Home Review Review OPPO Reno 8z 5G, Apakah Menarik Untuk Dimiliki?

Review OPPO Reno 8z 5G, Apakah Menarik Untuk Dimiliki?

78
SHARE

Belihape.id – Halo belibers, pada kesempatan kali ini Belihape.id akan me review OPPO Reno 8z 5G nih. Smartphone yang baru saja diperkenalkan oleh OPPO di akhir 2022 ini gan. Sebenarnya, OPPO memperkenalkan dua varian Reno 8z 5G dan Reno 8 Pro 5G.

Tapi, kali ini kita bahas varian termurahnya dulu gan, yaitu OPPO Reno 8z 5G. Untuk varian Reno 8 Pro 5G, akan Belihape.id bahas juga kok. Jadi, tetep kepoin terus Belihape.id gan. Oke, tanpa perlu berlama-lama mari kita mulai review OPPO Reno 8z 5G mantap!

Review OPPO Reno 8z 5G Dari Segi Desain dan Spesifikasi

Desain

Review OPPO Reno 8z 5G dari segi desain. Hal yang pertama kali terucap adalah elegant dan premium. OPPO Reno 8z 5G, memiliki desain terlihat keren gan. Apalagi terdapat cahaya LED di sisi kedua kamera belakangnya. OPPO menamakannya dengan Dual Orbit Light.

Dual Orbit Light otomatis menyala jika smartphone dihidupkan. Tapi, agan bisa juga menseetingnya untuk menyala jika ada notifikasi. Atau saat sedang melakukan pengisian daya, keren!

Oh iya, OPPO Reno 8z 5G tersedia dalam dua varian warna. Yaitu Dawnlight Gold dan Starlight Black gan. Untuk barang review OPPO Reno 8z 5G, Belihape.id mendapatkan varian warna Dawnlight Glow.

OPPO Reno 8z 5G, memiliki ukuran dimensi 159.9 x 73.2 x 7.7 mm (6.30 x 2.88 x 0.30 in). Untuk bagian belakang body menggunakan bahan kaca. Selain itu, Reno 8z 5G dibalut dengan frame berbahan plastik. Untuk pengalaman menggengam pun juga terasa premium, mantap!

Layar

Review OPPO Reno 8z 5G selanjutnya, adalah dibagian layarnya nih gan. OPPO Reno 8z 5G sudah menggunakan layar Amoled berukuran 6,43 inch. Beresolusi FHD+ 1080 x 2400 pixels. Memiliki tingkat kecerahan 430 nits (typ), 600 nits (HBM).

Spesifikasi pada layar Reno 8z 5G ini, sudah cukup baik untuk memanjakan mata agan-agan nih. Untuk digunakan menonton Youtube, Netflix dan bersosial media sudah cukup baik. Warna yang disuguhkan pada layar Reno 8z sudah terbilang cakep gan.

Nah, untuk pengalaman scrooling apps atau media sosial terbilang normal aja gan. Belum bisa dibilang yang wah, karena hanya memiliki refresh rate 60 Hz. Bukannya jelek ya gan, tapi refresh rate 60 Hz masih tergolong standard.

Tapi disamping itu, layaknya smartphone premium. OPPO Reno 8z 5G sudah menyediakan sistem keamanan finger print di layar, mantap!

Kamera

Berbicara megenai sektor kamera OPPO Reno 8z 5G, sepertinya cukup mengesankan ya. OPPO Reno 8z 5G dibekali tiga kamera belakang 64 MP f/1.7, 26mm (wide), 2 MP f/2.4 (macro) dan 2 MP f/2.4 (depth).

Untuk hasil tangkapan kamera utama, di siang hari bagus gan! Apalagi di mode potraitnya, memberikan hasil yang detail dengan efek bokeh layaknya foto profesional. Gambar yang dihasilkan dari kamera Reno 8z 5G, cukup detail dengan perpaduan warna yang baik.

Untuk perekaman video di kamera utama, dapat merekam 1080p 30fps dan 720p 30/120fps.

Lanjut kamera selfienya, OPPO Reno 8z 5G dibekali kamera 16 MP f/2.4, 27mm (wide). Hasil tangkapan kameranya sama bagusnya dengan kamera utama gan. Saat selfie di malam hari, hasilnya tebilang cukup baik juga. Untuk perekaman video, dapat merekam 1080p 30fps.

Dapur Pacu

Review OPPO Reno 8z 5G selanjutnya adalah pada bagian dapur pacunya. Reno 8z 5G dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G (6 nm). Dipadukan dengan CPU Octa-core (2×2.2 GHz Kryo 660 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 660 Silver). Serta, dibekali juga dengan GPU Adreno 619 dan RAM 8 GB.

Perpaduan Chipset, CPU dan GPU pada Reno 8z 5G. Sudah cukup mampu menjalankan game-game mobile yang lagi trend saat ini. Seperti PUBG, Mobile Legend bahkan game berat sekalipun seperti Genshin Impact.

Terdapat fitur Focus Mode juga ni gan. Dengan mengaktifkan Focus Mode, maka panggilan masuk, pesan dan notifikasi akan otomatis terblokir.

Belihape.id sempat melakukan pengetesan memainkan game Genshin Impact. Pengetesan pertama main Genshin Impact dengan setingan graphic low 30 fps, selama 15 menit. Hasilnya, saat dimainkan game berjalan mulus tidak ada gangguan.

Pada percobaan kedua main Genshin Impact, dengan setingan graphic highest 60 fps selama 15 menit. Hasilnya, game masih enak untuk dimainkan, smartphone hanya terasa lebih hangat saja gan.

Baterai

Nah, untuk kapasitas baterai Reno 8z 5G ini sebesar 4.500 mAH. Tergolong kapasitas baterai yang cukup besar juga nih gan. Selain itu, telah disuport fast charging 33W Supervook Charging. Pengisian daya 100%, dapat dilakukan dalam waktu kurang lebih satu jam.

Terdapat juga fitur Night Charging. Fitur yang akan menyesuaikan pengisian daya saat malam hari. Untuk menghindari pengisian daya yang berlebih, keren gan!

Demikianlah review OPPO Reno 8z 5G, jika agan-agan tertarik dengan smartphone ini. OPPO Reno 8z 5G dengan RAM 8/256 GB dibandrol sekitar Rp. 5.999.000.