Home Tipstrik Tips Biar Agan Hemat Kuota dan Gak Boros Data Saat Main di...

Tips Biar Agan Hemat Kuota dan Gak Boros Data Saat Main di Instagram

49
0
SHARE
Cara Menghemat Kuota Data Instagram

Instagram menjadi salah satu aplikasi unggulan untuk berbagi foto dan video. Tapi sayangnya, nih Gan, semakin kerap kali Instagram dipakai, kuota data yang tersedot juga semakin banyak untuk memuat foto atau video. Untungnya, Instagram punya fitur baru yang dapat menolong Agan-Agan tentang cara menghemat kuota data. Jadi selow aja Gan.

Ada 2 metode dalam menghemat pemakaian data di aplikasi Instagram nih Gan, yaitu dengan menerapkan mode hemat energi dan Agan juga bisa menurunkan resolusi medianya. Artinya, dengan 2 metode itu, otomatis kuota data internet Agan dapat ‘bertahan’ lebih lama. Meskipun demikian, ada efek di balik mode hemat data di atas. Pertama, memuat video jadi lebih lama, dan kedua, kualitas media akan jadi menurun, demikian dikutip dari website Help Instagram. Berikut 2 metode hal yang bisa Agan coba:

1.         Mode Hemat Daya

Instagram secara default melakukan pramuat video agar video diawali lebih cepat bila memungkinkan. Apabila Agan ingin mengurangi jumlah data seluler yang dipakai di aplikasi Instagram, Agan dapat memilih untuk tidak melakukan pramuat video Instagram melalui koneksi seluler.

Berikut metode untuk menerapkan lebih sedikit data di Instagram:

•          Buka profil Agan dan ketuk ikon tiga baris

•          Ketuk Pembatasan

•          Ketuk Akun > Pengaplikasian Data Seluler.

•          Di samping Gunakan Lebih Sedikit Data (iPhone) atau Penghemat Data (Android), ketuk togle ke posisi on untuk mengaktifkannya

For your information, kalau memilih untuk menerapkan pengaturan ini, maka video memerlukan waktu muat lebih lama melalui koneksi seluler. Memilih menerapkan pengaturan ini tidak memengaruhi fungsi Instagram kalau menerapkan WiFi.

Baca Gan: Untuk Agan Yang Belom Tau, Ini 4 Fitur Rahasia Google Maps

2.         Menurunkan Resolusi Media

Bagi Agan pemilik perangkat Android, setelah memilih untuk menerapkan pengaturan penghemat data, Agan juga dapat memilih kapan Instagram akan menampilkan media beresolusi tinggi. Untuk memilih kapan Instagram akan menampilkan media beresolusi tinggi, setelah melakukan petunjuk Mode Hemat Data di atas, ketuk Media Beresolusi Tinggi, kemudian ketuk:  

•          Tak Pernah: Instagram tidak akan pernah menampilkan media beresolusi tinggi

•          WiFi Saja: Instagram hanya akan menampilkan media beresolusi tinggi saat perangkat terhubung ke WiFi

•          Seluler + WiFi: Instagram akan menampilkan media beresolusi tinggi saat perangkat terhubung ke data seluler atau WiFi

Sementara itu, Instagram sudah merilis mode gelap atau dark mode untuk perangkat Android 10 dan iOS 13, Gan. Bagi Agan-Agan pengguna Android non-Android 10 juga dapat menjajal tema gelap melalui Instagram Beta Programs. Nah, begitulah kira-kira tips dari belihape.id untuk Agan-Agan tentang cara menghemat kuota data saat main di Instagram. Semoga bermanfaat ya, Gan!