Home Hp Nostalgia dengan Samsung Galaxy S Series Lawas Hingga Sekarang (Part II)

Nostalgia dengan Samsung Galaxy S Series Lawas Hingga Sekarang (Part II)

831
0
SHARE

belihape.id – Gan, yuk kita lanjut nostalgia dengan Samsung Galaxy S Series yang kemarin baru setengah. Nah, kali ini ada deretan Samsung Galaxy S5 sampai S9 Gan. Galaxy S5 sendiri dirilis tahun 2014. Kayak apa kisahnya ya? Simak aja langsung Gan!

 

Samsung Galaxy S5

nostalgia dengan Samsung Galaxy S series

Mungkin karena terlalu termakan kejayaan, Samsung akhirnya nggak se-wow sebelumnya. Galaxy S4 sendiri sebenarnya banyak menuai kritik karena kameranya sering bermasalah, demkian juga sama flash nya Gan. Secara desain, Samsung Galaxy S5 nggak beda-beda amat dengan Galaxy S4. Bahkan beberapa kritikus bilang, desainnya nggak seperti hp premium Gan. Nah loh!

Yang jelas, Samsung ngasih Samsung Galaxy S5 tampil dengan spek yang lebih oke sih dibanding dengan Galaxy S4. Ada chipset Snapdragon 801 quad core 2,5 GHz serta RAM 2 GB yang jadi inti pemrosesan data di hp Samsung satu ini Gan. Nggak jelek sebenarnya, cuma ya itu tadi, desainnya agak kurang menurut para kritikus. Dan yang paling disayangkan, hp ini belum anti air Gan! Padahal vendor lain, Sony misalnya, udah punya hp anti air.

Samsung Galaxy S5 juga dibekali dengan sensor sidik jari lho gan, meski pun Apple udah pakai teknologi ini sebelumnya di iPhone 5S. Tapi nggak semuanya dari Samsung Galaxy S5 itu jelek Gan. Kualitas kameranya oke banget, belum lagi ada fitur S Health untuk monitor denyut jantung dan fitness.

Spesifikasi Samsung Galaxy S5
Jaringan 4G
Layar 5,1 inci Super AMOLED Capacitive Touchscreen
OS Android v4.4.2 upgradable to v6.0 Marshmallow
Chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801
Prosesor Quad Core 2,5 GHz
RAM 2 GB
Memori Internal 16/32 GB
Eksternal Up to 256 GB
Kamera Belakang 16 MP; PDAF; LED Flash
Depan 2  MP
Baterai Li-ion 2800 mAh

 

 

Samsung Galaxy S6

nostalgia dengan Samsung Galaxy S series

Bisa dibilang, kehadiran Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge jadi penyelamat Samsung setelah agak terpuruk pasca ngerilis Galaxy S5 Gan. Kali ini Samsung ngasih desain hp yang fresh banget Gan. Nggak seperti sebelumnya yang punya konsep gitu-gitu aja Gan. Desain apik inilah yang jadi cikal bakal desain seri-seri selanjutnya.

Punya jeroan yang oke, Exynos 7420 Octa core 2,1 GHz dan RAM 3 GB serta memori internal dengan tiga pilihan, 32 GB, 64 GB dan 128 GB. Hp satu ini juga dibekali dengan kamera belakang 16 MP yang ditunjang sama sensor OIS (Optical Image Stabilization). Sensor ini berguna untuk mengurangi noise akibat gerakan Gan. Sementara kamera depannya, yah, masih segitu-segitu aja Gan. Cuma meningkat sedikit jadi 5 MP. Dibandingin hp lain di tahun 2015, urusan selfie Samsung Galaxy S6 masih jauh dibanding hp-hp bikinan Tiongkok.

Tapi yang paling menarik sebenarnya ada di konsep layar melengkungnya Gan. Sepanjang tahun 2015 itu, paling maksimal, vendor cuma bisa ngasih layar lengkung 2,5D aja, sementara Samsung punya 3D Curved Screen Gan. Konsep ini jadi terobosan banget dan bikin penasaran banyak orang.

Spesifikasi Samsung Galaxy S6
Jaringan 4G
Layar 5,1 inci Super AMOLED Capacitive Touchscreen
OS Android v5.0.2 upgradable to v8.0 Oreo
Chipset Exynos 7420
Prosesor Octa Core 2,1 GHz
RAM 3 GB
Memori Internal 32/64/128 GB
Eksternal
Kamera Belakang 16 MP; OIS; LED Flash
Depan 5  MP
Baterai Li-ion 2550 mAh

 

 

Samsung Galaxy S7

nostalgia dengan Samsung Galaxy S series

Yup. Akhirnya Samsung punya hp anti air Gan. Secara desain, hp yang rilis tahun 2016 ini nggak jauh beda sama seri sebelumnya Gan. Bentang layarnya aja masih sama. Cuma sertifikasi IP68 emang jadi gimmick yang pas untuk ngejual produk satu ini, setelah sekian lama hp flagship Samsung nggak ada yang tahan direndam di air. Dan pengen ngulang sukses yang sama, Samsung juga ngerilis versi Edge nya Gan.

Hp satu ini dibekali dengan chipset Exynos 8890 octa core 2,3 GHz serta RAM 4 GB yang bikin hp ini selain punya desain yang keren, tapi juga performa yang oke Gan. Selain itu, Samsung juga ngasih lagi slot microSD yang sebelumnya dihilangkan di seri S6 Gan.

Sektor kameranya? Secara tertulis emang ada penurunan jadi 12 MP Gan. Tapi nyatanya bukaan f/1.7 sukses bikin kamera hp ini mampu menangkap gambar dengan sudut yang lebar dan lebih unggul di low light. Didukung juga dengan sensor OIS dan autofokus PDAF.

Dari sumber tenaganya juga udah diupgrade lebih baik lagi. Baterai 3000 mAh jadi sumber dayanya. Nggak cuma itu, ada teknologi Quick Charge 2.0 juga Gan. Keren ya, ini produk ultimate banget di tahun 2016 Gan. Bodinya full metal. Sip lah!

Spesifikasi Samsung Galaxy S7
Jaringan 4G
Layar 5,1 inci Super AMOLED Capacitive Touchscreen
OS Android v6.0 upgradable to v7.0 Nougat
Chipset Exynos 8890
Prosesor Octa Core 2,3 GHz
RAM 4 GB
Memori Internal 32/64 GB
Eksternal Up to 256 GB
Kamera Belakang 12 MP; PDAF; OIS; LED Flash
Depan 5  MP
Baterai Li-ion 3000 mAh; Quick Charge 2.0

 

 

Samsung Galaxy S8

nostalgia dengan Samsung Galaxy S series

Samsung mulai konsisten pakai layar melengkung buat produk flagshipnya Gan. Buktinya S8 juga mengadopsi layar lengkung. Tahun 2017 jadi salah satu langkah besar Samsung. Samsung menawarkan layar full dengan ratio 18,5:9 Gan. Dan yang lebih unik lagi, kalau biasanya hp Samsung punya desain lebar, yang satu ini tampil dengan ramping Gan. Desainnya jadi salah satu perhatian banyak orang.

Kehadiran S8 ini sebenarnya dibayang-bayangi kegagalan Note 7 yang punya banyak masalah di pasar, salah satunya kasus meledaknya Note 7 Gan. Akhirnya hp itu ditarik dari pasaran dan nggak dijual lagi sampai sekarang.

Samsung Galaxy S8 punya kamera belakang 12 MP dan kamera depan 8 MP. Sedikit angina segar buat yang suka selfie Gan. Nggak cuma itu, ada chipset Exynos 8895 octa core 2,3 GHz dan RAM 4 GB Gan. Sayangnya hanya ada satu pilihan memori internal, yakni 64 GB, tapi bisa ditambah pakai kartu memori hingga 256 GB Gan.

Oh iya, layarnya besar tapi ramping Gan, menyesuaikan dengan bodinya, 5,8 inci. Balutan metalnya juga keren banget. Nah, alih-alih merilis versi Edge, Samsung justru ngasih versi S8+ yang punya ukuran layar lebih besar Gan. Di samping kehadiran sensor sidik jari, ada juga Iris sensor Gan, yang memindai mata Agan buat buka akses ke hp satu ini. Kehadiran Samsung Galaxy S8 emang jadi angin segar setelah ditimpa isu meledaknya Note 7 Gan.

Spesifikasi Samsung Galaxy S8
Jaringan 4G
Layar 5,8 inci Super AMOLED Capacitive Touchscreen
OS Android v7.0 upgradable to v8.0 Oreo
Chipset Exynos 8895
Prosesor Octa Core 2,3 GHz
RAM 4 GB
Memori Internal 64 GB
Eksternal Up to 256 GB
Kamera Belakang 12 MP; PDAF; OIS; LED Flash
Depan 8  MP
Baterai Li-ion 3000 mAh; Quick Charge 2.0

 

 

Samsung Galaxy S9+

nostalgia dengan Samsung Galaxy S series

Generasi paling akhir dari S series saat ini tampil dengan spek yang paling tinggi Gan. Oh iya, sejak Galaxy S8, Samsung udah menyertakan AI juga lho untuk ngedukung fungsi-fungsi hp ini, termasuk juga di S9 dan S9+ ini.

Nggak hentinya mengejutkan pasar, Samsung ngasih Dual Aperture di dual kamera belakangnya Gan. Jadi, dual aperture ini berfungsi layaknya mata manusia Gan. Diafragma kameranya akan berubah-ubah tergantung kondisi pencahayaan. Keren banget Gan. Tapi dual kamera cuma ada di versi Galaxy S9+ Gan.

Dibekali dengan chipset Exynos 9810 octa core 2,7 GHz, hp ini udah punya RAM 6 GB dengan memori internal 64 GB, 128 GB dan 256 GB. Nggak tanggung-tanggung, memorinya bisa ditambah sampai 400 GB.

Sejauh ini, Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ jadi anak paling buncit di keluarga Samsung Galaxy S series. Kita tunggu sepak terjangnya Gan, beberapa review ngasih skor yang baik untuk hp satu ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy S9+
Jaringan 4G
Layar 6,2 inci Super AMOLED Capacitive Touchscreen
OS Android v8.0 Oreo
Chipset Exynos 9810
Prosesor Octa Core 2,7 GHz
RAM 6 GB
Memori Internal 64/128/256 GB
Eksternal Up to 400 GB
Kamera Belakang 12 MP + 12 MP; Dual Aperture; PDAF; OIS; LED Flash
Depan 8  MP
Baterai Li-ion 3500 mAh; Quick Charge 2.0

 

Nah, selesai deh nostalgia dengan Samsung Galaxy S series. Gmn? Kiprah Samsung ini bisa dibilang jatuh bangun Gan. Di saat lagi naik-naiknya, justru ada produknya yang bermasalah sampai akhirnya ditarik dari pasaran. Tapi yang terpenting, vendor asal Korea Selatan ini mampu bangkit dan meraih kepercayaan konsumen lain Gan. Keren ya!