Home Tipstrik Hindari Ini! 7 Tanda Motherboard Laptop Atau PC Rusak

Hindari Ini! 7 Tanda Motherboard Laptop Atau PC Rusak

253
SHARE

Belihape.id – Tanda-tanda motherboard rusak, bisa kalian ketahui agar menghindari hal yang tidak diinginkan. Karena, ketika motherboard rusak, bisa berpengaruh pada komponen lainnya. Pada kerusakan tersebut, dapat kalian kenali dengan beberapa tanda fisik pada laptop atau PC kalian.

Motherboard rusak, juga dapat mengganggu aktivitas kalian ketika sedang menggunakan laptop atau PC. Agar kalian mengetahui tanda-tanda tersebut, simak ulasan di bawah ini hingga tuntas ya.

Tanda-Tanda Motherboard Rusak

Terjadinya Freezing pada Laptop atau PC

Ketika laptop atau PC kalian sering mengalami freezing pada saat beraktivitas, bisa saja pertanda motherboard rusak. Jadi, kalian harus berhati-hati ketika mengalami hal tersebut. Jika dibiarkan, maka akan berdampak pada komponen lainnya gan.

Terjadinya Blue Screen of Deaths (BSOD)

Blue Screen of Deaths (BSOD), bisa jadi tanda motherboard rusak. Tidak semua BSOD menjadi pertanda motherboard rusak, tetapi bisa menjadi masalah perangka keras lainnya. Seperti RAM atau kartu grafik.

Jadi, kalian harus selalu memantau kondisi disetiap perangkat pada laptop atau PC kalian. Ketika terlalu sering mengalami BSOD, maka bisa dipastikan motherboard rusak.

Panas Berlebihan pada Laptop atau PC

Tanda motherboard rusak yang selanjutnya, yaitu ketika laptop atau PC kalian mengeluarkan panas yang berlebihan. Bahkan, ketika perangkat kalian baru saja dinyalakan, kemudian seketika cepat panas. Tanda-tanda tersebut, bisa dipastikan ada kerusakan di motherboard gan.

Panas tersebut, biasanya terjadi akibat komponen pada motherboard rusak. Jadi, kalian harus segera membawanya ke tempat service. Atau membongkar sendiri jika sudah mengerti, untuk memastikan kerusakannya.

Tidak Terdeteksinya Komponen Atau Perangkat lain

Ketika motherboard tidak dapat mendeteksi komponen atau perangkat lain, biasanya ada yang salah pada motherboard. Agar mengethaui masalah tersebut, kalian perlu restart perangkat dan memeriksa OS Windows.

Perangkat Keras Tidak Berjalan Dengan Baik

Tanda motherboard rusak, bisa terjadi karena beberapa perangkat keras tidak dapat berjalan dengan baik. Seperti RAM atau kartu grafik, yang tidak terbaca atau berjalan. Maka, bisa saja itu bertanda motherboard kalian bermasalah.

Matinya Laptop Atau PC Secara Tiba-tiba

Matinya laptop atau PC secara tiba-tiba, bisa menjadi tanda motherboard rusak juga gan. Ketika mengalami hal tersebut, sebaiknya kalian harus segera mencari permasalahannya. Bisa saja terjadi karena rusaknya perangkat lain. Tetapi, ketika perangkat lain benar-benar aman, maka dipastikan motherboard laptop atau PC kalian rusak.

Mengeluarkan Bunyi “Bip”

Setiap motherboard, dirancang dan disertai alat diagnosis mandiri. Jadi ketika motherboard rusak, maka akan mendeteksi kerusakannya sendiri. Suara tersebut, bisa saja panjang yang berulang-ulang atau atau suara “BIP” pendek.