SHARE
fitur instagram reels

belihape.idInstagram diketahui sedang mengembangkan fitur baru di platformnya yang akan menjadi pesaing dari TikTok yaitu fitur  instagram Reels. Fitur baru itu memungkinkan Agan semua untuk merekam video singkat dengan latar musik dan filter menarik seperti halnya pada TikTok, Gan.

Dilansir Techcrunch, Instagram mengonfirmasi akan meluncurkan pesaing TikTok itu di seluruh dunia bulan depan. Raksasa media sosial itu akan meluncurkan fitur yang disebut Reels ke 50 negara di seluruh dunia, Gan.

Techcrunch, melaporkan bahwa pengguna akan dapat menggunakan Fitur Instagram Reels melalui ikon baru di bagian bawah layar di Instagram. Pengguna kemudian dapat memposting konten yang dibuat di Reels ke feed utama Instagram atau Jelajahi Instagram untuk akun publik.

Fitur Instagram Reels

Fitur Instagram Reels sendiri merupakan – yang disebut Instagram – sebagai fitur remix video yang memungkinkan pengguna untuk mengambil video 15 detik disertai dengan musik dan kemudian memposting klip itu ke Story mereka.

Nah, bila Agan merasa tidak ingin membagikan Reel mereka secara publik, Agan juga dapat mengirimkannya melalui fitur pesan langsung platform. Ini yang membedakan antara duplikat Instagram dan fitur asli TikTok, Gan.

Instagram Reels awalnya dianggap sebagai Scenes yang merupakan fitur yang terlihat oleh Jane Manchun Wong, seorang ahli rekayasa balik yang memiliki bakat untuk melihat fitur yang baru lahir atau yang belum dirilis oleh sebuah platform media sosial.

Hingga kemudian, Instagram benar-benar mengonfirmasi akan merilis Reels kepada penggunanya bulan depan nih Gan.

Awalnya Instagram Reels diluncurkan di Brasil pada November 2019. Kemudian, di India, TikTok dilarang karena persoalan privasi, sehingga Instagram Reels langsung diluncurkan di negara tersebut.

Profit dari fitur Instagram Reels yakni ia berada dalam satu one-stop platform Instagram, sama seperti fitur Stories yang ada di aplikasi buatan Kevin Systrom dan Mike Krieger tersebut.

Instagram yang kini berada satu naungan dengan Facebook, memiliki sejarah yang baik dalam mengadaptasi fitur-fitur baru, Gan. Terbukti pada tahun 2016, saat Instagram meluncurkan fitur Stories, yang sangat mirip dengan Snapchat. Membuat peminat Snapchat berpindah haluan pada Instagram Stories.

Sisi lain, dari data Socialbakers pun menunjukkan, fitur Stories menjadi hal yang penting di Instagram. Pasalnya,brand-brand kecil maupun besar, dan bahkan para influencer lebih banyak memposting dan menggunakan Stories dibandingkan dalam feed biasa.

Menurut data tersebut, engagement memposting Stories jauh lebih besar dibanding Feed, sehingga lebih menguntungkan dalam menjual barang maupun jasa, Gan.

Penggunaannya fitur terbaru ini pun mudah kok Gan. Fitur Instagram Reels diakses melalui fungsi kamera Instagram, seperti membuat Stories, Boomerang, atau Live video pada biasanya.

Dan Agan tinggal menekan dan menahan tombol lingkaran untuk mulai merekam, dan kemudian memiliki opsi untuk video 15 detik. Agan juga bisa mengubah-ubah filter AR, kecepatan, efek, serta timer seperti halnya pada TikTok, Gan.

Samaan dengan Stories, fitur instagram Reels tersebut juga dapat disimpan melewati periode 24 jam. Kalau ingin viral, Agan juga bisa share Reels tersebut ditemukan di halaman Jelajahi Instagram melalui fitur baru yang disebut Top Reels.

Kalau dilihat sehh, hal ini akan menjadi kunci kesuksesan Instagram Reels yang mencoba menyaingi popularitas TikTok, karena tren viral adalah pendorong besar penggunaan berkelanjutan pada kedua platform tersebut, Gan.