SHARE

belihape.id – Ternyata penting banget lho Gan, nge-cek nomor IMEI Hp Agan. Karena, dengan cara itu, Agan bisa mengetahui bahwa Hp yang Agan beli adalah barang legal. Apalagi sekarang pemerintah sedang bersiap mengeluarkan regulasi aturan IMEI, Gan. Aturan ini rencananya akan berlaku mulai 18 April 2020 mendatang. Buat, Agan yang sering gonta-ganti Hp, nih cara cek IMEI Hp, Gan..

Tingginya penggunaan barang elektronik smartphone (Hp)  di Indonesia ini, membuat permintaan produksi Hp juga meningkat, Gan. Terlebih rata-rata barang elektronik ini diproduksi di luar negeri, Gan.

Sehingga, tempat produksi ternyata akan mempengaruhi besarnya biaya pajak. Nah, karena biaya pajak sebuah barang yang masuk ke Indonesia tidak murah alias mahal, maka tak heran jika banyak barang elektronik seperti Hp ini, tidak memiliki nomer IMEI alias ilegal.

Lalu bagaimana cara melihat bahwa smartphone yang Agan gunakan adalah produk yang legal untuk dipasarkan di Indonesia? Salah satunya dengan nge-cek nomor IMEI Hp yang Agan punya. Biar gak kelamaan, simak aja cara cek IMEI Hp kesayangan Agan di bawah ini..

Cara Cek IMEI Semua Hp

Cara Cek IMEI Xiaomi

Untuk Agan pengguna hp Xiaomi, cara termudah nge-cek IMEI hp Xiaomi adalah dengan melalui dial. Yaitu dengan mengetikkan kode *#06# dan muncullah nomor IMEI di layar hp Agan.

Dan, kalau pun nggak berhasil, Agan bisa lakukan cara cek IMEI Hp Xiaomi dengan cara lain di bawah ini:

  • Masuk ke menu Settings
  • Pilih About Phone
  • Pilih Status
  • Pilih IMEI information

Nomor IMEI yang tertera adalah nomor IMEI perangkat Agan, jika perangkat memiliki satu wadah kartu SIM maka nomornya hanya ada satu, sedangkan jika ada dua maka akan ada dua nomor IMEI

Agan bisa cek status keaslian perangkat Agan dengan memasukkan nomor IMEI di halaman resmi Xiaomi. 


Cara Cek IMEI Hp Samsung

Khusus Agan pengguna Hp Samsung, cara cek IMEI-nya pun gak beda jauh dengan Hp Xiaomi. Nih caranya Gan..

  • Melalui Dial

Dengan cara masukan kode *#06#, kemudian tekan call, udah deh, nomor IMEI Hp Agan otomatis muncul di layar. Cara ini juga berlaku untuk cek nomor IMEI di Hp lain, Gann

  • Melalui Menu

Cara cek IMEI Hp melalui Menu, Agan tinggal ke Settings atau pengaturan yang ada di Hp Agan. Lanjut, ke About Phone, dan pilih kode IMEI. Selesai deh..

Cara Cek IMEI Hp iPhone

Nah, teruntuk Agan pengguna perangkat iPhone, dan teman-temannya, ada beberapa cara cek IMEI yang bisa dilakukan Gan.

Jika Agan memiliki perangkat yang ingin dicek maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan masuk ke bagian Pengaturan >> Umum >> Mengenai.

Informasi yang muncul di layar nantinya adalah informasi yang berkaitan dengan teknis ponsel Agan seperti nama perangkat, tipe, nomor seri, termasuk nomor IMEI yang biasanya ada di bagian bawah. Untuk melihat apakah nomor IMEI sudah didaftarkan atau belum silahkan tekan lama pada nomor IMEI kemudian ketuk Salin lalu lihat di situs dukungan untuk Apple, Gan.

Cara cek IMEI Hp iPhone lain jika Agan tidak bisa membuka Pengaturan atau ketika perangkat sedang mati, bisa dengan membuka slot SIM card dan melihat di bagian belakang wadah kartu SIM tersebut untuk nomor seri IMEI yang biasanya terdiri dari 14 angka, Gan.

Di sebagian seri iPhone, pada body-nya juga tercantum nomor IMEI yang ada di bagian belakang bawah.  Cara cek IMEI Hp lainnya untuk produk iPhone dan teman-temannya juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi iTunes. Caranya ini nih Gan:

  • Sambungkan perangkat ke iTunes
  • Buka iTunes kemudian buka perangkat Agan
  • Pilih Ringkasan
  • Klik nomor telepon untuk melihat IMEI

Cara Cek IMEI Hp Lainnya

Untuk cara cek IMEI hp yang lainnya Agan bisa menekan nomor *#06# apapun perangkat kesayangan Agan gunakan. Pengecekan nomor IMEI juga umumnya diletakkan informasinya di bagian informasi teknis mengenai perangkat yang ada di menu Pengaturan, meski namanya berbeda antar perangkat namun Agan bisa mencari menu dengan arti yang sama dengan “About Phone”.

Selain melakukan panggilan menu, nomor IMEI juga bisa dicek di kemasan asli dari perangkat yang Agan beli. Biasanya nomor IMEI tertera pada label yang ditempelkan di kemasan perangkat bersamaan dengan informasi teknis dan spesifikasi dari perangkat yang Agan beli.

Selain di kemasan, nomor IMEI juga kadang terdapat pada baterai ponsel. Jadi bagi Agan yang menggunakan perangkat yang bisa dibuka bagian baterainya bisa dicek di informasi yang tertera menempel pada baterai, Gan.

Mengenal IMEI

Nomor IMEI biasanya terdiri dari 14 hingga 15 digit nomor yang unik alias tidak ada yang sama antar satu perangkat dengan perangkat yang lain, tipe ponsel juga bisa diidentifikasikan dari rangkaian nomor IMEI tersebut, Gan. Jika nomor IMEI tidak terdaftar di produsen dan importir maka perangkat tersebut bisa dinyatakan ilegal atau black market.

Nomor IMEI sendiri, merupakan serangkaian nomor unik untuk mengidentifikasikan perangkat ponsel GSM, WCDMA, bahkan juga sebagian perangkat telepon satelit, Gan. Setiap perangkat ponsel umumnya mempunyai satu buah nomor IMEI, tapi bagi perangkat yang menggunakan dual SIM maka nomor IMEI yang dimiliki Agan ada 2 nomor unik.

Nomor ini bisa digunakan oleh penyedia jaringan komunikasi untuk mengidentifikasi perangkat sehingga salah satu fungsinya adalah bisa digunakan untuk mencegah ponsel yang dicuri mengakses jaringan komunikasi yang ada di negara tersebut.

Fungsi IMEI

Lalu apasih fungsi nomor IMEI ini Gan??..  Nomor IMEI sendiri memiliki fungsi antara lain adalah melindungi industri ponsel dalam negeri dari serangan ponsel-ponsel selundupan yang bisa merugikan negara karena artinya ponsel tersebut diedarkan di Indonesia tanpa ada pajak yang dibayarkan ke negara. Seperti yang Ane jelasin di atas Gan..

Kemudian konsumen juga akan terlindungi dengan adanya IMEI yang diregistrasikan, misalnya ketika ponsel Agan hilang, Agan bisa melaporkan ke pada jaringan telekomunikasi yang layanannya Agan gunakan.

Terus, ponsel dengan nomor IMEI tersebut akan diblokir maka tidak bisa menggunakan layanan akses komunikasi, agar tidak bisa disalahgunakan, Gan.

Adanya nomor IMEI juga akan memudahkan pengguna ponsel ketika ingin melakukan perbaikan perangkat karena distributor resmi tidak mau melakukan servis jika perangkat tidak punya nomor IMEI atau nomornya tidak terdaftar.

Yang tak kalah menarik, Agan juga bisa melacak hp yang hilang pakai nomor IMEI tersebut. Maka dari itu penting bagi pengguna ponsel untuk mengetahui cara cek IMEI hp milik sendiri, Gan.

Nah, itulah beberapa cara cek nomor IMEI di Hp kesayangan Agan. Agan juga harus cermat saat beli hp, jangan sampai salah beli atau black market yaa.. Selamat mencoba, Gan!