ringan, membuat WhatsApp lebih hemat baterai, kan Gan?

Kedelapan, Bukan Aplikasi Media Sosial

Salah satu alasan lainnya WhatsApp banyak digunakan karena aplikasi ini fokus pada chattingan, Gan. Beda dengan LINE misalnya yang tidak hanya menawarkan aplikasi chat tetapi juga berfungsi sebagai media sosial.

Karena fokus pada fungsi chat, WhatsApp jadi lebih ramah digunakan. Bandingkan aja apabila WhatsApp sama seperti LINE yang memungkinkan pengguna update status atau seperti Instagram yang sering pamer foto, jelas kenyamanan penggunaan WhatsApp pasti berkurang kan.. Karena hal ini, WhatsApp bukan aplikasi untuk stalking atau kepo kehidupan orang, Gan.

Kesembilan, WhatsApp Bisnis

WhatsApp Business

Lanjut lagi, WhatsApp memiliki layanan chat khusus untuk kebutuhan bisnis, melalui aplikasi WhatsApp Bisnis. Kehadiran aplikasi ini jelas menjadi alasan whatsApp banyak digunakan, terlebih aplikasi ini bermanfaat bagi Agan yang memiliki usaha di bidang tertentu, Gan. Ini bakalan cocok dan sangat membantu Agan ntuk promosi usaha Agan, lebih ringkas dan mudah.

Terakhir, Ada Emoticon plus Stiker

WhatsApp Emoticon

Terakhir, alasan WhatsApp banyak digunakan dan digandrungi karena memang memiliki banyak emoticon. Kehadiran emoticon ini tentu jadi kelebihan sendiri karena orang bisa mengirimkan perasaan mereka dan membuat kirim pesan lebih bewarna dan hidup lewat emoticon.

Selain itu juga, WhatsApp semakin populer berkat fitur menarik yang dimilikinya, yakni kemudahan membuat sticker. Agan sebagai pengguna, bisa membuat sticker sendiri, bahkan sticker bisa dibuat dari foto Agan juga lohh. Udah coba?

Yup, itulah 10 alasan WhatsApp banyak digunakan dan digandrungi oleh hampir semua kalangan orang. Dan tampaknya WhatsApp juga terus memperbaiki dengan memberikan inovasi-inovasi yang membuat pengguna WhatsApp semakin betah lagi deh.