Home Apps Perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9, Bagusan Mana Ya Gan?

Perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9, Bagusan Mana Ya Gan?

3323
0
SHARE

belihape.id – Oppo dan Vivo, dua vendor asal Tiongkok ini nggak pernah habis bikin sensasi ya Gan. Persaingan keduanya untuk ngerebut pelanggan terutama di Indonesia berlangsung sengit bangetGan. Malahan baru-baru ini, masing-masing punya produk baru Gan, Oppo dengan seri F7 dan Vivo lewat seri V9 Gan. Nah, perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9 ini menarik banget Gan buat kita kulik. Pasalnya, keduanya punya harga yang ga terlalu jauh bedanya. Selain itu, pada dasarnya persaingan antar dua vendor ini emang udah semestinya terjadi karena punya pangsa pasar yang sama.

Nah, mending kita bahas satu-satu perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9 ini Gan. Mulai dari layar, mesinnya, kamera, baterai sampai ke fitur-fitur lain dan desain luarnya. Langsung aja Gan!

 

Layar

perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9

Perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9 yang pertama adalah dimensi layarnya Gan. Keduanya sama-sama mengadopsi layar ratio 19:9 alias layar fullscreen yang memiliki ‘poni’. Sementara layar Oppo F7 punya ukuran 6,28 inci dan Vivo V9 punya layar 6,3 inci. Kalau dilihat sekilas, nggak akan kelihatan beda besaran layarnya Gan. Keduanya juga sama-sama punya resolusi Full HD+ (2280 x 1080p).

Dari sektor proteksi layar, Oppo F7 dibekali proteksi Corning Gorilla Glass 5 Gan. Sementara proteksi layar Vivo V9 masih pakai Corning Gorilla Glass generasi ke-4. Kalau dari proteksinya sih, lebih unggul Oppo F7 Gan. Pun juga dengan tipe layarnya Gan. Oppo mengadopsi layar tipe LTPS IPS LCD sementara Vivo punya layar IPS LCD. Bedanya, sesuai namanya LTPS (Low Temperature PoliSilicon) diklaim lebih hemat biaya dan energi ketimbang layar IPS biasa. Bisa jadi ini berhubungan sama prosesor yang dipakai Gan. Tapi dari sektor tipe layar dan proteksi, Oppo menang satu langkah Gan!

 

Mesin

perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9

Ngomongin soal mesin, berarti juga ngomongin ‘otak’ dari kedua hp ini Gan. Perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9 di sektor ini sangat bertolak belakang Gan. Oppo menyematkan chipset Mediatek Helio P60 sementara Vivo melabuhkan pilihannya ke Qualcomm MSM8953-Pro Snapdragon 626. Helio P60 dikatakan udah dibekali dengan ftur AI lho Gan. Namun, secara umum, kalau Agan mementingkan fungsi multimedia dan main game, jelas Vivo V9 lebih unggul Gan. Pasalnya, chipset bikinan Qualcomm unggul banget buat nge-render grafik di game dan multimedia, dan tidak cepat panas ketika dipakai ngegame ketimbang prosesor Mediatek. Tapi prosesor Snapdragon 626 ini bikinan tahun 2016 Gan, sementara chipset Oppo merupakan produk anyar Mediatek yang baru diperkenalkan tahun ini.

Dari segi prosesornya, keduanya udah mengadopsi prosesor 8-inti Gan. Prosesor Oppo berjalan pada kecepatan 2,0 GHz, sementara prosesor Vivo berjalan pada kecepatan 2,2 GHz, khas Qualcomm yang punya clock speed tinggi Gan. Sejauh ini, prosesor Vivo V9 bisa dibilang lebih unggul ketimbang punya Oppo F7 Gan. Untuk kebutuhan ngegame dan multimedia, Vivo V9 bisa jadi pilihan yang pas banget.

Gimana dengan memorinya? Vivo sepertinya nggak mau ribet dengan bikin banyak versi memori, cukup RAM 4 GB dan memori internal 64 GB serta slot kartu memori yang kuat sampai 256 GB. Sementara Oppo ngasih dua pilihan RAM 6 GB dengan memori internal 128 GB dan RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Keduanya punya slot kartu memori sampai 256 GB.

 

Kameraperbandingan Oppo F7 dan Vivo V9

Nah, kalau sektor satu ini emang menarik banget buat dibahas. Perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9 di sektor ini sengit banget Gan. Keduanya punya keunggulan masing-masing.

Oppo punya kamera belakang 16 MP f/1.8 dan kamera depan 25 MP f/2.0 Gan. Meski cuma punya kamera belakang 16 MP tapi secara teori bukaan f/1.8 bikin Oppo F7 unggul di kondisi low light Gan. Ada mode manual juga di menu kameranya kalau Agan kurang puas sama mode otomatisnya. Sementara urusan selfie masih jadi gacoan Oppo Gan. Kamera 25 MP bisa bikin foto selfie yang oke banget. Nah, Oppo juga punya fitur AI Beauty 2.0 Gan. Fitur ini bisa mengenali lebih dari 200 titik wajah dan mendukung AR stiker Gan.

Vivo sendiri punya dua kamera belakang 16 MP + 5 MP f/2.0 dan kamera depan 24 MP f/2.0. Kombinasi kamera belakang 16 MP + 5 MP bisa bikin foto bokeh yang kece banget Gan. Sayangnya, bukaan f/2.0 ini kurang oke kalau untuk motret di kondisi low light Gan. Untungnya di mode pro Agan bisa ngatur berapa besar bukaan yang pengen Agan pake. Dan lagi, ada dual tone LED Flash biar hasil jepretan Agan bisa punya warna yang lebih natural Gan. Kamera belakangnya juga sanggup bikin video dengan kualitas 4K Gan. Tapi harap ingat, makin bagus kualitas videonya, makin makan memori ya Gan! Sama halnya dengan Oppo, kamera depan Vivo V9 juga bisa bikin selfie yang oke banget Gan. Ada fitur AR Stickernya juga dan mampu mengenali titik wajah, usia sampai ke gender!

Sayangnya, kedua hp ini belum punya stabilizer Gan. Jadi saat motret atau ngambil video, goncangan sedikit aja akan bikin hasil foto atau video jadi blur.

 

Baterai

perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9

Daya tahan baterai merupakan salah satu aspek penting Gan. Nah, perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9 di sektor ini sebenarnya cukup seimbang secara teori. Oppo F7 punya baterai 3400 mAh sementara Vivo punya baterai 3260 mAh. Meski punya baterai lebih kecil, Vivo ngakalin lewat chipsetnya yang terkenal irit energi Gan.

 

Fitur Lain

perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9

Secara umum, perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9 pada fitur lainnya nggak jauh beda kok. Keduanya udah support sensor sidik jari dan pemindai wajah. Yang pasti koneksi Bluetooth, Wifi, GPS, USB OTG dan jack 3,5 mm ada di kedua hp ini Gan.

Keunggulan Vivo V9 adalah keberadaan sensor gyro. Adanya sensor ini memungkinkan Agan untuk pake hp ini di perangkat VR Gan. Hal ini yang nggak dimiliki Oppo F7.

 

Kesimpulan

Dengan harga nggak terpaut jauh, perbandingan Oppo F7 dan Vivo V9 juga punya perbedaan yang nggak terlalu jauh Gan. Keduanya punya keunggulan dan kekurangan masing-masing. Kalau dari segi chipset, keberadaan Snapdragon cukup menguntungkan buat Vivo meskipun itu bikinan tahun 2016. Tapi dari segi kamera, secara teori masih unggul Oppo F7 baik kamera belakang maupun kamera depan. Tapi soal daya tahan baterai, lagi-lagi Snapdragon yang disematkan Vivo bikin baterai hp ini bisa lebih awet ketimbang pesaingnya.

Jadi, mau pilih yang mana Gan?