SHARE
cara cek penerima vaksinasi covid-19

belihape.id – Program vaksinasi COVID-19 telah dimulai sejak kemarin 13 Januari 2021, dan diawali dengan Presiden Jokowi disuntik vaksin COVID-19 buatan Sinovac. Hal ini juga menjadi kabar baik untuk penanganan pandemic di Tanah Air, Gan. Lantas, bagaimana cara cek penerima vaksinasi COVID-19 yang masih berkelanjutan ini?

Sebelumnya program vaksin COVID-19 sendiri dibagikan secara gratis seperti yang sudah kita dengar langsung oleh Presiden Jokowi. Selanjutnya prioritas vaksin akan diberikan kepada garda terdepan penanganan pandemi, seperti tenaga kesehatan.

Nah untuk Agan yang pengen tahu, apakah termasuk kelompok prioritas, bisa ikutin cara cek penerima vaksinasi COVID-19 melalui aplikasi PeduliLindungi.

Aplikasi PeduliLindungi ini merupakan aplikasi yang dikembangkan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk melacak penyebaran virus Corona.

Aplikasi PeduliLindungi merupakan buatan Kominfo dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dijalankan sepenuhnya oleh Telkom Indonesia. Aplikasi multi fungsi ini juga mencakup informasi mengenai program vaksinasi Covid-19 di Tanah Air.

Aplikasi yang dirilis pada pekan terakhir Maret 2020 itu bisa diunduh di Google Play Store sejak akhir Juni 2020 dan tidak lama setelahnya dapat pula diunduh Apple App Store. Nah berikut di bawah ini cara cek penerima vaksinasi COVID-19

BACA JUGA: GAK CUMA XIAOMI! Ini Dia, 5 HP 1 Jutaan Terbaik Januari 2021

BACA JUGA: Hp Xiaomi Terbaru, Buat Mi Fans yang Pengen Upgrade!

Cara cek penerima vaksinasi COVID-19 PeduliLindungi.id:

1. Cek SMS Anda

Cara cek penerima vaksinasi COVID-19 pertama yang bisa Agan lihat yaitu dengan mengecek SMS. Bila Agan termasuk kelompok prioritas akan SMS dari PEDULI COVID untuk diarahkan melakukan registrasi ulang secara elektronik

BACA JUGA: Update Harga Hp Oppo Terbaru Terlengkap Januari 2021!

BACA JUGA: Bisa Buat Gaming & Multitask, Ini Dia Harga Hp Asus Terbaru Januari 2021!

2. Registrasi ulang

Proses registrasi ulang dilakukan melalui:
• Aplikasi PeduliLindungi
• Web https://pedulilindungi.id
• Melakukan panggilan ke *119#

Klik REGISTRASI ULANG dan masukan nomor ponsel. Agan akan dapat SMS untuk mengonfirmasi nomor ponsel Agan. Tahapannya adalah: Registrasi dan validasi, Konfirmasi, Lokasi dan Jadwal dan terakhir adalh tiket Vaksin.

BACA JUGA: Harga Hp iPhone Terbaru Januari 2021 Ada yang Turun? Cek Disini Gan

BACA JUGA: Mau Ganti Hp Samsung? Update Dulu Harga Terbaru Januari 2021 Lengkap!

3. Proses pengecekan NIK di pedulilindungi.id

Di beranda pedulilindungi.id, cek NIK Agan dalam program vaksinasi COVID-19. Klik PERIKSA dan masukin nama dan nomor NIK. Jika Agan belum terdaftar, maka akan ada tulisan TIDAK TERDAFTAR. Tenang saja Agan pun bisa mendaftar juga kok.

4. Pro aktif mendaftar

Bagi tenaga kesehatan atau tenaga penunjang yang ada di fasilitas pelayanan kesehatan yang belum mendapat SMS atau namanya belum terdaftar saat melakukan cek NIK. Cara cek penerima vaksinasi COVID-19 selanjutnya bisa dengan kirim email ke vaksin@pedulilindungi.id

Mohon diperhatikan, judul email adalah “VAKSIN NAKES_NIK ” dan dilengkapi data: Nama – NIK – Alamat – No HP – tipe NAKES, dan Lampiran surat keterangan dari Kepala Fasilitas Pelayanan Kesehatan (FASYANKES) tempat Agan bekerja yang menerangkan bahwa Agan adalah NAKES di tempat tersebut.

Yup, begitulah beberapa cara cek penerima vaksinasi COVID-19. Semoga dengan kedatangan vaksin COVID-19 ini, pandemik COVID-19 segera berakhir ya Gan.