SHARE
review Oppo Reno4 F

belihape.id – Mengusung jargon “Clearly Your Expression”, Oppo akhirnya memboyong hp teranyarnya yaitu Reno4 F. HP yang baru rilis ini, hadir dengan sejumlah fitur fotografi yang inovatif, Gan. Nggak hanya di aspek fotografi aja, tapi juga ditemani prosesor MediaTek Helio P95, serta bodi yang kece. Nah pas banget kali ini Ane mau review Oppo Reno4 F nih.. Yuk ikutin review Ane sampe selesai…

Oppo Reno4 F

Hp Oppo Reno4 F ini masuk dalam kategori smartphone kelas menengah di mana Oppo memberikan harga sekitar Rp 4.3 Jutaan, Gan. Untuk packagingnya sendiri, Oppo menyiapkannya dengan lengkap, seperti case tambahan, buku panduan dan garansi, kabel USB, maupun SIM ejector. Yuk langsung aja kita liat review Oppo Reno4 F di bawah ini

Review Oppo Reno4 F

Desain

Review Oppo Reno4 F kita mulai dari segi desainnya dulu nih Gan. Reno 4 punya desain bodi yang aduhai nih Gan… Oppo Reno4 F mengembalikan kembali definisi dari teknologi modis, Gan.

Pada generasi ini, Reno4 F menampilkan desain yang sangat tipis dan ringan serta menampilkan fotografi potret bertenaga AI.

Bodinya tampak premium dan lebih stylish pas banget buat kalangan muda. Oppo Reno4 F disiapkan dengan dua varian warna cantik yaitu Matte Black dan Metalic White. Dan yang Ane review ini adalah warna Matte Black.

Matte Black yang Ane review ini kelihatan begitu mewah dan elegan, Gan. Gimana nggak, Reno4 F memiliki bodi tekstur Shiny Matte yang dilapisi dengan lapisan anti-sidik jari.

Bila terkena matahari, lapisan ini akan menghasilkan warna yang bervariasi saat ponsel digenggam pada sudut yang berbeda sehingga menimbulkan kesan mewah sekaligus stylish, Gan

Bagi Agan yang suka risih hp-nya suka meninggalkan jejak sidik jari, tenang saja, Oppo Reno4 F anti meninggalkan jejak ini Gan. Hp Agan tetap terlihat bersih dan mulus.

Tipis dengan silicon case pun Oppo Reno4 F tetap terlihat slim

Nggak cuma enak sedap dipandang mata aja, Reno4 juga memberikan kenyamanan kala digenggam. Teksturnya yang nggak licin ini buat mereka yang enggan pakai case, nggak was-was takut Reno4 tergelincir sewaktu tangan berkeringat, Gan.

Berdasarkan keterangan Oppo, ketebalan Reno4 F hanya 7,48mm dengan berat mencapai 164 gram aja Gan. Nggak heran kan, kalau hp ini begitu ergonomis kala digenggam tangan.

Ketebalan yang dipunya ini membuatnya sangat ramping dan mudah masuk ke saku tanpa membuat efek gembung atau mengganggu saat berjalan, Gan.

Walau terbilang tipis, Oppo tetap memasang port jack audio 3.5 mm pada bagian bawah, kemudian mikrofon, dan speaker.

Layar

Selanjutnya kita review Oppo Reno4 F sisi layar nih… Ketika melihat desain bodinya yang super stylish buat jatuh hati, begitupun juga layarnya yang dibuat minimalis. Membuat semua yang memandangnya tergoda untuk memilikinya, Gan.

Untuk layarnya sendiri, Oppo Reno4 F mengandalkan panel AMOLED 6.43 inci dengan resolusi Full HD+, alias 2400×1080 pixel. Terdapat juga mini dual punch-holes untuk dua kamera depan bertengger.

Dengan AMOLED Reno4 F layarnya bening Gan, tajem, dan saturasi warna juga cihuy.

Layar ini tampak terang karena tingkat kecerahannya mampu mencapai 800 nits, sehingga memudahkan Ane untuk lihat konten pada layar saat di bawah sinar matahari terik, Gan.

Memiliki aspek rasio layar 20:9 terlihat begitu jernih dan didukung refresh rate 60Hz. Apalagi layar ini juga telah mendapatkan sertifikasi TUV Rheinland yang artinya lebih aman terhadap mata.

Dengan spesifikasi seperti itu, hp ini otomatis mampu membuat mata nyaman berlama-lama nonton Netflix atau YouTube setelah kerja atau selama waktu luang.

Nggah ketinggalan, di bawah layarnya disematkan sensor pemindai sidik jari atau fitur fingerprint 3.0 yang mampu membaca dengan sangat cepat.

Kamera

Masuk ke aspek yang paling diunggulkan review OPPO Reno4 F, yaitu kamera! Di sisi depan, terdapat sebuah kamera beresolusi 16MP dengan diafragma f/2.4, dan 2MP depth camera dengan diafragma f/2.4

Sedangkan di belakang, terdapat setup empat kamera . Pada sensor utama Oppo Reno 4 membekalinya dengan resolusi lensa 48MP dengan diafragma f/1.8. Ditemani sensor wide-angle 8MP f/2.2, mono 2MP f/2.4, serta mono 2MP f/2.4, Gan. Sensor kamera mono ini punya peran penting untuk hasilkan efek foto dan video khusus, yang baru diperkenalkan pada seri ini Gan.

Kualitas kamera utama Oppo Reno4 F untuk memotret di dalam ruangan terbukti andal.
Kualitas jepretan yang sama juga terekam kamera Oppo Reno4 F dengan detil.

Over all, menurut Ane kualitas hasil foto dari kamera belakangnya cukup memuaskan. Semua itu bisa terwujud berkat teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang cukup advanced. 

Kamera ini pun dilengkapi beragam software kreatif & inovatif yang menghadirkan pengalaman fotografi baru nan ciamik, Gan.

Salah satunya adalah AI Color Portrait yang memungkinkan background foto dan video menjadi hitam dan putih namun tetap menjaga objek manusia dalam warna reel. Ada pula AI Super Night Portrait untuk hasil foto selfie yang jernih di malam hari.

Selanjutnya ada fitur fotografi saat review Oppo Reno4 F yang nggak kalah menarik yaitu AI Night Flare Portrait, Gan. Dimana fitur ini akan menghasilkan efek bokeh cahaya yang memberikan kesan latar belakang artistic.

Selanjutnya juga ada fitur Dual lens bokeh, Super Clear potrait, A Beautification 2.0.

Beralih ke sektor videografi, pada review Oppo Reno4 F memiliki kamera utama yang mampu merekam hingga resolusi 4K. Namun ketika fitur Ultra Steady aktif, resolusi maksimalnya menjadi 1080p di 30fps. Fitur Ultra Steady sendiri punya tingkat kestabilan yang cukup baik meski Anda hanya menggenggam Reno4 F dengan tangan.

Sejauh ini sih Ane demen banget sama kualitas dan fitur dari kamera Oppo Reno4 F.

Performa & OS

Kamera sudah dibahas, lanjut lagi review Oppo Reno4 F dari sektor kinerjanya nih Gan. Oppo Reno4 F dibekali chipset handal dari prosesor MediaTek Helio P95 yang ditemani oleh RAM 8GB dan penyimpanan 128GB.

Chipset ini juga dipakai oleh kakaknya yaitu Oppo Reno3 Pro, Gan. Tentu saja berkat dukungan AI Boost dengan APU 2.0 punya kinerja 10 persen lebih baik dibanding pendahulunya, Gan. Bahkan AI processing engines pada Helio P95 disebut sebagai salah satu yang terbaik saat ini!

Untuk pemakaian sehari-hari sih menurut Ane Oppo Reno4 F terasa amat cekatan. Mau buka aplikasi dan beralih ke aplikasi lainnya cenderung mulus dan cukup cepat. Oppo juga sudah membenamkan Anti-Lagging Algorithm yang akan mendeteksi dan menyingkirkan data yang dapat mengganggu kelancaran pengoperasian.

Dengan kualitas tersebut, ponsel ini sangat responsif untuk kegiatan sehari-hari mulai dari seru-seruan di media sosial hingga bermain game mobile. Ngga ada namanya ‘lag’ meskipun melakukan multitasking mulai dari membuka WhatsApp, Browser, dan beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook dan Tiktok.

Saat digunakan bermain PUBG Mobile, ngga ada kendala yang berarti nih. Hp ini mampu memberikan frame rate yang amat stabil di pengaturan grafis Smooth-High. Smartphone ini pun nggak terasa panas meski tanpa pendingin khususnya Gan, bahkan ketika sedang diisi daya sekalipun.

Oppo mengklaim bila mereka sudah mengoptimalkan chipset semaksimal mungkin, agar mampu berikan performa maksimal, termasuk untuk fitur kamera di atas, Gan.

Dibelaki kapasitas memorinya cukup luas di 128GB bila dirasa kurang, Agan masih bisa ekspansi lewat slot kartu microSD terdedikasi (hingga 256GB).

OPPO Reno4 F mengadopsi sistem operasi ColorOS 7.2 berbasis Android 10. Agan yang sudah familiar dengan ColorOS tentunya tidak asing dengan fitur-fitur pendukung seperti Dark Mode yang kompatibel dengan berbagai aplikasi pihak ketiga, dan OSIE Ultra Clear Visual Effect yang mampu meningkatkan saturasi dan kontras video untuk menampilkan gambar yang lebih jernih lagi Gan.

Selain itu, ada juga fitur Quick Return Bubble yang memungkinkan pengguna untuk minimize aplikasi dalam bentuk bubble yang bisa dibuka kembali tanpa loading ulang aplikasi.

Serunya lagi Oppo juga menambahkan beberapa fitur baru misalnya Air Gestures. Bagi yang belum tahu, Air Gestures memungkinkan Agan mengangkat panggilan telepon tanpa harus menyentuh Reno4 F.

Cukup gerakan tangan dari jarak sekitar 20-50 cm. Fitur yang sangat bermanfaat ketika Agan sedang bawa mobil dan ingin mengangkat telepon tanpa perlu terus memegang telpo. Jadi saat berkendara pun jadi lebih aman.

Baterai

Untuk mendukung kinerja di hp mid-level ini, Reno4 F hadir dengan baterai berdaya 4000 mAh yang didukung dengan pengisian daya cepat 18W. Walaupun gak gede-gede amat, tapi Oppo setidaknya sudah menyiapkan fitur charging yang inovatif Gan.

Tapi sebelumnya, hp ini bisa bertahan selama seharian lebih untuk pemakaian normal, Gan. Sementara dalam keadaan stand by, smartphone ini bisa bertahan hingga 3 hari tanpa di-charge. Pengisian dayanya juga sangat cepat, hanya butuh waktu sekitar 1 jam 20 menit untuk mengisi penuh baterai dari 20 persen hingga 100 persen.

Apalagi ada fitur Super Power Saving Mode. Dimana sangat berguna ketika sudah mendekati menit-menit terakhri baterai habis, fitur ini bisa menolong Agan untuk tetap bisa chattingan, pesan ojek online, pakai google maps, atau mau teleponan sampai 70 menitan Gan.

Kemudian ada fitur canggih lainnya yaitu AI Night Charging. Menurut Oppo, dengan berbekal mesin AI Learning fitur ini dapat mempelajari kebiasaan tidur pengguna dan melakukan pengisian daya ponsel hingga 100 persen tepat saat mereka bangun dari tidurnya. Jadi Agan nggak perlu khawatir saat tertidur dan membiarkan ponsel tetap terhubung dengan chargernya.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan review Oppo Reno4 F, secara keseluruhan Ane merasa puas. Desainnya sangat menjual dan premium, fitur-fitur baru pada kameranya oke banget dan bikin Ane pengen lebih banyak ambil foto ataupun bikin video video keren.

Ane rasa dengan harga 4.3 juta ini sesuai banget sama sejumlah kebolehan dan fitur-fitur inovatif dari Reno4 F. Sayangnya sih masih ada beberapa sisi fitur yang ketinggalan dibawa seperti speaker stereo ataupun penambahan sensor NFC, tapi itu nggak jadi masalah buat Ane. Tapi sih balik lagi,  Ane puas dan cocok banget buat Agan yang mobilitasnya tinggi, butuh hp tipis, ringan atau cuma ingin andelin kamera ataupun video nya, hp ini gahar banget!

Demikian review Oppo Reno4 F versi belihape.id di atas, semoga Agan semua bisa menemukan hp yang tepat sesuai dengan kebutuhan Agan. Dan kalau masih kurang, nih Ane sediain tabel spesifikasi Oppo Reno4 F di bawah ini.

Spesifikasi Oppo Reno4 F

Berikut tabel spesifikasi Oppo Reno4 F

Review Oppo Reno4 F: Spesifikasi