Home News Apple Resmi Hentikan iPod Touch, Selamat Tinggal!

Apple Resmi Hentikan iPod Touch, Selamat Tinggal!

74
SHARE

belihape.id – Apple ngumumin bakal mematikan iPod Touch neh Gan, model terakhir dari lini pemutar musik portabelnya. Otomatis bakal berakhir juga neh era iPod yang pertama kali dikenalkan dua dekade lalu.

iPod Touch

Tapi buat saat ini Apple masih ngejual iPod Touch dengan harga yang dibanderol mulai USD 199 atau sekitar Rp 2,8 jutaan dan bakal tersedia sampe stoknya habis yak Gan. Produk ini tersedia dalam tiga varian, yaitu 32GB, 128GB, dan 256GB. Dan juga hadir dalam enam pilihan warna.

iPod Touch, Awal Kebangkitan Apple?

Sekedar info, kalo Apple pertama kali mengenalkan iPod pada Oktober 2001 sebagai pemutar musik MP3 pertama yang bisa nyimpen 1.000 lagu neh. Pas perilisannya ini pun juga beresiko besar buat Apple yang masih berusaha bangkit setelah hampir bangkrut selama dua tahun sebelumnya.

Gak ada nyangka kalo iPod justru bakal ikut bantu ngubah Apple jadi perusahaan yang maju kayak sekarang ini Gan. Perangkat ini langsung dominasi pasar MP3 player bahkan nyumbang 40% pendapatan Apple di tahun 2006.

Di tahun 2011, Apple berhasil nguasaiin MP3 player global dan sampe saat ini pun udah ada sekitar 400 juta unit iPod Apple yang kejual Gan. Selama 20 tahun ini, produk iPod Apple terus diperbanyak. Selain iPod klasik ada juga iPod Mini, iPod Nano, dan iPod Shuffle.

iPod Touch

Apple berhenti ngejual iPod klasiknya di tahun 2014, disusul iPod Nano dan iPod Shuffle di tahun 2017. Di tahun 2007, Apple merilis iPod Touch dengan desain yang mirip ama iPhone generasi pertama lengkap dengan layar sentuhnya Gan.

Versi terbaru iPod Touch yang dirilis di tahun 2019 dengan fitur yang hampir sama dengan iPhone soalnya bisa digunain buat kirim email, ambil foto, dan video call. Tapi, hadirnya iPod generasi pertama ini dibawah bayang-bayangnya iPhone.

Saat pertama kali iPhone diperkenalkan di tahun 2007, Steve Jobs bilang kalo iPhone itu kombinasi dari tiga produk, yaitu iPod, telepon, dan komunikator internet. Bahkan, co-creator iPhone dan iPod, Tony Fadell bilang kalo tim iPod sadar neh kalo iPhone bakalan mengalahkan perangkat MP3 Player.