SHARE
review oppo reno5

belihape.id – Rilis Januari 2021, penerus dari Oppo seri Reno 4 ini punya segudang daya tarik nih, Gan. Apalagi dengan jargonnya ‘Picture Life Together’ seperti sudah ketahuan apa yang menjadi fokus si Oppo. Yupp.. Penerus Reno 4 ini punya fitur menarik di segi kamera dan videografinya, Gan. Biar pada gak penasaran seperti apa kebolehan serta keunggulan lainnya, yuk kita lihat review Oppo Reno 5 dibawah ini

Selain dari segi kamera dan fitur pendukungnya, ponsel kelas menengah andalan Oppo ini juga mendapat perombakan pada segi desain di bagian belakang yang membuatnya lebih cantik dengan beberapa warna pilihan yang elegan, Gan. Soal harga, Oppo melepas ponsel ini seharga Rp 5 jutaan.

Bagi yang tertarik dengan hp oppo Reno ini, simak review Oppo Reno 5 hingga spesifikasi lengkapnya berikut ini!

Review Oppo Reno 5

Desain Menawan

Dengan menyasar anak muda kreatif, Oppo Indonesia melengkapinya dengan dua varian warna yang menarik yakni Starry Black dan Fantasy Silver, dan saat ini tim belihape.id berkesempatan memegang Oppo Reno 5 warna Starry Black.

Nah saat pertama kali melihat dan review Oppo Reno 5 sektor desainnya, hp oppo terbaru ini memiliki bobot yang tak begitu berat, tak terlalu besar juga dan yang pasti masih nyaman digenggam dan dikantongin nih Gan.

Kalau di bawah sinar matahari kadang juga memancarkan warna keunguan, Gan, dan sayangnya menurut Ane, masih agak licin tapi soal sidik jari hp ini aman, Gan. Oppo juga gak sembarangan desain, ternyata ada Oppo Reno Glow dibalik keindahan desain ini.

Kemolekkan hp oppo Reno 5 ini disempurnakan melalui teknik putaran fine-tuning yang berulang, lapisan yang ditingkatkan tak hanya tak berkilau indah tetapi juga tahan terhadap noda sidik jari, Gan.

Tapi kalo Agan sayang bodi nya, untungnya sih Oppo memberikan softcare tambahan yang terdapat di paket penjualan. Agan bisa pake ini buat pelindungnya.

Sepintas memang hp desain starry black ini Cool banget dan premium. Buat Agan yang cewe tapi gak mau kecewe-cewean bisa pilih Starry Black. Tapi kalo kamu ekspresif banget bisa cobain Fantasy silver di bawah ini, Gan.

Untuk mendukung penampilan belakangnya yang keren itu, Oppo mendesain modul kamera belakang Reno 5 dengan bentuk persegi panjang di mana ujung sudutnya melengkung. Ukuran modul kamera ini sedikit lebih besar dari Oppo generasi sebelumnya, namun ia tampak cocok dan padu dengan penampang bodi belakang varian Starry Black yang manis.

Layar AMOLED

Dengan wujud fisik yang masih menarik, bagaimana dengan pengalaman selama review Oppo Reno 5 pada bagian layar ?

Pada bagian depan, Oppo Reno5 masih menggunakan panel layar AMOLED 6.43 inch FHD+, namun kali ini sudah menggunakan refresh rate 90Hz.

Dengan refresh rate yang cukup tinggi, saat review Oppo Reno 5, pergerakan grafis ketika sedang scrolling menu utama, ke beberapa aplikasi yang mendukung, atau saat bermain game terlihat sangat mulus, Gan.

Sedangkan karakter panel AMOLED yang sangat kontras dan vivid cukup kental di layar Oppo Reno 5  sehingga membuat mata lebih nyaman. Terdapat juga sensor sidik jari dalam layar, yang cukup oke, Gan.

Panel AMOLED yang digunakan tentu sangat memanjakan mata, apalagi saat menampilkan always-on display dari ColorOS 11. Keempat sisi bezelnya juga sudah tergolong tipis, ditambah kamera punch-hole yang juga punya diameter mini di atas kiri layar, Gan.

Oppo menyematkan Gorilla Glass 5 untuk perlindungan dari goresan, teknologi SGS Eyecare Display agar mengurangi cahaya biru demi kenyamanan mata, always-on display yang dapat dikustomisasi, serta efek edge lighting saat panggilan maupun pesan masuk.

Kamera dan Fitur Andalan

Tidak mau banyak berbasa-basi soal fitur andalan, kita langsung berfokus saja pada fasilitas imaging yang dimiliki hp kelas menengah ini. Berikut review Oppo Reno 5 kamera!

Ponsel ini cukup percaya diri dengan teknologi 4 kamera yang tartanam di bodi belakang Gan. Keempat kamera tersebut dirancang sebagai bentuk ‘L’ terbalik, dan diletakkan pada sebuah bingkai dengan sudut-sudut melengkung..

Komposisinya terdiri kamera utamanya 64 MP bersanding sensor ultra-wide 8 MP, makro 2 MP dan mono 2 MP. Sementara kamera selfienya 44 MP.

Semua kamera dapat diandalkan dalam berbagai situasi. Tak hanya itu Oppo memberikan banyak fitur yang memudahkan kita membuat konten menarik, lho.

Ada AI Highlight Video yang secara otomatis mendeteksi cahaya sekitar dan meningkatkan kualitas video dengan menerapkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR.

AI Mixed Portrait sumber: Xiaomi

Lalu AI Mixed Portrait yang menggabungkan video potret dan latar belakang sehingga menghadirkan efek video eksposure ganda ke ponsel. Memungkinkan efek artistik baru tanpa aplikasi tambahan.

Kemudian ada AI Scene Enhancement ponsel ini bisa memberikan pengoptimalan yang disesuaikan untuk warna/saturasi/kecerahan untuk pemandangan tertentu yang dikenali oleh algoritma AI saat mengambil foto, Gan.

Saat review Oppo Reno 5, Ane coba mengambil gambar bergerak, kamera ponsel ini dapat mengasilkan foto yang jernih. Kondisi tersebut berkat hadirnya teknologi ICE, yang memungkinkan OPPO Reno5 untuk mengambil foto lebih jelas bahkan saat subjek bergerak. Fitur ini sangat berguna terlebih saat olahraga, seperti saat kamu sedang bersepeda.

Fitur lain yang sayang dilewatkan saat review Oppo Reno 5 kameranya adalah fasilitas AI Color Potrait, yang sebelumnya juga hadir di seri Reno4. Nah, hasil foto fitur AI Color Potrait di ponsel ini, nampak jauh lebih halus dan rapi. Cukup satu kali klik, Agan bisa menggambil gambar dengan komposisi warna berbeda nan artistik.

Bagi pencinta Selfie jangan lupa memaksimalkan “Ultra-Night Selfie Mode”. Saat fitur Ultra-Night Selfie Mode aktif, kamera depan 44MP di OPPO Reno5 tetap bisa menghasilkan foto selfie yang cerah dan natural, walau dalam kondisi minim cahaya.

di Reno5 juga sudah tersemat menu Dual-view Video. Sesuai dengan namanya, saat fitur ini aktif Agan bisa mengambil gambar video dari kamera belakang dan depan secara bersamaan. Menu ini pas banget buat Agan yang ingin membuat video vlog, jadi lebih atraktif.

Secara umum fitur maupun kualitas video Reno5 sangat mumpuni. Semua teknologi bisa saling berkolaborasi dalam menghasilkan video berkelas. Menurut GadgetSquad, bagi kamu yang ingin menjadi YouTuber, dijamin puas dengan hasil video OPPO Reno5.

Asiknya lagi, Agan bisa mengkreasikan semua hasil bidikan kamera Reno 5, menjadi konten menarik dengan mudah, pasalnya hp ini sudah dibekali aplikasi video editor bernama SOLOOP.

Editor video OPPO SOLOOP, sekarang dapat diakses dari antarmuka kamera dan menawarkan fitur terbaru yang lebih menarik. Fitur SOLOOP baru di ponsel ini meliputi, Auto Generate serta Shoot Like an Influencer with SOLOOP Templates.

Performa dan Gaming

Pasti Agan semua penasaran dengan performanya gimana kan, nah berikut ini yang Ane rasakan saat review Oppo Reno 5. Perhatikan ya Gan…

Berbicara performa pasti tertuju pada perangkat kerasnya. Jeroan dapur pacu dari ponsel kelas menengah ini dipersenjatai prosesor Snapdragon 720G yang dipadukan dengan RAM 8GB. Tersedia juga memori internal 128GB kalau dirasa kurang bisa ditambahkan dengan microSD hingga 256 GB, Gan.

Apa yang ditawarkan Oppo pada sektor performa, menurut belihape.id sudah menjadi salah satu amunisi terbaik di kelasnya saat ini, Gan. Karenanya Ane sendiri gak menjumpai banyak kendala, saat menggeber “mesin” OPPO Reno5 dalam menjalankan berbagai kegiatan, baik yang bersifat kantoran hingga entertainment.

Contoh saat memaksimalkan Reno5 memainkan aneka game mobile “berat”, kinerjanya lancar jaya tanpa ada lag. Selain itu, kualitas layar dengan refesh rate 90hz, terasa manfaatnya saat Ane menguji dengan game berat seperti PUGB dan sejenisnya.

Masih review Oppo Reno 5 soal software-nya, ponsel ini sudah menjalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11. ColorOS 11.1 sendiri, membawa menu-menu tambahan yang membuat ponsel ini semakin berkelas. Adapun menu tersebut seperti Always-On Display, dimana Agan bisa mengatur tampilan layar yang selalu hidup, hanya dengan memandang display.

Ada juga fasilitas Flex Drop. Saat fitur ini aktif, Agan bisa memilih tampilan display mulai dari layar penuh, layar kecil (interaktif), dan layar mini (hanya tampilan). Melalui kombinasi layar penuh dan kecil/mini dapat mewujudkan kemampuan multi-tasking dan memberikan peralihan yang mulus antar layar, Gan. Keren kan?!?

Menu khusus lainnya yang gak boleh terlewat untuk dimaksimalkan adalah Gamer Mode. Bagi pencinta game mobile menu Game Mode akan sangat berguna, Agan bisa benar-benar fokus dalam permainan, lantaran fitur ini bisa memblokir notif dan menonaktifkan layar ataupun tombol telepon yang sebenarnya.

Masih terkait dengan kenyaman bermain game, ponsel ini sudah tersedia fasilitas Adjustable Gaming Touch. Panel sentuh dan pengoptimalan algoritma sentuh, dikombinasikan dengan TouchBoost, memungkinkan pemain mengubah parameter sentuh (seperti daya respon, kehalusan, dan sensitivitas giroskop).

Baterai Flash Charge 50W

review oppo reno 5

Aspek ini juga gak boleh ketinggalan saat review Oppo Reno 5, yaitu pengisian daya baterai. Kapasitas baterainya memang bukan yang terbesar, meski sudah ditingkatkan dari generasi sebelumnya, Gan.

Dimana dengan tersematnya baterai  4310 mAh, Ane bisa menggunakan smartphone ini dengan intensif seharian penuh. Bila penggunaan lebih santai, bisa sampai 1,5 hari dengan screen on-time 5 jam.

Itu berarti, OPPO mampu optimalkan kapasitas baterai, perangkat lunak serta penggunaan chipset-nya dengan maksimal. Baterai mulai habis? Inilah bagian yang menyenangkan, Gan. Ponsel ini kini mendukung pengisian 50W Flash Charge. Mengisi dari 7% ke 85% hanya perlu waktu 30 menit saja, Gan.

Hal lain yang perlu dicatat, untuk mencegah hal tidak diinginkan saat melakukan pengisian daya, fasilitas 50W Flash Charge memiliki 5 tingkatan perlindungan yang terletak pada adapter, kabel dan juga perangkat. 50W Flash Charge ini juga telah mendapatkan sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk pengisian daya cepat.

Kesimpulan

nah ini dia bagian akhir review Oppo Reno 5. Sebagai kesimpulan, menurut tim belihape.id, hp kelas menengah ini sudah juara dan paket lengkap di segment harga 5 jutaan, Gan.

Ukuran yang ringkas, baterai tahan lama, chipset yang lumayan kencang, pengisian daya gaspol, fitur kamera dan video yang keren, serta NFC masih menjadi kekuatan utama dari Reno5.

Hp ini cocok untuk berbagai kalangan, baik kreator konten, anak muda hingga mereka yang cari smartphone dengan desain premium. Dijamin gak bakal lirik hp yang lain…