SHARE
hp android lawas

belihape.id – Agan masih pake hp android lawas? kayaknya harus siap-siap nih. Kabarnya hp android lawas tak akan lagi mendapat dukungan keamanan dari sejumlah situs web. Sebut saja hp android dengan OS 2.3.7 Gingerbread atau sebelumnya.

Kabar ini diungkap oleh Manajer Komunitas di forum resmi bantuan Android, Zak Pollack. Dia mengatakan, penghentian layanan di hp Android lawas tersebut terkait dengan kekhawatiran tentang keamanan data penggunanya, Gan.

Sehingga, seluruh perangkat ponsel atau tablet yang menggunakan OS Android 2.3.7 Gingerbread dan dibawahnya itu tidak akan bisa masuk ke akun atau layanan Google terkait, Gan.

Lebih lanjut, dilansir 91mobiles, ponsel-ponsel ini tidak akan bisa dipakai untuk login ke akun dan layanan Google mulai 26 September 2021. Hal ini diketahui lewat kiriman email dari Google pada penggunanya yang masih menjalankan hp android OS 2.3.7 Gingerbread dan versi sebelumnya, Gan.

Nantinya bila hal ini sudah berjalan, Agan yang masih menjalankan hp android lawas tidak bisa login ke layanan Google seperti Gmail, YouTube maupun Maps. Agan nantinya akan menemukan informasi “kesalahan nama pengguna atau kata sandi” saat mencoba login.

Lebih lanjut, pengguna Android yang terdampak kebijakan ini akan menerima peringatan username atau password error saat mencoba untuk:

– Menambahkan atau membuat akun Google baru

– Melakukan factory reset dan mencoba login

– Mengubah password akun Google, yang akan mengeluarkan akun di semua perangkat, dan mencoba login kembali

– Menghapus akun dari perangkat dan mencoba menambahkan kembali

Tetapi bila Agan masih sayang dengan hp android lawas nya bisa segera update ponsel ke android versi 3.0 Honeycomb atau versi di atas yang lebih baru. Adapun pengguna Android yang terdampak dengan kebijakan Google ini di antaranya adalah pemilik ponsel yang masih menjalankan OS Android versi: 1.0, 1.1, 1.5 Cupcake, 1.6 Donut, 2.0 Éclair, 2.2 Froyo, dan 2.3 Gingerbread.

Lalu apasih tujuan Google tak kasih akses pada hp Android lawas ini?

Langkah penghentian dukungan akses pada hp Android lawas ini dilakukan Google dengan tujuan untuk meningkatkan keamanan data penggunanya, Gan.

“Sebagai bagian dari upaya untuk menjaga keamanan pengguna, Google tidak akan lagi mengizinkan login pada perangkat yang menjalankan Android 2.3.7 atau lebih rendah mulai 27 September 2021.”

Meski demikian, menurut Google, pengguna hp Android lawas masih bisa menggunakan layanan Google seperti Search, Drive, dan Gmail melalui browser web bawaan ponsel Android, atau browser web lain. Kebijakan baru ini seharusnya tidak mempengaruhi banyak pengguna hp Android lawas, mengingat Gingerbread dan versi sebelumnya dirilis lebih dari 10 tahun yang lalu dan saat ini penggunanya hanya sedikit.