Home Review Mengulik Realme Buds Air 3 : Kata Siapa TWS Itu Suaranya Sember?!

Mengulik Realme Buds Air 3 : Kata Siapa TWS Itu Suaranya Sember?!

192
SHARE

belihape.id – Di persaingan segmen TWS yang makin ketat, Realme terus ningkatin standar yang lebih baik dari pendahulunya dengan merilis Realme Buds Air 3. Fitur yang belom terlihat sebelumnya kayak fitur active noise cancelling (ANC), kontrol yang bisa disesuain dan beberapa profil suara disematkan.

Tak cuma itu Gan, kualitas suara juga naik kelas sehingga output suara yang disemburkan juga jauh dari kata sember. Semuanya ini bisa di dapetin dengan harga Rp699.000, Gan. Dan emang nggak bisa dipungkiri kalo sepasang earphone ini masih sulit dikalahkan di segmennya.

realme buds air 3

Harga menarik ada di sini :

Menariknya, kualitas TWS Realme baru ini diklaim kalo cadangan baterai yang lebih baik dan juga memiliki peredam kebisingan 42db dari 25db. Hmm, menurut Agan apakah ini earphone TWS terbaik di bawah 700an ribu ke bawah? Kuy, langsung ikut Ane buat ngulik earphone ini.

Kulak-Kulik Realme Buds Air 3

Desain dan Kenyamanan

Hadirkan varian Starry Blue, Galaxy White, dan Nitro Blue yang terkesan elegan. Walapun bodinya mungil, Realme Buds Air 3 ini ditopang baterai 546mAh, kapasitas lebih tinggi yang diklaim bisa bertahan sampe 30 jam pemutaran penuh. Selain itu, produk ini punya fitur LED indikator daya kecil di bagian depan, tombol pemasangan bluetooth di sampingnya, dan port pengisian USB-C di bagian bawah.

realme buds air 3

Miliki berat cuma 37,2 gram, sedangkan masing-masing kuncupnya punya berat sekitar 4,2 gram. Adanya fitur peringkat IPx5 untuk ketahanan terhadap percikan. Jadi buat Agan gak perlu khawatir lagi kalo lagi pengen make pas gym atau jogging, karena tahan terhadap keringat. Earbuds nya juga pas dan nyaman buat dipake selama berjam-jam.

Fitur dan Spesifikasi

Sematkan chip Realme R3 baru, yang diklaim lebih hemat daya dan lebih bagus dalam peredam bising. Setiap earbud juga punya driver Liquid Crystal Polymer 10 mm dan beberapa mikrofon buat telepon dan mengurangi kebisingan.

Selain itu juga ada sensor pendeteksi yang bisa menjeda audio pas Agan pengen lepas bud dari telinga dan lanjut saat dipasang lagi. Dan ini emang berfungsi, Gan. Keren yakk.

Agan juga bakal denger bunyi bip tiap kali Agan mengetuk zona yang diaktifkan sentuhan. Sensor sentuhan juga bekerja dengan baik, dengan pengecualian sesekali menjadi ketukan tiga kali. Mengetuk tiga kali bisa gagal karena diketuk terlalu cepet. Nah, untuk itu dihadirkan aplikasi Realme Link (tersedia di Android dan iOS keduanya) yang memungkinkan Agan, buat mengkonfigurasi kontrol.

Realme Buds Air 3 ini juga kompatibel dengan Bluetooth 5.2 dan mendukung codec AAC dan SBC. Didukung juga Dolby Atmos kalo perangkat sumbernya sesuai dengan Atmos. Agan bisa dapetin tiga mode ANC, yaitu ANC aktif, mode normal, dan Transparansi yang memungkinkan masuknya suara.

Performa

Fitur ANC yang tersemat di earbuds ini secara nyata bisa mengurangi suara frekuensi rendah, kayak dengungan AC atau deru kipas di dalam ruangan. Dan juga bisa mengurangi kebisingan lalu lintas dan beberapa orang yang sedang ngobrol di transportasi umum atau di tempat kerja.

Untuk mode Transparansi, ini akan membuat suara di luar masuk ke telinga Agan, jadi gak perlu lepas earbuds walaupun lagi mau ngobrol sama orang sekitar. Segi kualitas suara, Buds Air 2 miliki suara yang cukup seimbang, sedangkan Realme Buds Air 3 sedikit meningkatkan nada rendah dengan bass yang lebih menonjol. Seperti biasa, aplikasi Realme Link tawarkan tiga profil suara, kayak seimbang, Bass Boost+, dan cerah.

Kualitas Panggilan

Dari sisi ini kualitas panggilan Buds Air 3 cukup baik, tapi gak bisa dibilang juga sebagai peningkatan dari Buds Air 2. Batang yang lebih pendek di sini cuma nambahin sedikit jarak doang, antara mikrofon ama mulut Agan. Penekan kebisingan angin biasanya bekerja dengan baik, tapi gak sempurna Gan. Kadang tuh, Agan perlu nyesuaiin arah batang buat motong suara anginnya.

Dan kuncup-kuncupnya berhasil untuk mengendalikan kebisingan sekitar dengan cukup baik. Peningkatan lainnya ada dukungan multipoint atau dual pairing. Realme Buds Air 3 ini bisa terhubung ke dua perangkat secara bersamaan dengan baik.

Daya Tahan Baterai

Realme mengklaim 22 jam pemutaran dengan ANC aktif dan sampe 30 jam dengan ANC nonaktif untuk bud dan case digabungin. Dan diuji, dengan ANC diaktifin tiap saat dan kenyaringan 60%, yang bertahan hampir empat setengah jam. Kalo ANC dimatiin, bisa bertahan hampir 6 jam. Kasing bisa mengisi ulang kuncup tiga kali lebih banyak, mengambil cadangan baterai keseluruhan sekitar 18 sampe 25 jam, tergantung saat pemakaian ANC diaktifin.

Ini mungkin gak sesuai sama apa yang diklaim, tapi cadangan baterai sangat memuaskan lah yak Gan, untuk segmen ini. Realme Buds Air 3 ini juga dilengkapi dengan fast charging. Untuk mengisi daya penuh sampe 100% diperlukan sekitar satu jam. Sementara, kasing butuh waktu lebih dari 90 menit. Persentase baterai setiap earbud dan kasing pengisi daya bisa diliat di aplikasi pendampingnya.

Harga Realme Buds Air 3

Buds Air 3 ini bisa Agan beli dengan harga seperti yang disinggung di atas, yakni Rp699.000 dengan garansi satu tahun. Harganya emang lebih mahal ketimbang Buds Air 2, tapi sepadan lah Gan, ama kualitas suara yang lebih alus, cadangan baterai yang lebih baik, dan terpenting dari fitur ANC terdepan di kategorinya. Pesaing utama dari Realme Buds ini adalah OnePlus Buds Z2 yang punya fitur serupa.

realme buds air 3

Untuk kualitas suara dan daya tahan baterai emang sedikit lebih bagus sih, Gan. Kalo Agan cari fitur yang kayak gini mungkin bisa mempertimbangkan Soundcore Liberty 2 dan Lypertek Levi. Tapi, kalo Agan cari yang kaya fitur dengan ANC terbaik, Realme Buds Air 3 ini bisa jadi pilihannya Agan.