Home News Ini Lho, Jenis RAM yang Dipakai di Android Agan

Ini Lho, Jenis RAM yang Dipakai di Android Agan

1747
0
SHARE

Jenis RAMbelihape – Cepat atau nggak nya kinerja sebuah hp salah satunya dipengaruhi oleh kapasitas RAM gan! RAM itu merupakan singkatan dari Random Acces Memory. Nah, RAM ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara gan.

Gampangnya begini, kalau Agan sedang membuka aplikasi di hp, nah memori yang terpakai adalah RAM. Chat yang Agan ketik, akan memakan memori RAM, atau game yang Agan mainkan data sementaranya akan tersimpan di RAM sampai Agan menutup game tersebut.

Nah, makin besar kapasitas RAM, makin cepat juga kerja hp Agan. Tapi ada faktor lain gan yang mempengaruhi kinerja RAM, yaitu jenis RAM itu sendiri. Masng-masing hp mengadopsi jenis RAM yang berbeda. Mau tau apa aja? Yuk lihat ulasan berikut gan

1. LPDDR

LPDDR adalah generasi pertama dari modifikasi DDR SDRAM. LP adalah singkatan dari Low Power gan! Modifikasi yang dilakukan adalah pengurangan konsumsi daya gan, agar sesuai dengan kebutuhan perangkat hp.

Nah, RAM tipe LPDDR ini akan sering nge-refresh gan biar perangkat hardware hp Agan bekerja lebih hemat. Perangkat hp yang pakai jenis RAM ini adalah Apple iPad, Samsung Galaxy Tab dan Motorola Droid X gan.

2. LPDDR2

Jenis RAM kedua adalah LPDDR2.  LPDDR2 merupakan pengembangan dari LPDDR1, yakni memliki clock speed yang lebih cepat dari pendahulunya. Speed maksimal yang bisa dihasilkan adalah 266 MHz. status low power yang ditawarkan sudah lebih baik ketimbang generasi pertamanya.

Hp yang pakai RAM jenis ini adalah Samsung Galaxy Young, Asus Zenfone 5, OnePlus One sampai Sony Xperia Z. Beberapa hp itu termasuk salah satu hp terbaik di kelasnya lho gan!

3. LPDDR3

Nah, jenis RAM satu ini udah mengalami banyak peningkatan nih gan, mulai dari clock speed yang 8 kali lebih cepat dari versi sebelumnya, efisiensi daya yang lebih baik hingga memory density yang lebih baik gan.

Salah satu produsen RAM jenis ini, yakni Samsung memperkenalkan beberapa model yang bisa dipakai, antara lain LPDDR3 3GB, LPDDR3 4GB dan LPDDR3 6GB.

Jenis RAM satu ini juga sudah mendukung dual channel yang knerjanya lebih baik cepat dan lebih stabil gan! Hp yang mengadopsi jenis RAM ini adalah Xiaomi Redmi Note 3, Samsung Galaxy J5, ZTE Blade A711 dan lainnya.

4. LPDDR4

Nah, jenis RAM generasi selanjutnya adalah LPDDR4 gan. Jenis RAM ini biasanya dipakai di hp flagship gan. Jadi kalau Agan punya hp flagship yang bisa yang mampu merekam video dengan resolusi 4k  atau punya kamera dengan resolusi minimal 20 MP, udah bisa dipastikan kalau jenis RAM yang dipakai di hp agan adalah LPDDR4.

Sebagai generasi lanjutan, banyak keunggulan yang ditawarkan gan! Misalnya, clock speednya bisa sampai 1,8GHz dan punya konsumsi daya lebih irit 40 persen ketimbang versi sebelumnya.

Hp yang pakai RAM jenis ini adalah hp flagship seperti Samsung Galaxy S7/S7 edge dan seterusnya, LG G5 dan seterusnya, serta semua hp flagship dari masing-masing vendor gan!

5. LPDDR4X

Nah, jenis RAM ini lebih baru lagi gan. Menawarkan berbagai pengembangan dari versi LPDDR$ yang sebenarnya udah sakti banget. RAM jenis ini menawarkan konsumsi daya yang lebih hemat sampai 17 persen, peningkatan performa mesin, serta ukuran yang lebih kecil.

Jadi kalau hp Agan termasuk golongan hp yang tipis banget, bisa jadi hp Agan pakai jenis RAM ini. Jenis ini juga digunakan di hp flagship gan!

Nah, tadi itu jenis RAM yang dipakai di hp android gan. Biasanya, jenis RAM ini akan kelihatan jadi spesifikasi hp Agan. Makin tinggi spek nya, maka makin membutuhkan kinerja dari jenis RAM yang lebih tinggi.