Home Tipstrik Layar HP Kurang Besar? Nih Tips Sambungin HP Ke TV Buat Agan

Layar HP Kurang Besar? Nih Tips Sambungin HP Ke TV Buat Agan

691
0
SHARE

belihape – Agan tahu, TV jaman sekarang bisa disambungin ke hp lho gan. Jadi tampilan TV itu akan sama dengan tampilan hp Agan. Seru kan! Kalau Agan hobi nonton atau main game, tips sambungin hp ke TV ini bisa Agan coba. Nah, mendingan langsung kita lihat aja Gan, tips sambungin hp ke TV buat Agan!

Buat Persiapan

Hal pertama yang harus Agan lakukan adalah memeriksa fitur yang ada di hp dan TV Agan. Nantinya akan ada beberapa cara yang bisa Agan coba. Nah, coba Agan lihat di setting hp Agan, ada nggak fitur yang bernama “Miracast”. Biasanya namanya beda antara hp satu dengan yang lain Gan. Misalnya “Wi-Fi Display” atau “Wireless Display”. Intinya fitur ini bertujuan untuk menyambungkan perangkat hp Agan ke perangkat display lain Gan. Biasanya, hp Android dengan OS 4.2 Jelly Bean ke atas udah punya fitur Miracast ini Gan.tips sambungin hp ke tv

Berikutnya cek TV yang akan Agan gunakan. Ada nggak fitur wireless atau Miracast seperti di hp Agan. Kalau nggak ada, nggak usah khawatir. Agan bisa membeli dongle tambahan. Selanjutnya, Agan udah siap untuk sambungin hp ke TV Agan.

 

Sambungin Hp ke TV Tanpa Kabel

Nah, fitur Miracast atau Wireless Display ini akan berguna di sini Gan. Caranya, pertama Agan harus mengaktifkan Miracast pada TV Agan terlebih dahulu. Cara ini berbeda pada masing-masing TV Gan. Nih caranya

LG Smart TV                  : tekan Home pada remote >> Network >> Miracast

Samsung Smart TV        : tekan Source pada remote >> Screen Mirroring

SONY Bravia Smart TV   : tekan INPUT pada remote >> Screen Mirroring >> OK

Selanjutnya TV Agan akan melakukan scanning untuk menemukan perangkat di dekatnya Gan. Nah, langkah selanjutnya, Agan aktifkan Miracast pada hp Agan. Caranya juga berbeda pada masing-masing hp, tapi intinya sama kok Gan. Buka Setting >> Miracast (Wireless Display pada beberapa hp) >> geser tombol virtual untuk menghidupkan fitur ini >> pilih perangkat TV yang muncul setelah scanning.

Tunggu beberapa saat Gan sampai koneksi antara hp dan TV Agan stabil. Voila!! Tampilan layar hp Agan udah tersambung ke TV. Keren kan!

 

Sambungin Hp Ke TV Dengan Kabeltips sambungin hp ke tv

Hal terpenting yang harus Agan punya di sini adalah kabel Gan. Tapi perlu Agan cermati, jenis kabel yang kompatibel dengan hp Agan. Ada dua jenis Gan, kabel Micro HDMI ke HDMI, atau kabel MHL yang punya 2 konektor Micro USB dan HDMI. Untuk yang satu ini Agan harus pastikan dulu apakah hp agan mendukung MHL ini. Untuk mengetahuinya Agan bisa cari info soal hp yang mendukung fitur MHL ini Gan. Selanjutnya ikuti langkah berikut Gan:

  • Matikan TV agan dengan tombol On/Off di TV bukan di remote.
  • Hubungkan TV ke hp Agan. Ujung yang pipih (Micro USB) sambungkan ke hp sedangkan ujun yang besar (HDMI) sambungkan ke port HDMI di TV Agan.
  • Nyalakan TV, kemudian pindahkan saluran ke HDMI.
  • Beri centang pada “HDMI Connection” di hp Agan.
  • Nah, sukses deh Gan sambungin hp ke TV Agan. Gampang kan Gan!

 

Sambungin Hp Ke TV Dengan Cara Lain

All Share

Fitur ini dimiliki oleh hp Samsung Galaxy Series Gan. Fungsinya, untuk sharing layar antara hp dengan TV tanpa kabel. Asyiknya, cuma butuh sekali klik aja Gan.

Wi-Di

Wi-Di merupakan dukungan intel untuk fitur Miracast pada laptop atau PC Gan. Agan bisa menghubungkan laptop atau PC Agan ke TV dengan fitur ini.

AirPlay

Kalau yang satu ini, khusus buat Agan-agan iPhone user. Sama seperti Miracast, fitur AirPlay juga bertujuan untuk sharing layar hp Gan, tapi hanya dikhususkan buat produk-produk Apple aja Gan.

 

Nah itu tadi beberapa tips sambungin hp ke TV yang bisa Agan coba. Buat nonton film atau main game pasti akan makin seru kalau layarnya makin besar kan Gan!