Home Review Review Asus ROG Phone 5s Pro : Hp Gaming Paling Militan Sejauh...

Review Asus ROG Phone 5s Pro : Hp Gaming Paling Militan Sejauh Ini…

166
SHARE

belihape.id – Ok Gan sekarang ane bakal ngomongin HP flagship Asus yang memang identik dengan gaming. Yup betul banget Asus ROG Phone 5S Pro terbaru, HP dengan segala keunggulan fitur game yang nggak kalah mumpuni dibandingkan para kompetitor.

Tak bisa dipungkiri seh Gan, kalau HP ini memang salah satu jagoan gaming karena memiliki prosesor Snapdragon 888+ di jeroannya. Terlebih, Asus ROG Phone 5s Pro mengalami beberapa upgrade di beberapa lini.

Penasaran apa saja upgrade yang diberikan oleh Asus rog Phone 5S Pro ?

Desain

Kulak kulik pertama langsung ke bagian eksterior neh Gan. Dari luar udah terpancar, kalo HP ini emang kelihatan powerful banget untuk gaming. Sebab, identitas generasi ROG phone sebelumnya juga tetap melekat.

Bobot yang juga terasa mantap di genggaman menjadi ciri serupa. Pun, futuristik layar di belakang yang juga ikonik tetap dipertahankan.  Plus suguhan detil lainnya dengan identitas maskulin juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

Misal proteksi Corning Gorilla Glass di bagian depan dan belakang menjadi sesuatu hal yang wajib. Keduanya berfungsi untuk melindungi Asus rog Phone 5S Pro ini dari beragam benturan.

Khusus bagian belakang terdapat pula cover atau case yang diperuntukkan sebagai pemanis sekaligus proteksi yang juga meminimalisir terjadinya benturan.

Memiliki dimensi 172,8 X 773 X 99 mm membuat HP ini terasa bongsor apalagi layar yang dimiliki juga memiliki bentang 6,78 inch dengan 82% screen to body ratio.

Wajar karena HP ini memang diperuntukkan untuk para gamer Pro yang membutuhkan keleluasaan dalam bermain. Baik itu bermain PUBG mobile, Mobile Legends, Genshin Impact dan game lainnya.

Sekarang kita kuliti di bagian detailnya Gan. Jadi di tepi kanan ini terdapat tombol power dan volume yang nangkring dan terlihat menonjol. Bergeser ke bagian kiri terdapat konektor charge dan dudukan untuk menghubungkan Aero Active Cooler.

Sementara di bagian bawah konektor USB type C dan lubang Jack audio 3,5mm juga disematkan tiga buah kamera dan sebuah LED Flash yang mampu memberikan guyuran cahaya ketika memotret dalam kondisi low light. Selain itu, terdapat layar kedua minimalis yang bisa mencirikan identitas ROG Phone 5S Pro

Layar

Untuk kualitas layar Asus ROG Phone 5S Pro memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sama seperti pendahulunya yang memiliki refresh rate maksimum hingga 144hz. Layar HP ini juga responsif dan smooth.

Menariknya, untuk bermultimedia rasio warna dengan panel AMOLED yang tajam dan nyaman membuat mata tak lekas Lelah. Tak cuma itu di varian pro kemampuan sampling rate meningkat. Dari varian standar 300 Hz di varian Pro ini bisa mencapai 360 Hz.

Artinya terjadi perbedaan latency patut diapresiasi sebagai usaha Asus untuk memberikan HP gaming terbaik di pasar hp gaming Gan.

Kamera

Masuk ke fitur ini akan bisa mendapatkan hasil jepretan yang ciamik karena detail foto akan terlihat baik. Ane membuktikannya di berbagai kondisi Gan. Baik di kondisi cukup cahaya ataupun kondisi low light.

Kualitas jempolan di jepretan bisa dibilang wajar, karena Asus rog Phone 5S Pro menggunakan sensor Sony IMX 686 64MP. Otomatis kualitasnya tidak perlu diragukan lagi Gan.

Sebagai pembuktian Gan, Ane menjajalnya di kondisi malam dengan guyuran lampu temaram di salah satu restoran. Walhasil,  jepretan foto makro maupun indoor terlihat menarik dengan variasi foreground dan background berkomposisi sempurna.

Sementara di video hasil perekaman resolusi gambar bergerak bisa mencapai 8K. So, buat Agan yang membutuhkan kualitas gambar yang lebih baik bisa memilih resolusi tertinggi. Hanya saja, kualitas video yang baik akan memakan memori di internal pada saat perekaman maupun editing nantinya.

Performa

Dengan hadirnya Asus ROG Phone 5S Pro di pasaran membuktikan bahwa Asus begitu konsisten turun ke ranah gaming dengan all out. Hal ini dibuktikan HP ini desain terbaik untuk kebutuhan pro player terpenuhi.

Tak cuma visual, kualitas audio yang jempolan bisa menjadi jawaban bagi para gamerProfessional. Yang patut disayangkan lagi-lagi soal panasnya HP ini ketika diajak main game secara spartan.

Keberadaan aksesori aeroactive cooler untuk pemadam panas di punggung ponsel sedikit banyak bisa dijadikan solusi meski membuat genggaman di ponsel menjadi sedikit kurang nyaman (ini pendapatan Ane Gan).

asus rog phone 5s pro genshin impact

Ane mengujinya dengan game genshin Impact, body belakang hp pun terasa mulai hangat. Walhasil, penggunaan Aeroactive cooler menjadi suatu keharusan.

Sementara di gameplay bermain Asus Zenfone 5s Pro memang sangat bisa diandalkan. Dengan pengaturan grafis menengah 60fps untuk menstabilkan grafis, Asus ROG Phone 5s Pro bisa membuat suhu bodi tak terlampau panas.

Namun, jika dipaksakan ke settingan grafis maksimal, hp pun akan kembali lagi bertemperatur tinggi di bagian body belakang HP  dan mengalami kenaikan suhu yang cukup signifikan.

Baterai

baterai asus rog phone 5s pro

Pindah ke bagian baterai, Asus rog Phone 5S Pro mengadopsi kapasitas 6000 mAh. Sebagai penopang daya di awal kemunculan hp ini membuat kekhawatiran buat calon penggunanya.

Sebab, chipset yang ditanamkan lebih kencang sementara daya tahan baterai hampir sama dengan varian standar. Namun pada kenyataannya daya tahan baterai bisa sebelas dua belas dengan varian lainnya.

Dan ini menjawab keraguan di daya tahan baterai. Karena secara pemakaian, baterai Asus ROG Phone 5s Pro bisa diandalkan. Cuma tingkat kenyamanan mengalami sedikit kendala akibat panasnya suhu di bagian belakang Hp.

Untuk pengisian daya dibutuhkan waktu kurang lebih 60 menit dengan teknologi adapter 65 watt yang terdapat di paket penjualan.

Kesimpulan

Kalau Agan seseorang gamer banget nggak ada salahnya Agan memilih Asus ROG Phone 5s Pro sebagai senjata bermain. Hanya saja perhatikan juga kocek yang harus dikeluarkan. Namun dengan segala fitur yang dimiliki Asus rog Phone 5S Pro, kebutuhan gamer untuk sebuah perangkat gaming, hp ini layak berpredikat salah satu yang terbaik saat ini di pasar.

Spesifikasi Asus ROG Phone 5s Pro

asus rog phone 5s pro
  • Layar : AMOLED, 1B colors, 144Hz, HDR10+, 800 nits (typ), 1200 nits (peak). 6.78 inches, 109.5 cm2 (~82.0% screen-to-body ratio)
  • Resolusi : 1080 x 2448 pixels (~395 ppi density)
  • OS : Android 11, ROG UI
  • Chipset : Qualcomm SM8350 Snapdragon 888+ 5G (5 nm)
  • CPU : Octa-core (1×2.99 GHz Kryo 680 & 3×2.42 GHz Kryo 680 & 4×1.80 GHz Kryo 680)
  • GPU : Adreno 660
  • Eksternal : microSDXC (dedicated slot)
  • Internal : 128GB 8GB RAM, 128GB 12GB RAM, 256GB 12GB RAM, 256GB 16GB RAM
  • Kamera Utama : Triple 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.73″, 0.8µm, PDAF
    • 13 MP, f/2.4, 11mm, 125? (ultrawide)
    • 5 MP, f/2.0, (macro)
    • Features LED flash, HDR, panorama
  • Video : 8K@30fps, 4K@30/60/120fps, 1080p@30/60/120/240fps, 720p@480fps; gyro-EIS
  • Kamera Depan : 24 MP, f/2.5, 27mm (wide), 0.9µm
  • NFC : Yes
  • USB : USB Type-C 3.1 (side), USB Type-C 2.0 (bottom), accessory connector, USB On-The-Go
  • Baterai : Li-Po 6000 mAh, non-removable
    • Charging Fast charging 65W, 70% in 30 min, 100% in 52 min (advertised)
    • Reverse charging 10W
    • Power Delivery 3.0
    • Quick Charge 5
  • Warna : Phantom Black, Storm White