SHARE
Review Realme 6 Pro

belihape.id – Hp Realme 6 Pro saat ini lagi rame banget diperbincangkan nih Gan. Hp Realme terbaru 2020 ini diluncurkan Maret lalu bersama dengan Realme 6. Tapi disini Ane mau review Realme 6 Pro aja neh Gan..

Kalau diliat sekilas speknya, Realme 6 Pro ini sebagai penerus dari Realme XT yang berkelas tinggi Gan. Mengusung jargon – 6 Cameras. Pro Display – Realme keliatannya mau memberikan sebuah inovasi lebih di sektor Kamera dan Layar nih Gan. Dan kayaknya cocok banget nih buat anak muda yang hobi foto dan main game.

Sebelum Ane review lebih mendalam, kita bahas packaging-nya. Realme mengemasnya dengan sangat baik dan lengkap nih Gan. Perangkat Realme 6 Pro sudah menyediakan jelly case beserta sim ejector. Gak lupa juga disertai garansi resmi dan manual book dari Realme Indonesia.

Review Realme 6 Pro

Desain Bodi yang Berkilauan

Realme selalu membawa desain cover belakang yang berbeda dan menarik. Seperti kayak kembarannya Hp Realme 6 yang mengusung konsep Komet. Bodi belakangnya sangat menawan dengan garis siluet seperti kilatan yang berkilau.

Hp Realme 6 Pro hadir dengan 2 desain kilat yang dapat berubah-ubah pencahayaannya mengikuti sumber cahaya Gan. Ada Lightning Blue (Biru Kilat) dan Lightning Red (Merah Kilat) yang sama-sama cantik dan terkesan premium.

Realme menerapkan teknologi khusus saat mengguratkan ukiran kilat itu Gan. Yaitu dengan teknologi cetak offset UV-curing untuk pertama kalinya. Ini merupakan kelebihan yang unik dan belum dilakukan oleh ponsel lain nih Gan. Serta ada anti-fingerprint coating, bekas sidik jari jadi lumayan gak terlihat Gan.

Ponsel berbobot 202gr dengan besaran 163.8 x 75.8 x 8.9mm ini masih cukup nyaman digenggam walau cuma satu tangan. Ada 4 lensa kamera yang merapat di sisi kiri atas. Masing-masing memiliki fungsi yang akan lebih lanjut dijelaskan pada pembahasan kamera yang terpisah nanti ya Gan. Tapi, bukan hanya 4 lensa kamera ini aja yang ada di bagian belakang ini, di bawah kiri terdapat tulisan Realme sebagai ciri khasnya.

Di sisi kiri ponsel terdapat tombol volume, sedangkan di sebelah kanannya ada tombol power yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Penggunaannya juga gampang sehingga pemindaian sidik jari terasa lebih mudah. Dan, di sisi bawah, ada lubang USB Type-C, Audio Jack dan lubang speaker. Gak ketinggalan juga ada lubang microphone di bagian atas dan bawah ponselnya Gan.

So far, Ane cukup suka dengan desain bodi belakangnya yang terlihat premium dan stylish.

Layar Ultra Smooth Display 90Hz

Layar Hp realme 6 Pro berukuran 6,6 inci dan beresolusi Full HD+. Salah satu yang menonjol dari layarnya adalah hadirnya Ultra Smooth Display 90Hz. Kita bisa memanfaatkan fitur ini ketika bermain game yang telah mendukung refresh rate hingga 120Hz. Jadi siap-siap aja makin asik main gamenya.

Selain itu Hp realme 6 Pro dilengkapi dengan rasio 20:9, resolusi FHD+ 2400x1080P, rasio screen-to-body 90,6 persen, dengan kecerahan 480nits. Terlihat sangat berkelas Gan walaupun belum Super AMOLED.

Realme juga mengadopsi Dual In-display Selfie untuk versi realme 6 Pro, yang tersusun atas 16MP wide-angle kamera disertai 8MP ultra wide-angle. Dan Saat mengaktifkan Face Unlock ataupun kamera depan, maka secara otomatis tepi kamera bakal memainkan efek lampu menyala, Gan. Kita juga gak perlu khawatir dengan goresan layar, Hp realme 6 Pro sudah melapisi Corning Gorilla Glass 5 sebagai proteksi layarnya.

BACA : Hasil Jepretan Memuaskan, Ini 6 Hp dengan Quad Camera Harga Murah Gan!

6 Kamera Pintar

Hasil indoor yang memesona dari kamera Realme 6 Pro saat pemotretan indoor dengan cahaya minim.
Jepretan makronya juga patut diacungi jempol, detil papan keybboard laptop pun terlihat kontras.

Dalam tagline-nya ‘6 Cameras. Pro Display.’, versi Pro dari realme 6 ini dibekali dengan Quad 64MP dibagian belakang, Gan. Adapun keempatnya tersusun atas 8MP ultrawide, 64MP kamera utama, 12MP lensa telephoto, dan 2MP lensa makro.

Kamera utama 64 MP ini menggunakan sensor Samsung GW1 64MP 1/1,72 inci, aperture besar f/1,8, dan lensa 6P, Gan. Kamera ini ditanamkan mekanisme 4-in-1 pixel binning cerdas Quad Bayer. Selanjutnya ada lensa ultra wide-angle 8 MP yang dapat menangkap sudut 119 derajat.

Sementara untuk keperluan video, jangan khawatir, Gan! Kamera ponsel ini sudah membawa stabilisasi video UIS dan UIS Max yang akan mengurangi guncangan ketika merekam video. Dan menghasilkan gambar yang lebih enak ditonton. Mau nge-vlog juga bisa banget Gan.

Dan di kamera depan terdapat kamera utama 16 MP Sony wide-angle IMX471 + 8 MP 105 derajat kamera super wide-angle. Hasil foto yang ditangkap juga sangat baik pada saat kondisi terang dan cahaya cukup. Tapi kalau saat malam hari atau pencahayaan kurang, hasil foto juga masih tetap apik kok Gan.

Realme juga melengkapi dengan kehadiran beragam fitur seperti AI Beauty, mode potrait dan mode malam atau bokeh. Kamera selfie ini juga bisa merekam video 1080p dan 720p dalam kecepatan 30fps, Gan. Selain itu ada fitur baru untuk kamera depan realme, adanya video gerak lambat atau slo-mo selfie. Jadi makin seru deh buat konten.

Performa Sangat Baik

Buat Agan yang belom tau, Realme 6 Pro jadi ponsel pertama di dunia menggunakan prosesor Snapdragon 720G. Prosesor ini dibuat menggunakan proses produksi 8nm. Dikolaborasikan dengan CPU Kryo 465 dengan dua core Cortex-A76 hingga 2.3GHz dan enam core Cortex-A55 hingga 1.8GHz, yang mana bekerja sama dengan GPU Adreno 618. Dengan begitu, performa dan animasinya pun sangat baik Gan.

Terbukti saat Ane gunakan untuk bermain game berat layaknya Fortnite, Gan. Realme 6 Pro sangat mendukung. Agan gak perlu khawatir lagi karena layar  90Hznya sangat gahar dipadukan dengan performa dari Snapdragon 720G. Sangat layak buat Agan yang memang hobi mobile gaming. Kapasitas memori juga oke punya, karena Realme menawarkan 8GB RAM disertai 128GB ROM.

Jika diukur berdasarkan benchmark sintetis, performa realme 6 Pro cukup mengesankan. Ia unggul jauh dibanding Vivo V19, dan sedikit di atas Xiaomi Mi Note 10 Pro. Realme 6 Pro juga unggul tipis dibanding Samsung Galaxy A80 yang menggunakan chipset Snapdragon 730G.

BACA : 7 Smartphone dengan Layar Refresh Rate 90Hz Bikin Nge-game Jadi Mulus Gan!

Baterai irit dengan 30 W VOOC Flash Charge

Realme 6 Pro : 30 Flash Charge

Berbeda dengan pendahulunya Realme XT yang hanya dibekali baterai 4000 mAh, Realme pun menambah kapasitas pada seri Realme 6 Pro sebesar 4300 mAh. Begitu juga sangat spesial karena telah didukung 30 W VOOC Flash Charge. Berdasarkan benchmark menggunakan PCMark, baterai realme 6 Pro ini sanggup bertahan selama 13 jam 29 menit loh Gan. Ini termasuk sangat awet untuk ponsel yang menonjolkan pengalaman gaming-nya.

Saat uji coba pun, proses pengisian baterai berkapasitas 4300mAh dari kondisi 10 persen hingga penuh hanya dicapai dalam 60 menit atau sekitar 1 jam aja Gan. Alhasil, Agan gak perlu nunggu lama lagi.

Realme UI

Realme UI

Soal antarmuka, Realme 6 Pro menggunakan realme UI yang berbasis pada Android 10. Tampilan ikon terasa lebih fresh dengan warna-warna yang cerah. Proses transisi antar aplikasi juga berjalan mulus.

Realme UI ini mendukung gesture di mana kita bisa kembali ke halaman atas dengan menyentuh bagian atas layar atau status bar aja Gan. Semisal Ane sedang membaca berita di sebuah website nih, atau tengah mencari daftar settingan, kita gak perlu lagi menggeser layar ke atas sedikit demi sedikit, cukup dengan menyentuh bagian status bar di ujung layar paling atas aja Gan.

Adapula fitur Mode Fokus, dimana Agan bisa memblokir notifikasi untuk beristirahat beberapa menit gitu Gan. Mengaktifkan Mode Fokus juga akan serta merta memainkan musik yang tenang untuk membantu berisitrahat. Mode ini bagus bagi pengguna dengan keseharian yang padat dan membutuhkan istirahat untuk melanjutkan rutinitas. Keren ya  Gan…

Kelebihan lainya ada Realme Lab. Fitur ini memungkin penggunanya mendengarkan musik melalui 2 perangkat audio seperti headset kabel dan headset nirkabel secara bersamaan. Fitur baru yang sedang diuji coba atau beta testing ini bisa dicoba kok Gan. Semoga aja semakin berkembang dan baik ya Gan.. Dengerin musik pasti tambah seru deh.

Kesimpulan

Realme 6 Pro bisa dibilang flagship killer. Gimana engga.. dengan harga sekitar 4 jutaan, Realme 6 bisa dibilang paket lengkap untuk hp kelas menengah, Gan. Dengan chipset dari Snapdragon 720G, refresh rate di 90Hz dan RAM yang lumayan udah paket lengkap banget nih Gan.

Belum lagi ada 6 kamera dan juga bodi berdesain antariksa jelas sangat menarik perhatian kalangan anak muda banget. Sangat sesuai deh ponsel ini bisa diandalkan dalam berbagai aktivitas kreatif maupun saat main game. Gimana ngiler kan? Ane juga… Cuss beli hapenya di sini.