SHARE
aplikasi clubhouse

belihape.id – Akhir-akhir ini nama Clubhouse menjadi bahan pembicaraan secara global termasuk di tanah air nih Gan. Aplikasi Clubhouse ini mulai melejit di jagat online setelah Elon Musk, CEO Tesla Inc, hadir dalam satu sesi diskusi daring yang diadakan di aplikasi tersebut, Gan. Lantas apa sih sebenarnya aplikasi Clubhouse? Yuk kita cari tau bersama…

Aplikasi Clubhouse ini sudah ada sejak Maret 2020 dan diluncurkan oleh wirausahawan Silicon Valley, Paul Davidson dan Rohan Seth. Pada Mei 2020, aplikasi ini hanya punya 1.500 pengguna dan nilai valuasinya USD 100 juta (Rp 1,4 triliun).

Sementara per 1 Februari 2021 kemarin, aplikasi Clubhouse sudah punya 2 juta pengguna sedangkan nilai valuasinya mencapai USD 1 miliar, Gan.

Apa itu Aplikasi Clubhouse?

Mengutip laman The Guardian, Senin (15/2), Aplikasi Clubhouse sendiri merupakan aplikasi jejaring sosial ekslusif berbasis obrolan suara dan saat ini hanya tersedia untuk pengguna perangkat iOS aja Gan.

Para penggunanya  bisa mendengarkan obrolan, wawancara, dan diskusi mengenai berbagai topik. Bisa dikatakan, Clubhouse mirip dengan podcast namun live dan ekslusif gitu, Gan.

Ekslusif ini karena pengguna Clubhouse mesti mendapatkan undangan dari teman yang sudah jadi pengguna. Artinya, Agan tidak bisa asal unduh aplikasi dari App Store lalu membuat akun seperti jejaring sosial lainnya.

Dilansir Aljazeera, Aplikasi Clubhouse memanfaatkan konsep Fear of Missing Out (FOMO) atau ‘takut ketinggalan hal baru’ untuk menggaet dan memastikan penggunanya tetap bertahan di aplikasi itu, Gan.

Apabila pengguna tidak online ketika percakapan sedang berlangsung di Clubhouse, maka pengguna akan ketinggalan informasi terkini yang sedang dibicarakan.

Saat Agan bergabung jadi pengguna Clubhouse, Agan akan diminta memilih topik yang diminati. Misalnya topik tentang teknologi, buku, bisnis, atau kesehatan.

Makin banyak informasi yang Agan bagikan di aplikasi ini, makin banyak ruang obrolan dan pengguna Clubhouse yang akan merekomendasikan berbagai obrolan yang bisa diikuti.

Ruang obrolannya mirip dengan conference call, tapi hanya ada sejumlah orang yang bicara dan kebanyakan mendengarkan. Mirip dengan panggilan telepon, ketika obrolan telah selesai, ruang obrolan akan tertutup.

Bagaimana cara gabung di Clubhouse?

Caranya, Agan harus mendapatkan undangan dari orang yang sudah jadi pengguna. Pengguna tersebut akan membagikan link undangan ke nomor telepon Agam via SMS.

Link tersebut menuju ke toko aplikasi App Store untuk mengunduh Clubhouse dan langsung sign-up.

Disisi lain, pihak pengembang juga telah mengumumkan fitur-fitur baru yang akan datang, seperti tip, tiket, atau langganan, untuk membayar kreator secara langsung di aplikasi. CEO Clubhouse Paul Davidson juga menyampaikan, aplikasi itu pada akhirnya akan terbuka untuk semua orang, termasuk pengguna Android, Gan.

Di Indonesia sendiri, diketahui  ada yang memanfaatkan untuk mendapatkan undangan eksklusif tersebut. Diketahui, sejumlah seller di Tokopedia bahkan sudah menjuadl Clubhouse invitation. Perlu diingat lagi nih Gan, meskipun Agan bisa mengunduh aplikasi tersebut di perangkat ios, Agan harus diundang terlebih dahulu oleh pengguna Clubhouse lainnya.