SHARE
OPPO ColorOS 11

belihape.id – Sudah cek belom Gan, kalau Oppo akhirnya sudah meluncurkan sistem operasi kustomisasi terbaru besutannya, yaitu ColorOS 11? Kalau belum, nih Ane kasih infonya, Gan.

Oppo meluncurkan ColorOS 11 versi beta publik berbasis Android 11 pada 14 September kemarin, Gan. Mengusung tema Make Life Flow, Oppo Indonesia menegaskan ColorOS 11 mempertahankan sejumlah fitur bawaan Android. Dan, tanah air kita menjadi negara pertama yang dapat menikmati ColorOS 11 terbaru ini, Gan.

“Ini momen yang sangat menggembirakan bagi pengguna Oppo di Indonesia dan sebagai salah satu negara pertama yang dapat menikmati ColorOS 11 versi beta serta fitur-fitur terbarunya. ColorOS menerima feedback dari lebih 20 juta pengguna Indonesia dan melalui kesempatan ini ingin memenuhi komitmen kami melalui ColorOS 11,” ujar PR Manager Oppo Indonesia Aryo Medianto A.

Fitur ColorOS 11

fitur unggulan ColorOS 11

Oppo Indonesia menjelaskan bahwa ColorOS menghadirkan sejumlah fitur dan inovasi, salah satunya adalah kemampuan untuk menciptakan wallpaper, font, nada dering dan ikon sesuai dengan kreativitas pengguna perangkat dengan dukungan antarmuka pengguna baru.

Kebolehannya menciptakan nada dering sesuai keinginan pengguna dihadirkan di ColorOS 11 melalui fitur Oppo Relax 2.0. Dimana memungkinkan Agan semua bisa mengombinasikan suara dengan menyamarkan suara bising di sekitar pengguna atau white noise mix dan juga berbekal koleksi suara dari berbagai kota di seluruh dunia, Gan.

Selanjutnya ada fitur gesture tangan. Oppo Indonesia turut menjelaskan bahwa pada ColorOS 11, pihaknya terfokus pada UI Customization, berdasarkan masukan dan keinginan pengguna smartphone Oppo. Masukan pengguna ini salah satunya diwujudkan via fitur Three-Finger Translate atau gerakan tiga jari.

Fitur tersebut didukung oleh Google Lens dan diklaim sebagai buah kolaborasi resmi pertama Oppo dan Google. Dimana berkemampuan menerjemahkan teks via screenshot yang diambil dengan gestur gerakan tiga jari dari bezel bawah layar ke atas.

Kemudian, ColorOS 11 juga mengusung fitur Flexdrop baru, diklaim memungkinkan Agan semua bisa menonton video dan mengetik pesan secara bersamaan, Gan.

Agan juga bisa beralih antar aplikasi dan mengendalikan perangkat smart home via menu Device Control yang dihadirkan ColorOS 11, tanpa perlu mengunduh aplikasi lain.

Selain itu, ColorOS 11 turut memperkenalkan UI First 2.0, menggabungkan mesin lag-reduce milik OPPO dengan Quantum Animation. UI First 2.0 ini disebut mampu meningkatkan pemanfaatan RAM sebesar 45 persen, memperbaiki tingkat respons hingga 32 persen, dan kecepatan frame rate sebesar 17 persen, Gan.

Juga berdasarkan masukan yang kerap dikhawatirkan pengguna, Oppo membekali dengan fitur Super Power Saving Mode terbaru, memungkinkan Agan semua memilih enam aplikasi penting untuk dijalankan dalam keadaan low-battery.

Ada pula fitur Battery Guard, dimana diklaim mampu mencegah kerusakan akibat pengisian daya berkepanjangan pada voltase daya tidak stabil, dan berkemampuan untuk mempelajari kebiasaan penggunanya, Gan.

Oppo Indonesia mengklaim bahwa fitur ini akan menghentikan pengisian daya secara otomatis saat mendeteksi kapasitas daya 80 persen di malam hari. Kemudian, fitur akan melanjutkan pengisian daya sampai penuh saat pengguna bangun.

Fitur unggulan lainnya adalah AI App Preloading, memiliki kemampuan untuk mempelajari perilaku penggunanya dengan mempersiapkan aplikasi yang paling sering digunakan. Fitur ini diklaim dapat mengurangi waktu pemuatan aplikasi.

Daftar Hp Oppo Kebagian ColorOS 11

Nah, setelah Agan semua tahu soal fitur-fitur pembaruan yang dibawa sistem operasi terbaru oppo ini. Berikut daftar Hp yang kebagian ColorOS 11, diantaranya adalah

  • Senin, 14 September ada, Find X2, Find X2 Pro, Find X2 Pro Automobili Lamborghini Edition
  • Mulai 30 September ada, Reno3 4G, Reno3 Pro 4G, F17 Pro
  • Mulai Oktober: Reno4 Pro 5G
  • Mulai November: Reno4 5G, Reno4 Pro 4G
  • Mulai Desember nanti ada, Reno4 4G, F11, F11 Pro, F11 Pro Marvel’s Avengers Limited edition, A9, A92, A72 ,A52
  • Mulai Kuartal I-2021 ada, Reno 10x Zoom, Reno2, Reno2 F, Reno2 F, Reno2 Z, Reno3 Pro 5G, A91, F15
  • Mulai Kuartal II-2021 ada, Reno, Reno Z, A5 2020, A9 2020.

Untuk mendapatkan update tersebut Agan harus masuk ke setting > update software > tap di kanan atas >beta version > apply now. Kelar deh…