Home Tipstrik Cara Membuat Foto Bokeh Dengan HP

Cara Membuat Foto Bokeh Dengan HP

767
0
SHARE

belihape.id – Foto bokeh atau bahasa kerennya Depth of Field belakangan ini jadi ngetren banget Gan, apalagi sejak ada inovasi dual kamera yang khusus untuk bikin foto bokeh. Asal tahu aja nih Gan, meski hp Agan nggak punya dual kamera, Agan tetep bisa bikin foto bokeh tanpa bantuan aplikasi, tapi murni trik dan teknik Gan. Yuk, langsung simak aja cara membuat foto bokeh dengan hp berikut ini!

 

Dekati Obyek

Cara Membuat Foto Bokeh Dengan HP

Cara membuat foto bokeh dengan hp yang pertama adalah dengan mendekati obyek yang Agan pengen potret. Dengan begini, obyek yang pengen Agan potret bisa mengisi sebagian besar frame Gan. Tapi ingat! Dekati obyek dan jangan pakai zoom.

Paling engga Agan harus berada di jarak sekitar 1-2,5 meter Gan. Kalau terlalu dekat, biasanya kamera nggak akan bisa menangkap fokusnya. Nah, kalau terlalu jauh, efek ngeblur di background nggak akan bisa agan dapetin.

 

Atur Jarak Obyek Dengan Background

Cara Membuat Foto Bokeh Dengan HP

Cara membuat foto bokeh dengan hp yang kedua adalah dengan mengatur jarak obyek Agan dengan background Gan. Usahakan jarak background dengan obyek nggak terlalu dekat Gan. Atur jarak sejauh mungkin dengan background. Makin jauh jarak obyek ke background, makin kece efek bokehnya Gan.

 

Atur Fokus

Cara Membuat Foto Bokeh Dengan HP

Cara membuat foto bokeh dengan hp selanjutnya adalah dengan mengatur fokus kamera. Ada dua cara yang bisa Agan lakuin untuk ngatur fokus. Cara pertama, dengan mode otomatis, tap layar di tempat obyek mengisi frame, atau dengan mode pro Gan.

Ane sih nyaranin masuk ke mode Pro, karena banyak aspek yang bisa diatur di sini, nggak cuma fokus aja. Keuntungan lainnya, fokus bakalan bisa Agan atur sesuka hati Gan di mode pro ini.

 

Atur Bukaan Lensa

Cara Membuat Foto Bokeh Dengan HP

Bukaan lensa menentukan seberapa kece efek bokeh yang bisa Agan dapetin. Umumnya kamera hp punya bukaan antara f/1.8 – f/2.0. makin kecil angka f nya, makin besar bukaannya. Nah, untuk hasil maksimal pakai bukaan besar ya Gan.

Sayangnya, cara membuat foto bokeh dengan hp ini nggak bisa diterapkan di semua hp Gan. Cara ngeceknya gini, masuk ke mode pro kamera hp Agan. Kemudian cek, adakah pengaturan buat diafragma, biasanya ada inisial f Gan. Kalau nggak ada, berarti Agan harus ngakalin dengan mengatur fokus aja Gan.

 

Jangan Terlalu Banyak Obyek

Cara Membuat Foto Bokeh Dengan HP

Foto bokeh bisa berhasil kalau obyek foto Agan nggak terlalu banyak. Coba perhatiin foto bokeh yang banyak beredar di internet. Rata-rata obyek fotonya Cuma 1, atau maksimal 2, itupun dengan jarak antar obyek yang mepet banget.

Nah, cara membuat foto bokeh dengan hp yang satu ini adalah batasi jumlah obyek yang mau di foto. Makin banyak obyek dalam satu frame, efek bokeh bakalan makin berkurang. Sialnya lagi, bisa-bisa gagal deh percobaan foto bokeh Agan.

 

Usahakan Mendapat Pencahayaan Yang Cukup

Cara Membuat Foto Bokeh Dengan HP

Esensi dasar motret ini kan menggambar cahaya Gan. Nah, jadi pencahayaan yang cukup adalah salah satu cara membuat foto bokeh dengan hp yang wajib terpenuhi Gan. Coba deh motret di luar ruangan, pasti hasilnya akan lebih oke ketimbang di dalam ruangan dengan cahaya yang terbilang minim.

 

Gimana Gan, udah tahu kan cara membuat foto bokeh dengan hp. Saatnya praktek Gan. Ingat, buat bikin foto bokeh keren nggak mesti pake hp dual kamera. Pake hp kamera satu juga udah cukup, asal memanfaatkan trik dan teknik tertentu. Selamat mencoba Gan!