Home Review Review Infinix Hot 12i : Modal 1,5 Juta, Udah Dapet Virtual RAM...

Review Infinix Hot 12i : Modal 1,5 Juta, Udah Dapet Virtual RAM 3GB dan Multimedia Juara

299
SHARE

belihape.id – Jagoan hp murah nan powerful muncul lagi dengan gebrakan yang inovatif. Menyasar kalangan entry level, Agan yang punya kocek terbatas bisa senyum karena tulisan Ane soal review Infinix Hot 12i dateng memberi pencerahan. Yup, hp 1,5 juta perak ini hadir dengan fitur kompetitif yang menarik.

Sejatinya, hp infinix Hot 12i merupakan solusi buat Agan yang menginginkan hp dengan multimedia lengkap dengan suguhan kamera 13 MP dan kemampuan RAM virtual tambahan 3GB. Jadi, dengan beragam keandalannya hp Infinix terbaru ini potensial menjadi salah satu jawara di kelas sejutaan.

Meski, pada kenyataannya persaingan di entry level juga nggak mudah Gan. Karena ada brand lain yang juga punya harga begitu murah. Namun dengan fitur yang nggak kalah kelas, hp Infinix hot 12i berani diadu.

review infinix hot 12i

Harga menggoda bisa intip di sini Gan :

ParameterSpesifikasi
OS VersionAndroid 11
Ukuran Layar6,6 inch
Screen Resolution720 x 1612 piksel
Detail ProsesorHelio A22 (12nm)
Jumlah CoreQuad Core
Kecepatan CPU2,0 GHz Cortex-A53
GPUPowerVR GE8320
RAM4GB
Memori Internal64GB
Resolusi Kamera13 MP
Resolusi Kamera Utama LainnyaQVGA
Resolusi Kamera Depan 18 MP
USBmicroUSB 2.0
Kapasitas Baterai5000mAh

Desain

Di review Infinix Hot 12i kali ini, Ane menyusuri bagian desain dulu neh Gan. Yup, setelah dicermati, desain bagian depannya cukup kelihatan menarik dengan kamera punch hole beresolusi 8MP yang berada di posisi tengah. Bentang layar yang adopsi juga cukup lega, yakni 6,6 inch.

Sementara untuk teknologi layarnya, Infinix Hot 12i menggunakan layar IPS LCD dengan ketajaman cukup baik. Hal kayak gini bisa dimaklumi, karena hp dengan banderol sejutaan juga reratanya juga memiliki level layar khas segmen kelas bawah.  

Lain cerita di bagian belakang, Agan bisa menemukan 3 buah kamera yang tersemat. Semuanya berbaris rapi dengan kamera 13 MP, dua kamera QVGA, dan LED flash. Nggak cuma itu Gan, ternyata ada juga pemindai sidik jari yang memang sengaja ditaruh di bagian punggung. Cukup responsif dan bisa menjadi akses security yang diandalkan Gan.

Pindah ke bagian tepi kanan, terdapat tombol volume dan power. Sedangkan di bagian tepi kiri ada kompartemen SIM card yang bisa Agan gunakan untuk dual nano SIM dan sebuah MicroSD sebagai penambah kapasitas penyimpanan.

Sementara di tepi bawah, terdapat jack audio 35 mm, port charger micro USB, dan lubang speaker untuk menyemburkan suara saat Agan memutar musik.

Oiya, hampir kelewat Gan, pada bagian belakang sudah ada case plastik yang terdapat di paket penjualan yang bisa memproteksi back cover yang memiliki tekstur seperti guratan garis vertikal.

Layar

Kalau di atas sempet disinggung soal layar, nah di sini Ane mau negesin di review Infinix Hot 12i ini kalau responsivitas layar Infinix Hot 12i  juga cepet Gan. Jadi, saat ane melakukan pergeseran itu jelajah menu juga cukup nyaman.

Oh iya, gan untuk bagian kamera depan layar juga terdapat fitur face recognition.  Sehingga Agan bisa membuka layar HP hanya dengan identitas wajah. Responnya juga lumayan cepat, hanya beberapa detik.

Menariknya lagi Gan, pada paket penjualan layar ini juga sudah terproteksi oleh screen guard. Otomatis, Agan nggak perlu lagi nih untuk beli lapisan layar pelindung kaca.

Kamera

Sekarang Ane mau ajak Agan eksplore bagian kameranya ketika review Infinix Hot 12i ini Gan. Mulai dari kamera utama yang ada di sisi belakang sampe ke kamera selfie di depan. Biar Agan yang penasaran sama jepretan kameranya bisa dapet pencerahan neh.

Oke, Ane mulai di kamera utama. Dengan resolusi 13MP yang diadopsi, kualitas memotret dalam kondisi siang hari di cuaca cerah ketajaman dan saturasi warnanya cukup apik. Kesan natural masih bisa terlihat di hasil fotonya. Ane membuktikannya saat menjepret di kondisi luar ruang saat matahari cukup cerah. Hasilnya, pun tergolong baik dan minim noise.

Lain halnya kalau Agan motret di kondisi low light malam hari. Hasil jepretan terlihat tak setajam ketika harus dibandingkan dengan siang hari. Muncul beberapa noise yang tampak sehingga menurunkan kualitas hasil foto.

Pun, hasil yang sama ketika Agan memotret dengan kamera depan. Hasil foto dengan guyuran cahaya yang memadai bisa membuat foto menjadi lebih baik. Sedangkan dengan kondisi minim cahaya sebaiknya dihindari karena hasilnya kurang optimal.

Kesimpulan Ane neh Gan menyoal kamera di review Infinix Hot 12i ini, sensor yang terdapat di Infinix Hot 12i sejatinya bisa menghasilkan kualitas gambar lebih prima jika objek yang akan dijepret ada di kondisi cahaya yang memadai. Dan bila Agan terpaksa harus memotret di malam hari bantu dengan LED flash dan cahaya tambahan agar hasilnya bisa lebih baik.

Performa

review infinix hot 12i

Ngomongin performa hp sejutaan Infinix hot 12i ini punya dapur pacu MediaTek helio A22. Chipset yang diperuntukkan untuk kelas terjangkau ini tentunya memiliki beberapa keunggulan sesuai segmennya.

Hal ini bisa Ane rasain ketika bermain beberapa game dan ber-multitasking. Chipset ini cukup bisa mengakomodir beberapa aktivitas sekaligus tanpa munculnya lag yang datang secara berkala ketika mencoba beberapa aplikasi.

Ane nyobain main game PUBG Mobile dan beberapa game lainnya sambil membuka aplikasi lain di latar belakang. Walhasil, hp Infinix Hot12i tetep bisa lancar jaya tanpa kendala suatu apapun. Hanya saja, dengan berbekal hardware yang dipunya keterbatasan grafis juga akan dialami.

review infinix hot 12i

Digunakan untuk bermultimedia, kualitas speaker yang keluar dari speaker-nya juga lantang. Menariknya, meski keras, suara yang didendangkan juga jauh dari kata sember. Meskipun suara dinaikkan hingga ke volume maksimal. Sedangkan di aspek visual layar dengan resolusi 720×1612 piksel juga bisa memanjakan mata.

RAM virtual tambahan

Fitur RAM virtual ini menjadi salah satu yang menyita perhatian Ane neh Gan. Alasannya sederhana banget, karena memang nggak gampang nemuin hp sejutaan yang punya fitur ini. Nah, diferensiasi ini yang memang kayaknya ane juga bakal jajal.

Sebelom dijajal, Ane ada sedikit pencerahan neh. Kalo Agan bingung buat apa RAM virtual itu disematkan, tujuannya begini neh. Tujuan utama kenapa RAM virtual ada yakni untuk membuat manajemen memori pastinya menjadi lebih baik.

review infinix hot 12i

Sebab, semakin ke sini aplikasi dan gim memiliki ukuran yang gede beeut. Nah, dengan RAM virtual hp bisa semakin banyak dibuka karena secara kapasitas memori memadai. Otomatis, ketika Agan berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain bisa semakin mudah.

Balik lagi ke Infinix Hot 12i, hp sejutaan ini sudah mengadopsi RAM virtual di fitur MemFusion. Agan tinggal mengaktifkannya dengan mudah lewat menu Pengaturan>Penyimpanan>MemFusion. Memori RAM yang tadinya 4GB akan menjadi 7GB dengan tambahan RAM virtual 3GB.

Baterai

Urusan baterai emang penting banget Gan, karena di HP entry level senjata utama yang bisa jadi nilai tambah tentunya adalah kekuatan dayanya. Karena kalau HP untuk melakukan beragam aktivitas harian secara terus-menerus, baterai akan menjadi fitur penting untuk menopangnya.

Dari hasil pengujian ane nih Gan, besar baterai 5000mah yang dimiliki infinix hot 12i itu lebih dari cukup untuk mengcover segala aktifitas yang Ane lakuin seharian. Jadi kalau misalnya Agan mau sosialmedia mau bermultimedia nonton YouTube netflix mau main game. Selama penggunaannnya wajar masih aman untuk dipakai sehari-hari.

Sayangnya ya Gan, port yang digunakann masih menggunakan micro USB. Sehingga, teknologinya masih membuat pengisian terasa lama dibandingkan dengan type-C. Untuk kebutuhan mengisi dari 0 sampai 100% aja sekitaran 3 jam HP baru bisa terisi penuh.

Cuma balik lagi nih Gan untuk harga segitu bisa dimaklumi, karena pada dasarnya HP ini udah cukup powerful dibandingkan para kompetitor lainnya di level kelas yang sama.

Kesimpulan

Dari hasil review Infinix Hot 12i , Hp ini mungkin cocok banget gitu buat Agan yang memiliki kocek terbatas karena selain harganya juga terjangkau, fitur yang dimiliki cukup kompetitif.

Keberadaan virtual RAM juga menjadi nilai tambah buat pembeda dibandingkan para competitor. Kemampuan bertahan selama seharian penuh dengan kapasitas 5000 mAh-nya juga sudah teruji.

Sedangkan untuk kualitas keamanan di fitur security nya juga mumpuni terdapat face recognition dan pemindai sidik jari di bagian punggung. Satu lagi nih Gan, buat multimedia juga nggak kala hoke, karena pengalaman yang digunakan bermain game maupun nonton video secara marathon tetep bisa diakomodir.

Oiya Gan buat preventif, kalo hp Agan amit-amit bermasalah, Agan bisa kunjungin Service Center Infinix terdekat di kota Agan. Jangan kuatir juga, karena layanannya juga sudah terbukti jempolan Gan.