Home Tipstrik 9 Cara Mudah Bikin Hp Android Ngebut dan Nggak Lemot!

9 Cara Mudah Bikin Hp Android Ngebut dan Nggak Lemot!

9 Langkah ini bisa jadi solusi buat hp Agan yang udah mulai lemot

1500
0
SHARE

belihape.id – Masih ingat ketika pertama kali membeli smartphone? Jika dibandingkan ketika pertama kali membelinya, kini mulai terasa terjadi penurunan performa dan kendala yang menjadi penyebab smartphone Android lemot.

Hal ini biasa terjadi karena smartphone dan perangkat elektronik lainnya akan mengalami penurunan performa seiring usia perangkat itu sendiri. Faktor lainnya adalah kebiasaan penggunanya, secanggih apapun smartphone jika digunakan sembarangan pasti rusak juga.

Ada beberapa hal yang sebenarnya tanpa Anda sadari hal tersebut sangatlah berpengaruh fatal pada perubahan performa smartphone Agan. Berikut ini akan Ane pilihkan beberapa penyebab smartphone Android lemot dan cara juga mengatasinya.

Penyebab Smartphone Android Lemot dan Cara Mengatasinya

  1. Banyak aplikasi terinstal
    Terlalu banyak menginstal aplikasi bisa menjadi penyebab smartphone Android lemot, blank, crashing, force close bahkan eror. Setiap aplikasi yang terinstal membutuhkan proses kinerja RAM untuk menjalankan prosesnya. Bahkan aplikasi yang kita instal tapi tidak pernah atau jarang Agan gunakan, masih menjalankan proses serta memerlukan resource RAM tersebut.

Cara mengatasinya yaitu dengan menghapus (uninstal) aplikasi yang  sudah tidak kita perlukan dan tidak pernah kita gunakan lagi dalam smartphone. Tak perlu khawatir karena kita bisa menginstalnya lagi dengan mudah lain waktu.

  1. Aplikasi berjalan di background
    Smartphone memang sudah memiliki kemampuan multitasking yaitu menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. Namun terkadang kita lupa, bahwa aplikasi yang sudah kita buka sebelumnya belum ditutup secara sempurna. Hal ini yang menyebabkan RAM habis terkonsumsi dan menjadi penyebab smartphone Android lemot

Cara mengatasinya yaitu dengan menghapus aplikasi yang masih aktif secara background. Untuk menghentikannya, sebaiknya kamu Force Stop atau Disable aplikasi yang tidak digunakan lewat menu Settings – Applications. Atau menutupnya dengan menekan Recent App.Lebih mudah lagi, di tampilan home saat ini semua smartphone menyertakan pilihan clear all untuk membersihkan segala jenis aplikasi yang belum tertutup dengan sempurna.

  1. Antivirus lebih dari satu
    Biasanya untuk mencegah virus kita menginstal aplikasi antivirus. Tapi tahukah Anda, jika menginstal lebih dari satu antivirus maka smartphone Anda akan lemot. Karena antivirus smartphone dengan ‘realtime protection’ akan terus menguras kinerja hp untuk memantau aktivitas yang kita lakukan.

Cara mengatasinya yaitu dengan memilih satu saja antivirus yang kalian percaya memiliki performa terbaik dan lakukan update secara berkala agar perlindungan maksimal.

  1. Cache menumpuk
    Cache merupakan file temporer yang digunakan oleh sebuah aplikasi selama aplikasi tersebut bekerja. File ini menyimpan data seperti aktifitas terakhir, dan tindakan apa saja yang dilakukan termasuk melakukan backup otomatis. File cache yang menumpuk akan mempengaruhi kinerja smartphone Android Agan, sehingga kinerjanya terus berkurang.

Cara mengatasinya yaitu dengan menginstal aplikasi pembersih file dalam smartphone. Ada banyak aplikasi pembersih file seperti ini tinggal lakukan pencarian File Cleaner akan muncul pilihan beragam aplikasi pembersih yang bisa Agan gunakan.

  1. Memori Internal Penuh
    Proses sistem smartphone membutuhkan ruang gerak untuk beroperasi dengan lancar, jika memori internal smartphone penuh akan membuat hp android lemot. Saat memori internal penuh, aplikasi-aplikasi yang ada di hp Agan juga akan kesulitan untuk menyimpan data baru.

Cara mengatasinya yaitu dengan menjaga agar memori internal smartphone tidak cepat penuh, hapus aplikasi yang tidak terpakai di hp. Manfaatkan juga MicroSD atau OTG untuk menambah kapasitas guna menyimpan foto dan video serta file lainnya.

  1. Software Jadul
    Developer software secara rutin meluncurkan pembaharuan (update) untuk aplikasi dan software yang mereka buat. Jika kalian masih menggunakan software dengan versi lama, bukan hanya aplikasi, tapi juga sistem operasi yang belum diupdate akan membuat hp Android lemot.

Cara mengatasinya yaitu dengan secara rutin melakukan cek update aplikasi dan sistem operasi terbaru, jika tersedia veris baru segera lakukan update. File update sudah melakukan perbaikan kinerja pada software dan menhilangkan berbagi file dan sistem pengganggu lainnya.

  1. Penggunaan Launcher yang tidak pas
    Aplikasi launcher memang bisa membuat tampilan smartphone jadi makin menarik dan enak dilihat. Tapi, penggunaan aplikasi launcher ternyata juga menghambat kinerja. Hal itu disebabkan oleh tidak sesuainya pengaturan aplikasi launcher dengan hp Anda, sehingga memakan banyak kapasitas memori. Nah hal ini bisa membuat Android jadi lemot.

Cara mengatasinya, cukup gunakan launcher yang benar – benar diperuntukan untuk model hp Agan.

  1. Live Wallpaper
    Nah, bagi Anda yang suka memakai Live Wallpaper, memang dapat mempercantik tampilan. Tapi, live wallpaper ternyata dapat membuat hp lemot, bahkan bisa membuat baterai boros.

Cara mengatasinya, non-aktifkan model Live Wallpaper, gunakan wallpaper standar atau gunakan foto Agan sendiri sebagai wallpaper.

  1. Restart
    Terakhir, jangan lupa untuk mengistirahatkan sejenak hp Agan. Paling tidak lakukan restart satu kali sehari. Atau diamkan sejenak selama 30 menit, agar kondisi performa kembali bugar.