SHARE

belihape.id – Di tengah mulai munculnya TV dengan resolusi 8K Ultra HD, LG Electronics (LG) mengumumkan sebagai yang pertama di dunia mendapatkan sertifikasi dari lembaga resmi untuk menyandang penamaan LG TV 8K Ultra HD bagi TV besutannya.

Sertifikat ini diberikan setelah melalui pengujian dengan persyaratan ketat yang ditetapkan Consumer Technology Association (CTA).

Dengan keberhasilan ini, LG TV 8K Ultra HD ini, LG berhak untuk menggunakan logo khusus yang diberikan lembaga yang berbasis di Amerika Serikat tersebut.

“CTA merupakan otoritas dalam industri teknologi. LG akan menggunakan logo 8K UHD dari CTA dalam komunikasi pada konsumen. Mewakili pesan besarnya bahwa LG TV 8K akan memberikan pengalaman menonton yang benar-benar mereka harapkan,” ujar Nam Ho-jun, Senior Vice President LG Home Entertainment Company.

Baca Gan : Wujudkan Ekosistem Rumah Pintar LG dengan Teknologi Berbasis AI

CTA sebagai sebuah lembaga internasional yang menaruh perhatian pada bidang teknologi untuk konsumer, dikenal sebagai rujukan dan standar bagi industri ini.

Dengan lebih dari 2,200 perusahaan teknologi di dalamnya, CTA yang juga bergerak dalam riset ini dikenal luas melalui penyelenggaraan pameran tahunan bagi industri elektronik consumer, Consumer Electronics Show.

Dalam menetapkan definisi resolusi TV 8K, CTA mendasarkan pengukuran ambang batas yang ditetapkan International Committee for Display Metrology (ICDM). Pedoman pengukuran berdasarkan pada modulasi kontras (contrast modulation – CM).

Untuk dikualifikasikan sebagai resolusi 8K UHD, pengukuran ini menyatakan resolusi harus memenuhi setidaknya 50% dari ambang CM dengan sedikitnya memiliki 33 juta piksel aktif.

Pedoman pengukuran ini sebenarnya bukanlah hal yang benar-benar baru. Badan pengukuran standar untuk industri lainnya seperti International Organization for Standardization pun menggunakan Contrast Modulation sebagai tolok ukur industri.

Baca Gan : Monitor Gaming Canggih, TV OLED LG Bakal Terima NVIDIA G-SYNC Minggu Ini

lg tv 8k

Lebih lanjut LG menyatakan, perusahaan mulai akan menggunakan logo 8K UHD dari CTA ini mulai Januari mendatang pada setiap seri TV 8K UHD miliknya.

LG sendiri melakukan pengembangan LG TV 8K UHD ini dalam dua kategori besar yaitu OLED dengan LG SIGNATURE OLED 8K dan yang berbasis panel LCD dengan LG 8K NanoCell TV.

Penghitungan CM pada kedua kategori ini memberikan nilai CM dalam kisaran 90 persen, sementara model lain dalam industri menghasilkan angka dua digit yang lebih rendah.

Pengujian dari pihak ketiga oleh organisasi pengujian dan sertifikasi produk global, Intertek, memverifikasi bahwa LG NanoCell 8K TV dengan layar 75 inchi melampaui persyaratan pengukuran CM oleh ICDM. Nilai 90% CM untuk horizontal dan 91% CM untuk vertikal.

Baca Gan : Pake AI, LG CLOi Robot Bisa Dimintain Tolong Apa Saja

Pengujian dengan hasil angka yang hampir identik dilakukan lembaga pengujian internasional lainnya yaitu VDE.

Lebih lanjut LG menyatakan, kedua kategori seri TV LG 8K Ultra HD ini akan menjalani penampilan perdananya pada gelaran Consumer Electronics Show 2020 yang akan berlangsung Januari mendatang di Las Vegas, Amerika Serikat. “Kami berharap lini produk TV 8K LG ini akan menjadi standar baru dalam industri TV,” ujar Nam Ho-jun.