Home Tipstrik Pahami Cara Memilih Harddisk Untuk PC Dan Laptop Agan!

Pahami Cara Memilih Harddisk Untuk PC Dan Laptop Agan!

827
SHARE

belihape.id – Harddisk jadi salah satu komponen penting yang harus ada di PC atau laptop Gan. Tanpa adanya harddisk, PC atau Laptop Agan nggak akan bisa dipakai. Soalnya, di harddisk inilah Agan akan menyimpan semua file Agan. Nah, berikut ini ada cara memilih harddisk untuk PC dan Laptop yang bagus buat Agan.

Harddisk dapat dibedakan berdasarkan konektornya Gan (IDE, SATA, RAID, SCSI), ada juga yang dibedakan berdasarkan ukurannya, yakni 3,5 inci dan 2,5 inci. Terakhir, harddisk juga dibedakan berdasarkan jenisnya, konvensional dan SSD Gan. Nah, jenis-jenis ini punya karakteristiknya sendiri Gan. Mengenai perbedaannya kita akan bahas lain waktu ya! Untuk saat ini simak dulu cara memilih harddisk untuk PC dan Laptop Agan berikut ini.

 

Sesuaikan Dengan Kebutuhancara memilih harddisk untuk pc dan laptop

Cara memilih harddisk untuk PC dan Laptop yang pertama adalah ketahui kebutuhan Agan. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau Agan butuh untuk desain, edit video sampai pemrograman usahakan pilih harddisk dengan minimal memori 1 TB Gan. Tapi kalau Agan hanya butuh untuk kerja harian yang ringan, 500 GB sudah cukup banget.

Intinya jangan tergoda sama kapasitas yang besar Gan. Dengan harddisk 500 GB aja, Agan bisa nyimpen ribuan lagu dan dokumen, serta banyak film dengan kualitas HD. Jadi usahakan mawas diri ya  Gan.

 

Sesuaikan Dengan Jenis KomputerCara memilih harddisk untuk PC dan Laptop

Nah, cara memilih harddisk untuk PC dan Laptop yang satu ini penting banget untuk Agan ketahui. Tiap OS PC atau Laptop membutuhkan harddisk yang berbeda juga Gan. Tipe PC atau Laptop Mac membutuhkan harddisk dengan format HSF+ sedangkan Windows butuh harrdisk dengan format FAT dan NTFS.

 

Hiburan Apa Yang Sesuaicara memilih harddisk untuk PC dan Laptop

Nah, cara memilih harddisk untuk PC dan Laptop adalah menentukan jenis hiburan yang biasa Agan akses. Hiburan ini jadi penting Gan buat ngurangin stress akibat terlalu sering bekerja dengan PC atau Laptop Agan.

Kalau Agan lebih suka nonton dan download video, lebih baik pilih harddisk dengan kapasitas minimal 1 TB Gan. Tapi kalau Agan lebih suka main game online ataupun offline, lebih baik pilih harddisk dengan tipe SSD gan. Tipe ini punya kecepatan transfer data yang paling baik dibandingkan jenis lainnya. Cuma harganya masih mahal Gan.

 

Perhatikan Kode Cara memilih harddisk untuk PC dan Laptop

Cara memilih harddisk untuk PC dan Laptop selanjutnya adalah perhatikan kode yang tertera pada harddisk. Biasanya mudah dikenali Gan. Tapi kalau Agan pilih harddisk dengan merk Western Digital, kodenya diberikan berupa warna.

Ada 5 warna yang dikenalkan dan punya karakteristik sendiri. Ada 3 jenis yang biasa dipakai untuk PC dan Laptop Gan.

WD Blue adalah jenis yang paling seri dipakai orang Gan karena punya keseimbangan di performanya. Sedangkan WD Green adalah harddisk ramah lingkungan Gan, karena lebih hemat energi dan nggak berisik serta nggak banyak menghasilkan panas. Terakhir ada WD Black yang punya performa paling tinggi, biasanya dipakai oleh para desainer, programmer dan mereka yang suka ngegame.

 

Nah, itu sedikit bocoran tentang cara memilih harddisk untuk PC dan Laptop buat Agan. Intinya sih, kenalin kebutuhan yang sesuai sama Agan. Kalau beli terlalu kecil nantinya bakal rugi, sama halnya kalao beli harddisk dengan kapasitas besar. Banyak yang nggak kepakai akhirnya malah sia-sia.