Home News Catet Gan, Pasca Gempa Lombok, XL Klaim Koneksinya Aman Terkendali

Catet Gan, Pasca Gempa Lombok, XL Klaim Koneksinya Aman Terkendali

649
0
SHARE

belihape.id – Indonesia saat ini sedang berduka Gan. Sebagian besar wilayah Lombok dan Nusa Tenggara Barat (NTB), diguncang gempa 7 SR.

Nah bagi Agan yang punya sanak saudara yang berada di NTB, Khusus untuk  wilayah Lombok Utara, ada info penting perihal kondisi telekomunikasi di pulau tersebut.

PT Axiata (XL), memastikan jaringan di sebagian besar wilayah Lombok dan Nusa Tenggara Barat (NTB) pada umumnya dalam kondisi tetap dapat digunakan, baik untuk layanan telepon, SMS, maupun data/internet.

Dalam keterangan resmi yang di terima, akibat gempa layanan memang sempat terganggu, lantaran aliran listrik padam. Tapi tim XL sudah langsung melakukan upaya pemulihan (recovery ) sesaat setelah layanan terdeteksi terganggu.

Kini sebagian besar jaringan di Lombok Utara telah mulai pulih. Dengan demikian, kini akses komunikasi melalui XL Axiata berangsur kembali ke normal.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya  menginfokan, tim XL, termasuk di lapangan, saat ini sedang bekerja keras untuk memulihkan sebagian dari layanan kami yang tergangggu pasca gempa, terutama di Lombok Utara.

“Kami keluarga besar XL Axiata dan sekaligus bagian dari masyarakat NTB, turut berduka sedalam-dalamnya atas jatuhnya korban jiwa sebagai dampak dari gempa di Lombok kemarin.  Berbagai upaya akan kami lakukan agar jaringan bisa segera pulih dan bisa membantu akses komunikasi warga, terutama guna membantu proses tanggap darurat dan penanganan korban oleh aparat terkait,” dalam keterangan resminya.

Yessi melaporkan, beberapa BTS sempat padam sesaat setelah gempa, namun hal ini lebih karena terputusnya aliran listrik. BTS-BTS  tersebut segera bisa kembali beroperasi setelah mendapatkan pasokan listrik dari genset yang disiapkan.

“Tim XL Axiata di lapangan juga masih bersiaga sejak saat itu untuk mengantisipasi gempa susulan. Selain genset, tim teknis juga menyiapkan opsi lainnya berupa redirect coverage dan juga kemungkinan mengerahkan mobile BTS ke lokasi yang paling membutuhkan,” tukasnya.