Home Tipstrik Begini Nih Cara Melihat Spesifikasi Laptop Atau PC Agan

Begini Nih Cara Melihat Spesifikasi Laptop Atau PC Agan

893
SHARE

belihape.id – Mengetahui spesifikasi lengkap laptop atau PC merupakan hal yang wajib Agan ketahui kalau punya perangkat tersebut atau kalau pengen beli yang baru Gan. Pasalnya, kebutuhan Agan pada laptop atau PC akan sangat berpengaruh pada spesifikasi Gan. Cara melihat spesifikasi laptop atau PC ini penting banget untuk Agan ketahui.

Misalnya, Agan mau beli laptop atau PC untuk main game, nggak mungkin kan Agan pakai laptop atau PC yang cuma punya RAM 3 GB dengan prosesor entry level. Paling engga Agan harus beli laptop atau PC dengan prosesor Intel Core i7 dan RAM minimal 8 GB kalau kebutuhannya untuk main game berat.

Atau Agan mau install aplikasi tertentu. Agan harus tahu laptop atau PC Agan berjalan di prosesor 32-bit atau 64-bit Gan. Nah, pokoknya mengetahui spesifikasi laptop atau PC penting banget dan nggak boleh disepelekan sama sekali Gan. Gimana cara melihat spesifikasi laptop atau PC? Simak tips berikut ya Gan!

 

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Atau PC

Cara melihat spesifikasi laptop atau PC ini akan sangat bergantung pada OS yang Agan gunakan Gan. Nah, ada sedikit perbedaan OS Windows 10 dengan versi-versi sebelumnya Gan. Yuk cek!

Windows 10

Cara melihat spesifikasi laptop atau PC sebenarnya cukup sederhana Gan. Klik kanan pada tombol start Gan (ikon Windows di pojok kiri bawah) kemudian pilih Device Manager. Di sini Agan akan lihat banyak info terkait hardware laptop atau PC Agan. Misalnya, kapasitas baterainya berapa, prosesornya apa sampai ke kartu grafis yang dipakai Gan.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Atau PC

Sementara untuk melihat besaran RAM dan info lainnya, Agan cuma perlu klik kanan pada tombol Start kemudian pilih System. Di menu ini Agan akan lihat jens prosesor yang digunakan, besaran RAM dan kapasitas yang sedang digunakan, tipe sistem 32-bit atau 64-bit dan sebagainya Gan. Gampang ya ternyata.

 

Windows 8

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Atau PC

Kalau Agan punya Windows 8, sebenarnya caranya juga nggak terlalu berbeda kok Gan. Yang bedain cuma proses awalnya aja. Arahkan kursor ke pojok kanan atas layar Gan untuk membuka opsi Charms. Selanjutnya tinggal pilih Setting >> PC Info.

Atau bisa juga Agan akses lewat Control Panel >>System Security >> System.

 

Windows 7 dan Windows XPCara Melihat Spesifikasi Laptop Atau PC

Ada dua cara melihat spesifikasi laptop atau PC windows 7 atau XP Agan. Cara pertama buka Windows Explorer. Kemudian klik kanan di My Computer, pilih Properties. Nah, nantinya Agan bisa lihat semua info dari laptop atau PC Agan. Kapan tahun pembuatannya, prosesor yang dipakai, kapasitas RAM serta tipe sistem yang berjalan Gan. Selanjutnya untuk melihat driver apa aja yang ada di laptop atau PC Agan, klik Device Manager pada deretan menu di sebelah kiri Gan.

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Atau PC

Cara kedua, untuk melihat spesifikasi yang lebih lengkap, Agan silakan buka menu Windows dengan meng-klik ikon Windows di pojok kiri bawah layar. Kemudian di kolom search, ketik ‘dxdiag’, tanpa tanda petik ya Gan. Nah di menu DirectX ini, Agan bisa lihat semua info soal spesifikasi laptop atau PC Agan. Mulai dari prosesor, RAM sampai kartu grafis yang terpasang Gan.

 

MacCara Melihat Spesifikasi Laptop Atau PC

Nah, gimana kalau ternyata laptop atau PC Agan punya OS Mac? Cara melihat spesifikasi laptop atau PC Mac Agan juga nggak susah kok Gan. Pertama Agan klik ikon Apple di pojok kiri atas Gan. Nah, akan keluar beberapa menu tuh Gan, selanjutnya Agan tekan dan tahan tombol Option yang ada di keyboard sampai menu ‘About this Mac’nya berubah jadi ‘System Information’ Gan. Langsung klik aja Gan. Di menu ini Agan bakalan bisa lihat informasi lengkap tentang laptop atau PC Mac Agan.

 

Nah, demikian Ane kasih ulasan tentang cara melihat spesifikasi laptop atau PC untuk Agan. Silakan dicoba Gan karena penting banget untuk tahu spesifikasi laptop atau PC Agan. Sampai jumpa di tips trik lainnya ya Gan!