Home News Rahasia Dibalik Ketangguhan Kamera Google Pixel Terkuak

Rahasia Dibalik Ketangguhan Kamera Google Pixel Terkuak

315
0
SHARE

belihape – Ane yakin, bagi Agan yang sudah menggunakan Google Pixel, pasti akan setuju jika menu kamera di hp tersebut, menjadi salah satu yang tebaik di perangkat mobile.

Ketangguhan Google Pixel dalam mengabadikan foto, membuat banyak pihak penasaran dengan teknologi kamera yang diusung hp tersebut. Nah, kalau Agan menjadi salah satu yang penasaran dengan ketangguhan kamera di Google Pixel, semua rahasia tersebut terjawab nih Gan.

Pihak Google akhirnya mau membocorkan rahasia, dibalik performa kamera Google Pixel yang ciamik.

Seperti dikutip The Verge, salah satu kunci utama dalam fitur kamera Google Pixel adalah, teknologi kecerdasan buatan (AI). Kini, Google membongkar rahasia AI tersebut dan bisa dipakai oleh siapa pun.

Baru-baru ini Google memasukkan sesuatu yang bernama DeepLab-v3+ ke dalam daftar kode open source mereka. Menurut Google, DeepLab-v3+ ini adalah kode yang dibutuhkan untuk menghasilkan foto dengan efek serupa di Google Pixel.

DeepLab-v3+ sendiri, adalah alat segmentasi gambar yang dibuat menggunakan teknologi bernama convolutional neural network. Yaitu sebuah metode machine learning yang bisa menganalisa data visual.

Segmentasi gambar ini bekerja dengan menganalisa objek yang ada dalam sebuah gambar, lalu memilahnya antara elemen foreground dan background. Data-data ini kemudian bisa dipakai untuk menciptakan foto dengan efek bokeh.

Menurut engineer software Google bernama Liang-Chieh Chen dan Yukun Zhu, segmentasi gambar berkembang dengan sangat pesat, ditambah lagi dengan boomingnya penggunaan deep-learning machine. Alhasil kini levelnya sudah mencapai tingkat yang sulit dibayangkan lima tahun lalu.