SHARE
kelebihan dan kekurangan iphone 12 mini

belihape.id – sejak kemunculan iPhone 12 series Oktober 2020 kemarin, banyak sekali pertanyaan atau kebingungan soal kelebihan dan kekurangan masing-masing hp Gan. Nah, kebetulan pada kesempatan kali ini Ane mau ngebongkar tentang kelebihan dan kekurangan iPhone 12 mini. Kenapa Ane pilih mini soalnya versi Mini banyak banget fansnya Gan. Kalau begitu yuk, langsung simak aja selengkapnya di bawah ini

Melihat dari banyak fansnya, iPhone 12 mini ini memang terlihat beda dengan saudara-saudaranya Gan. Karena itu banyak yang penasaran soal kelebihan dan kekurangan iPhone 12 Mini.

kelebihan dan kekurangan iphone 12 mini

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12 mini

Nah berikut 10 kelebihan dan kekurangan iPhone 12 Mini versi belihape.id…

Kelebihan

  • Punya Tampilan OLED Display yang memukau

Kelebihan iPhone 12 mini yang pertama yaitu dari segi tampilan layarnya Gan. Hp besutan Apple ini memang tidak cuma-cuma memberikan peningkatan dari segi tampilan visual layar. Lihat saja iPhone 12 Mini yang mengusung panel Super Retina XDR OLED dengan tingkat kecerahan tipikal sebesar 625 nits dan kecerahan maksimal 1200 nits,Gan.

kelebihan dan kekurangan iPhone 12 Mini  pun sudah dilengkapi sertifikasi HDR10+ yang membuatnya tampil sangat tajam dengan rentang dinamis luas, Gan. Dimana akan memanjakan indera visual Agan semua saat main game ataupun menikmati hiburan. Layarnya memiliki ukuran 5,4 inci dengan resolusi Full HD Plus, alias 1080 x 2340 piksel pada rasio aspek 19,5:9.

Baca: Punya Chipset Gaming, Ini Dia Perbandingan Hp Infinix Zero 8 dan Note 8!

  • Hadir dengan Desain Compact

kecil-kecil ‘gigit’ banget nih. Yup, jangan sembarang nilai bodi Mini Gan. Justru Mini begini jadi kelebihan iPhone 12 satu ini Gan.

iPhone 12 Mini memang memiliki dimensi bodi yang ramping, cocok untuk dimasukkan ke dalam saku dengan nyaman. Panjang dan lebar bodi hanya berkisar pada dimensi 131.5 x 64.2 mm.

cocok banget buat Agan yang mengutamakan portabilitas. Apalagi tingkat ketebalannya pun cukup tipis di angka 7,4 mm. Adapun bobot bodi yang dimilikinya pun lebih ringan dari kedua saudaranya, sebesar 135 gram.

Agan dijamin bisa merasakan kenyamanan yang berlebih saat menggenggam Hp iPhone terbaru ini tanpa membuat tangan cepat lelah atau pegal.

Baca juga: Cek Harga Hp Infinix Terbaru November 2020, Ada Zero 8, Hot 10 & Smart 5!

  • Memiliki Sertifikasi IP68

Saat sedang musim hujan begini, ponsel rentan terkena cipratan air hujan yang bisa merusak komponen perangkat. Hal ini tentu tidak akan terjadi pada iPhone 12 Mini yang sudah mengusung IP rating tertinggi di industri smartphone, yaitu IP68.

Meski begitu, sebaiknya jangan memaksakan untuk membiarkan hp kehujanan. Keberadaan IP rating ini hanyalah untuk situasi di mana ponsel tidak sengaja terjatuh ke genangan air. IP68 sendiri memiliki arti antidebu maksimal dan anti air pada kedalaman hingga 1,5 m selama 30 menit.

BACA: Daftar Harga Hp Huawei Terbaru Juni 2020, Ada P40 Pro dan Mate Xs, Lengkap!

  • Fitur MagSafe yang Inovatif

kelebihan iPhone 12 Mini selanjutnya tentu dibekali fitur MagSafe yang inovatif Gan. Agan bisa dengan mudah menempelkan aksesoris MagSafe seperti dompet kulit di bagian punggung iPhone 12 Mini. Yup, fitur ini tidak dimiliki oleh ponsel-ponsel Android, Gan.

Dompet sebagai aksesoris tersebut berfungsi sebagai tempat menampung beragam kartu-kartu digital ataupun ATM yang Agan miliki. Selain itu, MagSafe juga berfungsi agar iPhone 12 Mini Agan bisa dicas secara nirkabel.

  • Mengusung Dolby Audio Stereo Speaker

kelebihan iPhone 12 Mini selanjutnya tentu dibekali Dolby Audio Stereo Speaker. Meski tidak dibekali earphone pada paket penjualanannya, Apple tetap saja membekali hp iPhone terbarunya dengan balutan dolby stereo speaker Gan.

Adanya stereo speaker pada iPhone 12 Mini dinilai cukup apresiatif karena memberikan kelebihan pada pengguna yang ingin mendengarkan lagu secara santai meski tanpa menggunakan earphone sekalipun.

Mau nonton video, gaming, atau dengerin musik jadi lebih asik.

BACA: Update Harga Hp Samsung Terbaru November 2020, Ada S20 FE, Note20, S20 Plus Lengkap!

  • Kemampuan Videografi yang Mantab

kelebihan iPhone 12 Mini selanjutnya yaitu memiliki kemampuan videografi yang mumpuni Gan. Apple bahkan mengklaim bila iPhone 12 Mini besutannya ini bisa diperlakukan selayaknya alat perekaman video profesional di kelas industri perfilman, Gan.

kelebihannya ini dibagikan pada iPhone 12 Series, Gan. Di mana menghadirkan teknologi perekaman video dengan standar Dolby Vision pada kualitas 10 bit HDR.

Apalagi hal ini menjadi salah satu keunggulan penting bagi konten kreator, karena mampu menghadirkan akurasi warna lebih luas dan kontras hitam dan putih yang lebih lebar.

Dolby Vision yang diusung Apple berbeda dengan HDR10 biasa, Dimana fitur ini menggunakan metadata dinamis yang bisa memetakan gambar berdasarkan bingkai per bingkai.

Ini merupakan prestasi luar biasa untuk sebuah smartphone, sebab untuk memproses data secara real-time seperti ini membutuhkan tenaga CPU yang luar biasa juga Gan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Hp Dengan Kamera Terbaik November 2020!

  • Dukungan Update iOS Jangka Panjang

Apple akhirnya memberikan dukungan update iOS untuk iPhone 12 Mini selama 6 tahun sejak tanggal perilisannya, Gan. Mengapa jangka waktu update OS sangat penting? Soalnya, tidak semua orang akan membeli iPhone 12 Mini pada tahun 2020.

Beberapa orang mungkin akan menunggu sampai Hp iPhone terbaru turun harga dan baru akan membelinya pada tahun 2023, misalnya.

Nah, pada saat ponsel dibeli di tahun 2023, penggunanya tetap akan/ masih mendapatkan support iOS selama tiga tahun lagi. Ini merupakan bentuk dedikasi Apple kepada para penggemarnya, Gan.

Baca juga: 5 Rekomendasi Hp 2 Jutaan Turun Harga dari Samsung hingga Realme Ada Gan!

Kekurangan iPhone 12 Mini

Kalautadi sudah membahas seputar kelebihan iPhone 12 Mini, lanjut lagi kita bahas kekurangannya Gan. Seperti yang kita ketahui, bila iPhone 12 Mini ini menjadi varian iPhone 12 series termurah Gan. Sehingga wajar bila ada beberapa kekurangan yang cukup disayangkan, diantaranya seperti

  • Sensor Sidik Jari yang Absen

Sensor biometrik adalah salah satu fitur penting pada smartphone saat ini, demi memberikan rasa aman dan nyaman dalam pembukaan kunci layar. iPhone 12 Mini sendiri telah menghadirkan fitur Face ID yang unggul di kelasnya, hanya saja hp iPhone terbaru versi Mini ini tidak dibekali sensor sidik jari, Gan.

Baca juga: Top 5 Hp Terlaris & Terbaik November 2020

  • Tidak Ada Sensor LiDAR

Apa itu LiDAR dan apa fungsinya? LiDAR sendiri berfungsi sebagai sensor pengukur jarak dengan mendeteksi cahaya yang dipantulkan. Sebagai fungsi dasarnya, LiDAR atau Light Detection and Ranging ini bermanfaat untuk keperluan fotografi, yakni sebagai sensor kedalaman.

beda dengan saudaranya iPhone 12 Pro, versi  Mini ini tidak menghadirkan sensor LiDAR di bagian belakangnya dan hanya menawarkan kamera ganda berkekuatan 12 MP saja Gan.

Agan pun bisa merasakan kemampuan AR alias Augmented Reality yang lebih akurat pada smartphone flagship ini. Nggak hanya itu, hp iPhone terbaru ini bisa digunakan untuk mengukur jarak antar objek yang berada di suatu ruangan.

Objek AR yang ditampilkan di layar juga akan mengikuti kondisi ruang di sekitarnya, memberikan pengalaman yang lebih imersif dan terasa lebih nyata. Fitur seru ini sayang banget bila dilewatkan.

Baca juga: Banyak Pilihan Hp Gaming, Ini Dia Daftar Harga Hp Asus Terbaru November 2020!

  • Tanpa Headset dan Charger

kelebihan dan kekurangan iPhone 12 Mini selanjutnya yaitu absennya headset dan charger, Gan. Nggak hanya untuk versi Mini saja, tapi semua varian iPhone 12.

Alasannya, Apple meyakini bila pembeli iPhone 12 merupakan pemilik dari seri-seri iPhone sebelumnya, sehingga penggunanya bisa menggunakan charger iPhone yang lama.

Sementara itu, ketiadaan dua aksesoris penting ini dinilai Apple sebagai upaya agar boks penjualannya bisa menjadi lebih kecil, sehingga bisa lebih muat banyak dalam satu kontainer.

Nah, hal ini berujung pada kemudahan distribusi perangkat ke berbagai mancanegara, mengurangi frekuensi pengiriman dengan demikian bisa mendukung lingkungan yang eco-friendly lagi Gan.

Satu lagi, bagi Agan yang baru pertama kali membeli iPhone ini jadinya harus memesan headset dan chargeran secara terpisah. Dan mau tak mau akhirnya keluar biaya lagi.

Baca: Ngincer Hp iPhone? Cek Dulu Harga Hp Terbaru November 2020, Ada yang Turun Nih!

Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan iPhone 12 Mini

Yup itulah beberapa kelebihan dan kekurangan iPhone 12 Mini yang bisa Agan ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya, Gan. Buat Agan yang demen foto atau videografi hp, bisa banget ngandalin smartphone iPhone ini.

Begitu juga desainnya yang terbilang compact jadi cukup nyaman untuk dibawa ke mana-mana, memerhatikan sisi portabilitas demi kenyamanan maksimal baik saat digenggam, dipakai main game, ataupun sekadar dimasukkan ke dalam tas atau kantong.

So, gimana menurut Agan?