SHARE

belihape.id – Di  Indonesia itu sekarang banyak sekali situs belanja online yang menawarkan berbagai pilihan barang. Begitupun dengan berbagai fasilitas atau kemudahan agar konsumen dapat menemukan barang sesuai dengan keinginannya. Salah satunya dengan kemunculan aplikasi belanja online bayar di tempat atau Cash on Delivery (COD).

Dengan adanya aplikasi belanja online bayar di tempat menjadi kepuasan tersendiri dan tidak takau bila barang tidak dikirim. Kegiatan jual beli tanpa harus bertatap muka ini makin banyak diminati karena dinilai lebih praktis dan hemat. Nah, kali ini Ane mau bahas soal aplikasi belanja online bayar di tempat atau COD yang bisa jadi pilihan Agan belanja online dengan aman dan ga usah bingung lagi.. Tapi sebelumnya Ane kasih tau dulu Keuntungan dan Kekurangan belanja online ya Gann…

Keuntungan Belanja Online

Keuntungan belanja online yang Agan rasain apa aja sih? Kalau Ane nih, nggak perlu lagi susah-susah dateng ke toko, Gan. Tinggal manfaatin gadget aja, Agan bisa beli berbagai macam kebutuhan Agan. Mulai dari perlengkapan sehari-hari, makanan, barang elektronik, tiket, dan sebagainya.

Kemudian, alasan mengapa banyak yang memilih berbelanja online apalagi kalau bukan kemudahan dan keamanan dalam pembayarannya, Gan.. Biasanya pembayaran dalam belanja online mengharuskan pembeli untuk mentransfer uangnya ke pihak toko online, bisa melalui kartu debit, bayar dengan kartu kredit, gerai toko retail seperti Indomaret atau Alfamart, uang elektronik dan beberapa cara pembayaran online lainnya.

Meminimalkan resiko penipuan. Dengan menggunakan toko online yang terpercaya dan pembayaran dilakukan lewat pihak ketiga tersebut akan meminimalkan resiko penipuan dibanding jika pembeli harus menyetor uang langsung ke penjual, Gan.

Kekurangan Belanja Online

Namun memang selain keuntungan di atas, ada beberapa kekurangan dalam berbelanja online nih Gan.. Seperti barang yang dibeli tidak sesuai harapan karena tidak sesuai dengan gambar yang dipajang mulai dari kualitas, warna, hingga ukuran, terutama untuk produk-produk fashion dan elektronik. Adanya ongkos kirim dan keterlambatan barang tiba, bisa jadi menyebalkan.

Belanja Online Bayar di Tempat atau COD

Nah kini, walau pembayaran bisa dilakukan dengan mentransfer uang ke toko online terlebih dulu, banyak pembeli memilih cash on delivery alias bayar di tempat, bila barang sudah diterima.

Beberapa alasan yang membuat mereka memilih COD, kemungkinan karena mereka nggak punya rekening bank, tidak memiliki kartu kredit, sedang bermasalah dengan e-banking atau alasan lain yang membuat pembeli tidak sempat ke ATM untuk mentransfer uangnya, Gan.

Jika Agan termasuk pembeli yang suka bayar tunai barang belanjaan Agan, ada baiknya Agan mencatat toko online apa saja yang memberikan layanan Cash on Delivery. Sehingga Agan bisa berbelanja nyaman sesuai keinginan Agan dehh. Berikut daftar toko online terpercaya yang melayani cara pembayaran COD:

Aplikasi Belanja Online Bayar di Tempat

1. Lazada.co.id

Lazada.co.id merupakan salah satu situs e-commerce yang cukup melekat di benak masyarakat Indonesia. Di Lazada juga menyediakan metode pembayaran COD, dimana nanti pembeli akan membayar barang yang dibelinya secara cash ke kurir Lazada ketika sudah sampai di alamat pengiriman, Gan.

2. Berrybenka.com

Berrybenka.com ini adalah situs belanja online untuk produk fesyen dan menjadi e-commerce favorit kalangan wanta. Berrybenka.com juga menyediakan metode pembayaran COD . Untuk bisa menggunakan layanan ini ada beberapa ketentuan yang perlu Agan perhatikan nih…

Berlaku untuk pembelian produk dengan total maksimal Rp 1 juta. Pembayarannya wajib tunai ya, tidak boleh hutang. Layanan ini berlaku di beberapa kota di provinsi berikut : Bali, Banten, D.I Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Riau, Papua.

3. Blibli.Com

Aplikasi belanja online bayar di tempat selanjutnya ada Blibli.com. Blibli ini menjadi situs e-commerce yang sudah cukup lama, dan terpercaya, Gan. Hanya saja layanan COD yang ada di Blibli ini tidak berlaku di seluruh produk. Tapi untuk produk tertentu saja yang memiliki informasi “Dikirimkan oleh Blibli.com” dan cakupan wilayahnya juga tertentu. Total ada 61 kota.

Selain itu juga ada ketentuan lain, seperti jumlah pesanan maksimal hanya Rp 3 juta saja. Lebih dari itu tidak bisa menggunakan COD.

Layanan COD ini hanya berlaku untuk mengantaran saja, konsumen tidak bisa menitipkannya ke kurir apabila ingin return.

4. Zalora.co.id

Zalora juga punya aplikasi belanja online bayar di tempat atau COD, Gan.. Ketentuan layanan bayar di tempat Zalora ini maksimal pembelian adalah Rp 2 juta saja. Karena Zalora menjual produk fashion, maka dari itu konsumen tidak diperbolehkan mencoba produknya dulu sebelum melakukan pembayaran. Gitu, Gann…

5. JD.ID

Jika sebelumnya toko online ini dikenal khusus menjual produk gadget dan elektronik, kini JD.ID menambah kategori ke banyak pilihan produk lainnya termasuk fashion, Gan. Dengan mengusung tagline produk yang dijual dijamin produk ori alias asli, JD.ID kini mulai banyak diminati para pembeli.

e-commerce satu ini juga melayani aplikasi belanja online bayar di tempat dengan jangkauan yang cukup luas, yakni lebih dari 700 kota di seluruh Indonesia. Agan juga bisa mengecek lokasi COD tersebut di situs JD.ID. Untuk pembayarannya, COD ini disyaratkan untuk transaksi maksimal Rp 100 juta sedangkan untuk transaksi hingga Rp 200 juta harus dilakukan secara non tunai, Gan..

6. Bhinneka.com

Bisa dikatakan Bhinneka.com adalah pelopor e-commerce yang ada di Indonesia karena Bhinneka.com sudah ada sejak tahun 1996, Gan. Situs ini dikenal menjual gadget dan peralatan elektronik terkemuka dari ponsel, kamera, video recorder, komputer hingga aksesorisnya. Tapi kini Bhinneka.com sudah merambah ke kategori lain yang cukup populer, dari fashion hingga peralatan dapur.

Untuk sistem pembayarannya sendiri, Bhinneka.com juga melayani pembayaran di depan muka atau COD namun hanya terbatas untuk wilayah Jabodetabek saja, Gan.. Pemesanan juga harus dilakukan via telpon dan online chat. Pembayaran COD ini bisa menggunakan uang tunai, kartu debit Mandiri atau BCA dan juga kartu kredit dengan lambang MasterCard/Visa.  

7.  Shopee

Di penghujung tahun 2018 lalu akhirnya Shopee membuka layanan aplikasi belanja online bayar ditempat atau dengan sistem COD. Ditargetkan untuk menjangkau pembeli baru, sistem bayar di tempat yang didukung J&T untuk seluruh wilayah Indonesia ini memang cukup banyak diminati para pembeli, Gan. Untuk COD di Shopee disyaratkan untuk transaksi minimal Rp 120.000 dan maksimal Rp 3.000.000.

8. Orami

Bagi ibu-ibu yang baru saja memiliki bayi, Orami.co.id mungkin menjadi satu situs aplikasi belanja online terbaik dan terpercaya, salah satu situs belanja online langganan mereka. Toko online satu ini memang khusus menjual kebutuhan wanita dan bayi dengan harga yang terjangkau. Tak hanya itu, Orami juga menyediakan layanan vaksinasi baik untuk bayi maupun dewasa di rumah.

Dan untuk mengikuti permintaan pasar, Orami juga menyediakan berbagai cara pembayaran, salah satunya COD. Untuk COD, Orami sudah menjangkau di kota-kota besar seluruh Indonesia dengan syarat belanja maksimal 3 juta rupiah. Dan untuk sistem pembayaran dengan COD ini belum bisa dilakukan untuk produk-produk pembelian dari luar negeri.

Itulah 8 aplikasi belanja online Bayar di tempat Gaes, situs belanja online bayar di tempat yang bisa Agan coba. Tetapi sebenarnya di era sekarang sudah tak perlu pakai COD, soalnya dengan adanya sistem pembayaran rekening bersama, transaksi Agan akan tetap aman. Tapi ya itu selera juga sih, Gan..