Home Review Review Infinix HOT 20s : Jagoan Gaming Berbanderol Miring

Review Infinix HOT 20s : Jagoan Gaming Berbanderol Miring

93
SHARE

Belihape.id – Ane Kembali lagi nih gan, tentunya dengan review terbaru dari smartphone yang baru-baru ini diperkenalkan. Apalagi kalo bukan Infinix HOT 20s, smartphone yang telah diperkenalkan oleh Infinix pada 4 November kemarin di Jakarta.

Sejatinya, Infinix HOT 20s diperuntukan untuk pengalaman gaming yang memukau bagi para penggunanya. Meskipun, Infinix membandrol HOT 20s dengan harga Rp. 2.499.000. Tapi, jangan sekali-kali meremehkan kemampuan kinerja dari smartphone HOT 20s gan!

Dengan harga terbilang murah, bukan Infinix namanya jika tidak memberikan spesifikasi yang HOT pula. Infinix HOT 20s menyediakan spesifikasi dan fitur menarik. Tujuannya jelas, untuk memberikan rasa gaming dan multimedia yang oke bagi penggunanya.

Secara garis besar, Infinix HOT 20s dibekali dengan prosesor yang tergolong ngacir gan. Menggunakan prosesor dari Mediatek Helio G96 dan kapasitas RAM 8 GB + 5 GB. Sektor kameranya, mengandalkan kamera utama 50 MP dan refresh rate 120 Hz. Serta memiliki baterai 5.000 mAH, gokil gan!

Oke lah, tanpa perlu berlama-lama lagi ane mulai review Infinix HOT 20s. Buat rekomendasi agan-agan di luar sana, yang sedang mencari smartphone gaming dengan low budget.

Tampilan Desain Infinix HOT 20s Terkesan Elegan

Ane pertama kali melihat Infinix HOT 20s, kok elegan ya. Rasanya seperti bukan melihat smartphone kelas dua jutaan nih gan. HOT 20s memiliki ukuran dimensi body 168.7 x 76.8 x 8.5 mm (6.64 x 3.02 x 0.33 inch). Dengan berat total 202 gram, yang tentunya masih cukup enak untuk di genggaman tangan.

Untuk bagian depan, kita sudah disambut dengan notch yang berada di paling atas layar. Notch tersebut, berfungsi juga sebagai kamera selfie dan Face Recognition. Pada bagian belakang body, terlihat struktur triple kamera dengan tambahan LED flash di sisi kamera.

Lanjut bagian sisi kiri, terdapat tempat untuk dual SIM card dan memory tambahan. Sedangkan sisi kanannya, terdapat tombol volume up and down. Serta, di bawah tombol volume terdapat tombol power. Menariknya, tombol power juga merangkap sebagai tempat sensor fingerprint. Bagian bawah body terdapat lubang Jak Audio 3.5mm, USB type C dan Dual Stereo Speaker.

HOT 20s menggunakan bahan plastik untuk bagian body belakang dan frame-nya. Meskipun menggunakan bahan plastik, jika dilihat pun masih tetap elegan. Penggunaan material plastik di HOT 20s masih terbilang sangat wajar, mengingat harga dari smartphone tersebut.

Untuk varian warnanya, Infinix menyediakan 4 varian warna. Yaitu Sonic Black, Tempo Blue, Fantasy Purple dan Lightrider White (Neon Edition). Yang bikin kelihatan keren, varian warna Sonic Black, Tempo Blue dan Fantasy Purple memiliki efek gradasi seperti putaran turbin.

Infinix HOT 20s Lightrider White (Neon Edition)

Berbeda halnya, dengan warna Lightrider White (Neon Edition) yang tidak memiliki efek gradasi putaran turbin. Lightrider White (Neon Edition), memiliki gambar HOT logo. HOT logo dapat berubah warna dengan menyesuaikan paparan cahaya disekitar.

Infinix menyebutnya dengan Multi Fase, menggunakan bahan yang peka terhadap cahaya. Bahan tersebut secara otomatis dapat menyerap cahaya. Ketika malam hari, akan memancarkan cahaya hijau neon pada bagian HOT logonya, keren gan!

Layar Cukup Baik untuk Memanjakan Mata

Membahas mengenai layar Infinix HOT 20s, walaupun menggunakan layar IPS LCD 6.78 inch. Tampilan dari kejernihan warna yang disuguhkan sudah cukup baik gan. Apalagi layar HOT 20s, sudah mendungkung FHD+ 1080 x 2460 pixels. Untuk tingkat keterangannya hingga 500 nits.

Hal yang menariknya lagi, HOT 20s dibekali dengan refresh rate 120 Hz. Hmm, refresh rate-nya bukan kaleng-kaleng nih gan. Jadi, untuk pengalaman scrolling menu dan bersosial media dijamin mulus.

Selain itu, untuk pengalaman visualnya seperti menonton Netflix atau Youtube sudah terbilang baik gan. Hal itu, dikarenakan HOT 20s sudah didukung FHD+ 1080 x 2460 pixels. Untuk hasil ketajaman gambar dan warna sudah terbilang bagus untuk smartphone entry level.

Info tambahan nih gan, disetiap paket penjualan HOT 20s. Agan juga sudah mendapatkan plastik screen guard untuk melindungi layar. Screen guard tersebut, sudah langsung terpasang di smartphone HOT 20s. Jadi, agan tidak perlu repot-repot lagi untuk membeli screen guard, mantap!

Hasil Jepretan Kamera yang Mengejutkan

Ane kira gan, Infinix HOT 20s memiliki hasil jepretan kamera yang kurang baik. Karena, ane kira dengan harga 2 jutaan Infinix hanya berfokus dalam hal dapur pacunya saja. Ternyata eh ternyata, hasil jepretannya bagus gan. Untuk smartphone diharga 2 jutaan, ane bisa jamin HOT 20s hasil kameranya cakep!

Seri HOT 20s, menyematkan sensor kamera utama 50 MP, 2 MP (depth) dan 2 MP (makro). Untuk kamera depan atau selfie, menggunakan sensor berukuran 8 MP. Untuk hasil fotografinya, ane cukup terkesima nih gan.

Foto-foto yang dihasilkan dari kamera HOT 20s, cukup tajam dan detail. Warna yang dihasilkan pun bagus dan natural. Hasil foto di siang hari ane no comment gan, pokoke muantap untuk smartphone 2 jutaan.

Berswafoto dalam keadaan malam hari juga masih oke, meskipun masih ada sedikit noise. Tapi, kalau mau maksimal lagi, tinggal pake aja Super Night Mode gan. Untuk hasil perekaman video, gokil juga nih Gan. Hasilnya dapat merekam dengan bagus, bahkan bisa merekam hingga 2K, mantap!

Memang ya, Infinix kalo bikin smartphone dengan harga murah speknya gokil. Infinix, emang ente kadang-kadang ente.

Performa Gaming yang Aduhai

Ya, sesuai dengan tagline-nya “Game To The Max”, tentunya memberikan pengalaman gaming yang memukau. Infinix HOT 20s dapat menjalankan game-game mobile dengan lancar gan. Seperti PUBG, Mobile Legend, Call of Duty, Free Fire dll. Bahkan, game berat sekalipun masih mumpuni dijalankan oleh smartphone ini.

Karena, Infinix HOT 20s dipersenjatai dengan prosesor kencang dari Mediatek Helio G96 (12nm). Dipadukan dengan CPU Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55). Serta, GPU Mali-G57 MC2. Hmm, ini sih dibuat bermain game udah lancar jaya gan.

Dalam hasil uji coba ane bermain PUBG selama 25 menit. Dengan setingan graphic HD dan frame rate High. Game masih bisa berjalan dengan mulus tanpa adanya leg gan. Begitu juga dengan Mobile Legend, dengan setingan graphic High dan refresh rate High.

Hasilnya sama, game berjalan mulus tanpa adanya leg, mantap! Selama pengetesan gaming, smartphone tidak terasa hangat, masih dalam kondisi suhu normal gan.

Untuk hasil visual pada saat gaming juga cukup memukau gan. Karena, HOT 20s memiliki fitur HyperVision Gaming Pro Display. Bukan hanya sisi kecepatan prosesor dan visualnya. Infinix juga memperhatikan konektivitas jaringan saat bermain game gan.

Dengan disematkannya teknologi LinkPlus 1.0, memungkinkan untuk menjaga kesetabilan jaringan dari data seluler agan. Jadi, ketika wifi lemah saat bermain game. Secara otomatis LinkPlus 1.0 akan mengalihkan ke jaringan data seluler yang kuat.

Hal tersebut, berguna untuk menjaga game tetap stabil. Sehingga terhindari dari leg yang disebabkan oleh jaringan yang lemah, keren! Tidak hanya itu Ferguso, HOT 20s memiliki kapasitas RAM 8 GB + 5 GB.

Penambahan virtual RAM 5 GB, dapat dilakukan melalui fitur memFusion. Virtual RAM ini, bukan sekedar gimmick belaka gan. Fitur ini, benar-benar dapat berfungsi untuk memberikan kapasitas RAM lebih lega lagi.

Kapasitas Baterai Besar

Untuk urusan baterai, Infinix HOT 20s masih dapat diandalkan. HOT 20s memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAH. Kapasitas yang cukup besar, tentunya kapasitas yang sesuai disematkan pada HOT 20s.

Apalagi HOT 20s, fokus utamanya sebagai smartphone gaming. Selain memiliki kapasitas 5.000 mAH, dibekali juga dengan pengisian cepat Type C 18W. Dapat mendukung refresh charging 5W, bisa jadi sebagai power bank juga nih gan.

Untuk ukuran ketahanan daya baterainya, tergolong awet gan. Untuk bermain game PUBG setingan High selama 25 menit, hanya berkurang 6% saja. Bermain Mobile Legend setingan High selama 18 menit, hanya berkurang 4% gan.

Baterai di HOT 20s ini, terbilang awet. Dikarenakan memiliki teknologi Power Marathon, yang dapat memaksimalkan penggunaan daya baterai smartphone. Dalam Power Marathon, Agan juga bisa menseting penghematan baterai sesuai dengan kebutuhan Agan.

Memang, ketahanan daya baterai tergantung dari setiap penggunanya. Seberapa sering digunakan, serta penggunaannya dalam hal apa. Apakah lebih sering digunakan untuk sosmed, menonton Youtube atau gaming.

Kesimpulan Infinix HOT 20s

Infinix HOT 20s tidak hanya memberikan kenyamanan gaming saja, tetapi juga memberikan kenyamanan disegi lainnya. Seperti kualitas layar, hasil fotografi yang bagus, kapasitas RAM dan baterai besar.

Memang masih terdapat minim kekurangan, yaitu tidak adanya NFC dan kamera wide angle. Tapi, kalo menurut ane kekurangannya masih wajar gan. Kekurangan yang ada, tertutupi dengan seabrek kelebihan hp gaming khas Infinix yang diberikan oleh smartphone tersebut.

Apalagi mengingat harganya dibandrol hanya Rp 2.499.000 untuk RAM 8/128GB. Oh iya, di dalam box HOT 20s. Selain smartphone-nya, agan akan mendapatkan kepala dan kabel charger. Serta soft case bening untuk smartphone-nya juga gan.