SHARE

belihape.id – Barisan produk TWS terus bermunculan, salah satunya TWS anyar Infinix XE20. Kepincut dengan kualitas bass-nya, Ane pun turun tangan buat review Infinix XE20 ini.

Klaimnya, TWS ini bersuara aduhai dengan harga yang cukup bersahabat di kantong. Yup, cuma 200an ribu!

Jadi produk perdana di segmen TWS, seri XE20 ini memang menjadi satu-satunya wakil TWS di kelas entry level besutan Infinix.

Eiit, jangan pandang sebelah mata dulu Gan, pasalnya TWS ini juga punya segudang fitur buat diadu, termasuk saat bertarung dengan TWS lain di atasnya.

Terkenal dengan produk berharga terjangkau nan powerful, Infinix mencoba beragam segmen yang memang potensial digarap untuk mendatangkan cuan. Setelah laptop, aksesoris pun dijajal untuk meramaikan pasar. 

Balik lagi ke TWS, sepertinya Infinix tak hanya sekadar hadir. Kualitas dan user experience akan menjadi pertaruhannya.

Review Infinix XE20

review-infinix-xe20

Desain

Dari aspek desain Infinix XE20 memang serupa dengan beberapa TWS yang sudah ada di pasar. Kecil minimalis milik vendor tetangga dengan desain semi in-ear.

Yang sedikit disayangkan, mungkin tak akan ramah dengan beragam model telinga pengguna. Contoh simpelnya neh Gan, buat telinga Ane masih kurang terasa pas, sementara ketika dijajal dipake sama kekasih hati. Bisa begitu nyaman.

Menariknya, selubung tempatnya untuk mengisi daya terasa simple dan ringkas. Otomatis, menjadi penghuni saku celana maupun kemeja pun masih bersahabat.

Performa

Output suara yang disemburkan begitu ramah. Sound Quality dari hasil review Infinix XE20 pun sangat positif. Dentumannya bisa terasa pas ketika bass sudah mulai mengisi lagu yang diputar.

Pengujian koneksi Bluetooth juga Ane lakuin Gan. Saat memutar musik, jarak antar device dengan Infinix XE20 sengaja dijauhkan. Yakni di rentang 8-10 meter, dengan ruangan tanpa sekat. Hasilnya, koneksi tetap aman dan kualitas suara tetap terjaga.

Keberadaan teknologi Bluetooth 5.0 menjadi jawaban ketidakstabilan koneksi. Agan bisa mendapatkan sensasi tanpa putus-putus ketika harus bermain game, mendengarkan musik, dan menonton film favorit di Netflix.

Ane pun saat mencicipi sensasi tembak menembak saat main game Free Fire pun bisa lancar jaya. Nggak ada putus-putus yang bisa bikin sensasi main jadi terasa kurenggg.

Namun, dengan segala hormat, karena banderolnya murah. Agan nggak bisa berharap tersematnya fitur active noise cancellation pada TWS Infinix XE20 ini.

Fitur

review-infinix-xe20-indonesia

Ragam fitur diadopsi oleh TWS berharga terjangkau ini. Cara menghubungkan dengan perangkat lain pun sangat mudah. Cukup dengan mengeluarkan earbud dari ‘cangkangnya’ Bluetooth autoaktif dan bisa langsung dihubungkan.

Penggunaan fitur lain pun gampang. Agan bisa langsung sentuh sekali di bagian luar earbud jika ingin mengangkat telpon dan memutar musik.

Sentuh dua kali untuk skip lagu, lalu menyentuh satu detik mengaktifkan asisten suara. Selanjutnya sentuh tujuh detik untuk menonaktifkan atau mem-pairing perangkat.

TWS Infinix XE20 juga punya tingkat ketahanan terhadap cipratan air. Sertifikasi IPX4 dimiliki. Jadi, kalau dipakai saat tak sengaja kehujanan juga masih bisa aman.

Baterai

Ketangguhan baterai Infinix ini juga bukan kaleng-kaleng. Agan bisa menggunakan TWS ini selama 4 jam. Sementara untuk cangkang Infinix XE20 punya ketahanan hingga 30 jam. Sadeess…

Menariknya, port yang digunakan untuk men-cas baterai sudah memakai port USB-C. Padahal, TWS lain di kelasnya, beberapa masih menggunakan micro-USB.

Lama pengisian baterainya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam (2 jam diantaranya untuk earbud).