Home Tipstrik Hp Keujanan? Simak Cara Mengatasi Hp Kena Air Berikut Gan!

Hp Keujanan? Simak Cara Mengatasi Hp Kena Air Berikut Gan!

Lewat tips ini bisa meminimalisir kerusakan bagi hp yang tercemplung air.

948
0
SHARE

cara mengatasi hp kena air alias kecemplung

belihape.id – Air merupakan salah satu musuh terbesar peralatan elektronik, termasuk hp Gan. Nah, untuk membuatnya kembali normal dibutuhkan cara mengatasi hp kena air dengan seksama Gan. Jika tidak, hp Agan bisa wasalam.  

Emang seh, sebagian hp udah punya sertifikat IP68 semisal hp Sony, tetapi masalahnya engga semua orang sanggup ngebeli hp yang udah dibekali sertifikasi itu. Pasalnya harga yang ditawarkan cukup tinggi Gan. Apa lagi buat Agan yang kere.

Kira-kira apa aja yang harus Agan lakuin bila hp kecemplung? Simak tips cara mengatasi  hp kena air bin kecemplung berikut ini:

BACA GAN: Yang Suka Fotografi! Nih Daftar HP Kamera Terbaik 2019

Cara Mengatasi Hp Kena Air Hujan dan Kecemplung!

Pastikan hp dalem kondisi mati

Saat Agan keluarkan hp dari dalem air, pastikan hp Agan udah dalem kondisi mati. Usahakan Agan keluarkan hp tersebut secepet mungkin.

Makin lama hp Agan terendam, kemungkinan besar hp tersebut engga akan bisa diselamatkan lagi. Dan percuma Agan melakukan seribu cara mengatasi hp kena air dengan beragam jurus juga bakal sia-sia.

Sabar menanti

Biasanya kalo orang lagi panik gara-gara hp kecemplung, hal yang pasti dilakukannya ialah langsung menyalakan hp. Jangan pernah lakuin hal itu Gan!

Hal yang harus Agan lakukan ialah sabar menanti. Jangan memencet tombol apa pun pada hp Agan. Dengan Agan memencet tombol, air dapet terdorong masuk ke dalem hp.

BACA GAN: Mau Xiaomi? Nih Daftar HP Xiaomi Terbaik Di Kelasnya

Jangan berikan panas berlebih

Hal lain yang sering orang lakukan saat hp kecemplung ialah memberikan panas berlebih dengan alasan agar airnya cepet menguap. Hal tersebut salah Gan.

Dengan Agan memberikan panas berlebih ke hp yang kecemplung akan merusak komponen yang ada di hp Agan. So, jangan sampe salah bertindak Gan.

Bongkarlah hp bila memungkinkan

Ada sebuah kelebihan bila casing hp Agan dapet dibuka. Bila casing hp Agan dapet dibuka, kemungkinan hp Agan dapet sembuh lebih besar.

Bongkar semua bagian yang ada di hp Agan, termasuk baterai, SIM Card, dan microSD. Bila Agan berani, sekalian aja buka baut-baut pengamannya.

Tapi hal yang harus Agan inget bila baut pengamannya dibuka, garansi hp Agan akan hangus. Jadi Agan harus bijak dalem bertindak.

BACA GAN: HP 4 Jutaan Terbaik Yang Bisa Agan Pilih

Keringkan perlahan

Agan bisa gunakan handuk kecil atau tisue untuk keringkan seluruh bagian hp yang kecemplung. Ingat, keringkan secara perlahan dan hati-hati dalem bertindak.

Bila Agan punya vacuum cleaner, bisa juga Agan gunakan untuk daerah yang susah dijangkau oleh handuk maupun tisue.

Rawat intensif

Dengan Agan gunakan handuk dan vacum cleaner, belom tentu semua air berhasil dikeringkan. Hal yang Agan harus lakukan ialah berikan perawatan intensif.

Perawatan intensif di sini dengan Agan siapkan beras dan beserta wadah. Masukkan hp Agan yang kecemplung ke dalam wadah yang berisi beras.

Tunggu sekitar 2-3 hari agar air di hp Agan bener-bener terserep. Bila tak mau gunakan beras, Agan bisa gunakan silica gel yang biasa terdapat di sepatu.

BACA GAN: Gan, Ada Hp Android Murah di bawah 300 Ribu

Itulah tips gimana caranya untuk menyembuhkan hp kecemplung. Selain tips ini, sebelumnya Ane juga udah pernah kasih tips pertolongan hp lainnya.

BEWE