Home News Perbandingan Gojek dan Grab di Indonesia Part II

Perbandingan Gojek dan Grab di Indonesia Part II

1395
0
SHARE

belihape.id – Ngomongin perbandingan Gojek dan Grab emang nggak bakalan ada ujungnya Gan. Nah, di part I, kita udah bahas perbandingan tarif dan layanan Gojek dan Grab. Sekarang Ane mau ngajak Agan untuk bahas tentang fitur aplikasinya, promo dan insentif yang diterima para driver kedua aplikasi ini Gan. Yuk, langsung aja ke pembahasan!

 

Perbandingan Gojek dan Grab – Fitur

Fitur Gojek

perbandingan Gojek dan Grab

Aplikasi Gojek belum lama ini update Gan. Nah, di update terbarunya, tampilan aplikasi ini jadi lebih segar dan simpel. Sebelumnya, semua pilihan layanan akan ditampilin di halaman awal, tapi sekarang engga. Agan bisa pilih layanan yang paling sering Agan pake untuk ditampilkan di halaman awal.

Nah, yang paling menarik sebenarnya adalah menu Go-Pay nya Gan. Seperti yang udah diketahui, Go-Pay merupakan uang elektronik yang bisa Agan pakai untuk membayar layanan dari Gojek Gan. Di aplikasinya, Agan dikasih kemudahan banget untuk top up saldo Go-Pay Agan. Agan bisa melakukannya via transfer bank, beli di Alfamart atau beli langsung dari drivernya Gan. Enak ya.

Secara keseluruhan, fitur di aplikasi Gojek udah oke banget Gan. Sayangnya, ketika Agan udah dapet driver, komunikasi tetap harus dilakukan dengan SMS atau telepon Gan. Nggak ada kolo chat yang bisa Agan pake untuk berkomunikasi dengan driver di aplikasinya. Sayang banget ya!

 

Fitur Grab

Sejujurnya Gan, aplikasi Grab ini lebih gampang dimengerti ketimbang pesaingnya. To the point banget Gan. Begitu buka aplikasi, Agan langsung dibawa ke halaman pemesanan kendaraan Gan. Jadi nggak perlu banyak pilih sana pilih sini. Terus pilihan kendaraan akan ditentukan setelah Agan menetapkan tujuan.

Seperti halnya di Gojek, aplikasi Grab akan nampilin berapa biaya yang harus Agan keluarkan di akhir perjalanan, termasuk rating driver, nomor polisi kendaraan dan foto sang driver Gan. Di akhir perjalanan, Agan bisa memberi rating dan komentar kepada driver yang bersangkutan. Tapi, kalau kasih komentar yang bener ya Gan! He…he…he….

Enaknya, Agan nggak perlu keluar pulsa untuk menghubungi driver. Ada fitur chat dan telepon yang bisa dimanfaatkan Gan. Dan enaknya, fitur chat ini nggak akan membebani memori Agan. pasalnya, begitu orderan selesai, riwayat percakapan Agan dan sang driver akan dihapus. Mantap!

 

Perbandingan Gojek dan Grab – Promo

Nggak dipungkiri, keberadaan promo memang sangat menggiurkan ya Gan. Gimana engga, dengan harga transport yang udah terjangkau, Agan masih bisa ngrit lagi Gan. Terus gimana skema promo yang ada di Gojek dan Grab? Mau tahu? Lanjut Gan!

Promo Gojek

perbandingan Gojek dan Grab

Ada banyak promo yang ditawarkan Gojek Gan. Mulai dari potongan harga Go-Ride dan Go-Car hingga voucher diskon untuk Go-Food Gan. Agan hanya perlu memasukkan kode promonya aja Gan.

Nah, begini caranya: untuk layanan transportasi, Agan harus memesan dulu layanannya. Ketika sudah dipastikan akan memesan jasa transport, akan muncul pop up menu Gan. Di situ akan diberitahu kalau sedang ada promo dengan kode tertentu. Masukkan kodenya Gan. Potongan harga udah di tangan deh pasti.

Sementara untuk Go-Food, di menu Go-Food sendiri akan muncul pemberitahuan soal promo dan voucher yang berlaku Gan. Agan bisa pilih mau pakai yang mana.

Sebenarnya terserah Agan mau pakai promo apa engga. Gojek sendiri memberikan kebebasan ke pelanggannya Gan. Kalau nggak mau pakai promo, ya nggak usah masukin kode promonya. Tapi kalau mau pakai pun nggak masalah juga sih Gan. Gojek juga nggak kejam-kejam amat ke drivernya. Biasanya promo potongan harga punya limit maksimal di kisaran harga tertentu Gan. Misalnya gini, ada promo potongan harga 30% untuk Go-Ride, dengan jumlah maksimal Rp7.500. Perjalanan Agan sendiri ternyata makan biaya Rp20.000. Harusnya Agan akan daper diskon sebanyak Rp6.000, tapi berhubung maksimal diskon cuma sampai Rp5.000, jadi Agan hanya dapat potongan sejumlah itu Gan. Kebayang nggak Gan?

 

Promo Grab

perbandingan Gojek dan Grab

Skema promo yang diterapkan Grab boleh dibilang selektif banget Gan. Memang ada banyak promo yang ditawarkan, tapi yang bisa menikmatinya hanya orang yang dapat notifikasi promo tersebut Gan. Misalnya gini, Agan dapat notifikasi kode promo GRABDISKON. Promo ini akan ngasih potongan harga 70% untuk layanan GrabBike di luar jam sibuk. Nah, di sisi lain, temen Agan nggak dapat notifikasinya. Temen Agan nggak akan bisa memakai kode promo itu di aplikasinya Gan, sekalipun dia tahu kode promo yang sedang berjalan.

Sama halnya dengan Gojek, Agan bebas mau pakai promo atau nggak. Keputusan final ada di tangan Agan!

 

Perbandingan Gojek dan Grab – Insentif

Insentif jadi salah satu bonus yang diharapkan banget sama para driver angkutan online Gan. Pasalnya keberadaan insentif ini bisa mendongkrak penghasilan Gan. Nah, masing-masing aplikasi punya caranya tersendiri untuk ngasih reward ke driver mereka.

Insentif Gojek

Insentif yang diberlakukan Gojek, baik itu Go-Ride atau Go-car, adalah dengan sistem poin Gan. Para driver akan ngedapetin poin ini melalui orderan yang udah mereka selesaikan Gan. Tiap layanan punya poin yang berbeda. Misalnya, untuk pengangkutan regular, driver akan dapet 1 poin, sementara untuk pengangkutan pada jam sibuk di daerah tertentu, driver bisa dapet 2 poin lho Gan. Sedangkan poin poin paling besar ada di Go-Food Gan. Satu orderan bisa dapet 3 poin. Nah, jumlah poin inilah yang akan dikonversi jadi bonus dengan jumlah tertentu Gan. Maksimal poin yang bisa didapatkan driver dalam satu hari adalah 30 poin Gan, dengan total bonus Rp200.000.

Jumlah poin inilah yang memacu para driver Gojek untuk mencapai target tertentu Gan. Lumayan kan bonus harian! Nah, berapa bonus yang diterima para driver ya? Lihat tabel di bawah ini Gan.

Insentif Go-Ride
12 poin Rp10.000
16 poin Rp30.000
20 poin Rp40.000
24 poin Rp50.000
30 poin Rp70.000

 

Gimana dengan Go-Car? Prinsipnya sama Gan, cuma besaran bonusnya yang berbeda. Maksimal poin yang bisa dikumpulkan seorang driver Go-Car dalam sehari adalah 17 poin dengan total bonus Rp400.000. Berikut ini hitungannya:

Insentif Go-Car
8 poin Rp70.000
13 poin Rp110.000
17 poin Rp220.000

 

Insentif Grab

Skema insentif yang diberlakukan Grab agak rumit Gan. Pasalnya ada opsi merah dan putih untuk driver GrabBike dan ada bonus per jam untuk driver GrabCar. Dari pada pusing, khusus untuk GrabBike Ane cuma bahas opsi putih Gan. Nah, opsi putih ini untuk driver yang daerah operasinya fleksibel Gan, bisa di mana aja.

Khusus untuk GrabBike, Grab memberikan 2 jenis insentif, yakni Bonus harian dan Jaminan Argo. Bonus harian akan didapatkan driver kalau berhasil menyelesaikan jumlah trip tertentu Gan. Sedangkan jaminan argo adalah jaminan harga yang didapatkan driver saat narik di jam-jam tertentu. Nah, skema ini nggak berlaku buat konsumen tapi Gan. Jadi seandainya driver dapat jaminan argo Rp16.000, Agan yang konsumen akan tetap pakai skema tarif yang udah kita bahas di part I. Nah, selisihnya ini akan masuk ke dompet tunai sang driver. Lihat tabel berikut ini Gan:

 

Jaminan Argo GrabBike
Senin – Jumat Non Sibuk Rp12.000
Sibuk Rp16.000
Super Sibuk Pagi Rp19.000
Super Sibuk Sore Rp23.000
Sabtu – Minggu Non Sibuk Rp12.000
Sibuk Rp16.000

 

Bonus Harian GrabBike
Senin – Jumat 8 Rp9.000
10 Rp20.000
12 Rp35.000
15 Rp50.000
20 Rp90.000
Sabtu – Minggu 8 Rp5.000
10 Rp10.000
12 Rp20.000
15 Rp30.000
20 Rp45.000

*catatan nih Gan, driver bisa dapet bonus harian dengan syarat: penerimaan 60%, pembatalan <10% dan rating minimal 4,3 Gan!

Nah, kalau GrabCar agak sedikit berbeda Gan. Ada target mingguan yang harus didapatkan driver untuk bisa dapetin bonus mingguan Gan. Nggak tanggung-tanggung, target mingguan yang harus dicapai adalah Rp2.500.000. Kalau tercapai, driver GrabCar bakal dapet bonus Rp1.160.000 Gan.

Di samping itu, Grab juga memberlakukan bonus perjam lho untuk GrabCar Gan. Di jam tertentu, kalau driver berhasil melakukan trip dengan jumlah tertentu, ada reward-nya Gan. Lihat tabel di bawah ini:

Bonus Perjam GrabBike
Senin – Kamis 1 Trip 2 Trip 3 Trip 4 Trip 5 Trip 6 Trip atau lebih
05.00 – 08.59 29rb/jam 41rb/jam 49rb/jam
16.00 – 20.00 0 34rb/jam 42rb/jam 50rb/jam
Jumat 1 Trip 2 Trip 3 Trip 4 Trip 5 Trip 6 Trip atau lebih
05.00 – 08.59 31rb/jam 42rb/jam 52rb/jam
16.00 – 20.00 0 38rb/jam 47rb/jam 54rb/jam
Sabtu – Minggu 1 Trip 2 Trip 3 Trip 4 Trip 5 Trip 6 Trip atau lebih
06.00 – 11.00 0 57rb/jam 64rb/jam 73rb/jam
11.01 – 17.00 0 0 60rb/jam 67rb/jam 75rb/jam
17.01 – 22.00 0 46rb/jam 547rb/jam 63rb/jam

 

Nah, selesai lah sudah sekelumit perbadingan Gojek dan Grab Gan. Ditimbang-timbang sebenarnya dari sisi konsumen kedua aplikasi ini ternyata nggak jauh berbeda ya Gan. Sama-sama menawarkan jasa transportasi online yang mudah banget cara pesannya. Selain itu, harganya juga nggak terlalu beda jauh kok Gan.