SHARE

belihape.id – Bagi Agan yang suka nonton di YouTube dan sering ditonton sampe puluhan kali, tapi bingung gimana cara download video YouTube… Sekarang gak usah bingung lagi Gan, Nih Ane udah siapin jalan menuju kebebasan Agan download video YouTube dalam sekejap!

YouTube saat ini menjadi media sosial yang paling digandrungi oleh banyak orang hingga detik ini, Gan. Platform penyebaran video YouTube, banyak diisi berbagai hal kebutuhan informasi masyarakat.

Dalam catatan Statista sendiri, setiap 60 detik lebih dari 300 jam video berkualitas HD di upload ke Youtube. Hasilnya, kini sudah tersedia lebih dari 1,3 milyar koleksi video di Youtube yang terdiri dari berbagai kategori, berita, short movie, musik hingga video review gadget, Gan.

Bahkan beberapa akhir tahun ini, YouTube disebut sebagai media sosial yang bisa lebih dari televisi. Banyaknya konten dan jutaan video yang ada di YouTube, membuat orang bisa memilih dan menontonnya lewat handphone maupun komputer, Gan. Video yang ada di YouTube juga bisa kita download, dengan cara tanpa aplikasi maupun dengan menggunakan aplikasi.

Efeknya sangat jelas, dimana setiap bulannya sekitar 149 juta orang di seluruh dunia mengakses dan menonton video di YouTube. Sedangkan jumlah viewer harian YouTube mencapai 63 juta orang. Dan mereka menghabiskan lebih dari 1 juta jam menonton video di YouTube setiap harinya, termasuk Ane pun.

Cara Download Video YouTube di Hp

Cara Download Video YouTube di Hp

Menggunakan Savefrom.net

Ini merupakan cara download video YouTube paling gampang dan populer, Gan. Gampangnya nggak ada tool atau aplikasi tambahan, Agan cukup buka savefrom.net dan masukkan url video yang Agan inginkan..

Savefrom.net memungkinkan Agan mendownload video dari YouTube dalam berbagai format. Jadi bisa dipilih sesuai keinginan. Untuk lebih jelasnya, berikut cara download video YouTube dengan savefrom.net :

  • Masuk ke YouTube dan pilih video yang akan di download
  • Setelah itu copy link atau url video tersebut
  • Buka situs savefrom.net (pengguna Chrome)
  • Paste link atau url video YouTube yang akan di download (langkah kedua)
  • Pilih format dan kualitas video, lalu klik download

Oiya, cara download video YouTube ini bisa dilakukan melalui hp Android dan juga laptop, Gan. Agan pun akan otomatis dapat video yang Agan inginkan dalam sekejap!

Menambahkan ‘ss’ Pada URL Video YouTube

Next, cara download video di YouTube yang kedua adalah dengan menambahkan “ss” di depan url atau link video YouTube yang ingin Agan download. Cara ini sebenarnya hampir sama dengan cara pertama di atas karena menggunakan savefrom.net. Berikut caranya :

  • Buka browser di hp Android Agan (disarankan menggunakan chrome), lalu masuk ke situs YouTube. Lalu cari video yang akan di download.
  • Setelah mendapatkan videonya, tambahkan huruf ‘ss’ di depan url video yang ingin Agan download. Contoh penambahan hurus ‘ss’ untuk Android : https://m.youtube.com/watch?v=OsyXLA7CDX4 menjadi https://m.ssyoutube.com/watch?v=OsyXLA7CDX4. Setelah menambahkan ‘ss’ lalu klik enter, dan Agan akan dialihkan ke halaman savefrom.net.
  • Disini Agan bisa memilih resolusi video yang ingin diunduh, yang tertinggi yaitu resolusi HD 720p. Yang harus diingat makin besar resolusi yang dipilih maka semakin besar ukuran filenya. Hal ini tentunya akan mempengaruhi kecepatan download Agan.
  • Saat selesai memilih salah satu pilihan resolusi, maka video itu akan di download secara otomatis. dan Agan tinggal tunggu aja proses unduhan sampai selesai.

Itulah cara download  video YouTube dalam sekejap aja di hp Android, Gan. Oiya, cara ini juga bisa Agan lakukan di gadget lain seperti laptop atau PC juga lho…

Cara Download Video YouTube di Laptop

cara download video YouTube di Laptop

1. Menggunakan Situs Download Online

Kalo Agan gagal menggunakan “ss” tadi, solusi gampangnya yaitu dengan download video di YouTube menggunakan situs download online, Gan. Ada banyak situs download online yang bisa Agan gunakan. Tapi Ane sarankan Agan untuk menggunakan keepvid.site yaa…

Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  • Buka YouTube dan Buka Video yang Ingin Agah download: Sama seperti menggunakan “ss”, hal pertama yang harus Agan lakukan adalah pergi ke link YouTube pada browser Agan dan tentukan video yang ingin diunduh. Disarankan sih Agan pake browser Google Chrome dan Mozilla, dan jangan gunakan aplikasi YouTube pada handphone Agan yaa
  • Buka Situs Keepvid.site: Copy link video YouTube yang ingin Agan download tadi. Lalu buka situs keepvid.site nya, kemudian paste. Terus klik download, bila tombol download yang di sebelah kanan tidak bisa ditekan, maka tekan saja tombol download mp4 yang ada di bawah tempat Agan mem-paste link video tadi.
  • Pilih Tipe File dan Ukurannya: Selanjutnya Agan disuruh pilih jenis file dan ukuran videonya nih. Agan pilih mana aja yang paling sesuai dengan keinginan Agan.
  • Tekan Tombol Download atau Simbol Download: Setelah Agan pilih format yang diinginkan, video akan terunduh secara otomatis. Jika tidak didownload otomatis, klik tombol Download untuk mengunduh, Gan. Kelar deh

2. Menggunakan Add-ons/Extention

Agan udah pernah dengar cara ini? Kalau Agan belum familiar dengan Add-ons atau extention, ini merupakan aplikasi tambahan pada browser yang memiliki fungsi tertentu, Gan. Ada beberapa add-ons yang bisa digunakan untuk mengunduh video pada YouTube, salah satunya adalah Easy YouTube video Downloader di browser Mozilla Firefox dan YouTube Downloader di Google Chrome.

Terus gimana sih cara download video YouTube di YouTube menggunakan Add-ons ini?? Tenang, biar Ane jelasin. Tapi Ane menggunakan Google Chrome yaa, soalnya juga berlaku sama kalau pakai browser Mozilla Firefox.

a. Cari Extension YouTube Downloader: Buka atau lakukan pencarian Google Chrome webstore di Chrome, lalu search “YouTube downloader” di bagian searching. Selanjutnya pencarian Agan akan langsung dilakukan oleh Google.

b. Klik Add To Chrome: Setelah menemukannya, klik Add To Chrome, lalu add extension, maka proses download dan penambahan add-ons akan langsung dilakukan dehh. Bila proses penambahan add-ons berhasil, akan ada simbol atau tombol khusus di dalam chrome di pojokan Gan.

c. Lalu lakukan Download di Video Situs YouTube: Buka video YouTube pilihan di Chrome Agan. Cek di bawah video, apakah muncul tombol YouTube atau tidak. Jika iya, kalau Agan ingin mendownload video tersebut, tekan download dan pilih resolusi video yang Agan inginkan.

d. Tekan Tombol Download atau Simbol Download: Setelah memilih format yang Agan inginkan, video akan terunduh secara otomatis. Jika tidak, pilih klik tombol Download untuk mengunduhnya, Gan. Tidak hanya menggunakan YouTube downloader saja, ada banyak extension download video lain yang bisa dipakai antara lain, video download pro, dan lainnya.

3. Menggunakan Aplikasi YouTube Downloader

Terakhir cara download video di YouTube selanjutnya, dengan bantuan aplikasi seperti YouTube Downloader, Gan. Pada dasarnya, jika Agan menggunakan aplikasi YouTube Downloader, maka Agan cukup meng-copy dan paste url atau link yang ada di YouTube ke aplikasi YouTube Downloader nya, Gan. Lalu tinggal pilih kualitas ukuran video yang diinginkan.

Tapi sebelumnya, pastikan dulu ya kalau Agan sudah download dan menginstall aplikasi YouTube downloader terlebih dahulu.

a. Buka Situs Youtubedownloader.com: Tentunya Agan harus mendownload aplikasi ini melalui situs resminya yaitu youtubedownloader.com. Klik download for free, maka installer YouTube downloader akan secara otomatis terunduh.

b. Install Aplikasi YouTube Downloader: Lakukan proses install aplikasi YouTube Downloader. Ikuti semua instruksi yang diminta.

c. Lakukan Proses Download: Buka video YouTube yang ingin Agan download, lalu copy link videonya ke YouTube Downloader. Setelah itu Agan bisa mengatur resolusi dan tipe file yang diinginkan dehh.

Jika sudah klik download. Agan juga bisa menjadikan video tersebut menjadi audio dengan mendownload dalam bentuk file mp3. Proses download akan langsung dilakukan ke file music Agan. Selesai dehh..

Itu dia beberapa cara download video dari YouTube yang bisa Agan lakukan dalam sekejap. Agan udah bisa nikmatin video atau musik favorit Agan tanpa buang kuota internet terus-terusan.. Tambahan nih Gan, biar paket internet Agan awet, Agan juga bisa simak cara membobol password wifi tanpa aplikasi ini yaa.. Good luck!