Home Review Review Realme 8 5G : Mempesona dengan Banderol 3 Jutaan!

Review Realme 8 5G : Mempesona dengan Banderol 3 Jutaan!

133
SHARE

belihape.id – Masuk tahun 2021 semua vendor smartphone berlomba memberikan tren inovasi hp 5G terbaru, termasuk Realme.  Realme sendiri meluncurkan smartphone realme 8 5G, Juni lalu, yang hadir dengan slogan 5G “Fast Speed to Infinity” dan mengklaim sebagai smartphone 5G paling terjangkau untuk semua orang. Nah, kali ini Ane mau kasih tau pengalaman Ane selama pakai hp realme terbaru ini. Berikut ini review realme 8 5G, versi belihape.id.

review realme 8 5G Indonesia
Hp 5G Murah dari realme cukup kompetitif bersaing di pasar.

Review Realme 8 5G

Desain dan layar memukau

sebagain part pertama review realme 8 5G, desain memang tidak boleh dilewatkan. realme 8 5G mengusung dimensi 162.5 x 74.8 x 8.5 mm dengan berat 185 gram. Smartphone ini hadir dengan modul kamera belakang persegi dan kamera punch-hole di sisi kiri atas layar.

Dengan bodi ramping 8,5mm dan ringan 185 gram, realme 8 5G menjadi smartphone 5G tertipis dan nyaman digunakan saat dipegang. Bagian belakang terinspirasi oleh film Fast & Furious, dengan lampu depan yang melaju kencang seperti film kemudian dihadirkan di bagian belakang smartphone untuk menciptakan perubahan cahaya yang dinamis saat smartphone memantulkan cahaya dari sudut pandang tertentu.

realme menyebut konsep desain ini sebagai Dynamic Speed Light. Untuk menghadirkan konsep desain ini, realme 8 5G menggunakan proses pelapisan indium high-gloss pada varian warna Supersonic Blue untuk mengembalikan kesan cahaya yang mengkilap.

Sementara untuk warna Supersonic Black, realme menggunakan proses pola lentikular untuk menghadirkan efek cermin premium guna menghadirkan kesan cahaya yang lebih baik.

review realme 8 5G
Desain minimalis membuat Realme 8 5G terlihat ergonomis

Desain bagian depan realme 8 5G juga masih serupa dengan desain kamera depan berbentuk lubang yang ada di sudut kiri atas layar yang khas. realme 8 5G juga punya ukuran layar 6,5 inci yang sedikit lebih besar dari realme 8 maupun Pro. Layar hadir dengan resolusi 2400×1080 FHD+, tingkat kecerahan hingga 600 nits, dan 16,7 juta warna layar.

Namun di realme 8 5G tidak menggunakan panel layar AMOLED seperti saudaranya, tetapi smartphone ini tetap menawarkan resolusi tinggi di FHD Plus dengan refresh rate 90Hz. Ini jelas mencukupi untuk pengalaman bermain game dan menikmati konten yang memanjakan mata.

Pada bodi bagian bawahnya bisa dijumpai ketersediaan port USB-C, sementara audiojack memberikan pilihan bagi Agan yang masih demen menggunakan earphone. Di bagian samping ada fitur fingerprint atau pemindai sidik jari. Dengan sistem pengenalan kapasitif, hanya dengan sekali tekan, smartphone akan langsung terbuka dan juga memberikan keamanan lebih.

Yang Agan Cari : Amazing! Pertumbuhan realme Capai 100 Juta Pengguna Global!

Kamera

saat review realme 8 5G, nampaknya ini adalah bagian yang mendapatkan sedikit ‘perampingan’, namun dengan sebuah catatan positif. kamera realme 8 5G dilengkapi dengan tiga sensor kamera utama, kalau Agan kira empat, yang satu hanyalah embel-embel logo AI saja, Gan. Sensor utamanya sendiri beresolusi 48MP f/1.8 dengan lensa 6P. Yup, cukup jauh berbeda bila disandingkan dengan saudaranya yang Pro punya 108MP.

Selain 48MP, hp realme 5G terbaru ini juga ada kamera depth dan makro masing-masing 2MP. Sedangkan bagian depan ada kamera selfie 16MP AI beauty yang menemani. Meskipun terlihat biasa saja menurut belihape.id kemampuan fotografi atau hasil foto dari kamera saat review realme 8 5G masih tetap memuaskan, bahkan saat Ane melakukan pengujian pengambilan foto tanpa mengaktifkan mode 48MP Ultra HD.

review realme 8 5G outdoor
Makro
review realme 8 5G outdoor
Outdoor

Warnanya cukup akurat meski umumnya sedikit lebih berwarna. Saat Ane gunakan di malam hari, hasil foto langsung terlihat jauh lebih halus. Dan saat mode Nightscape diaktifkan, kualitas jauh meningkat. Pengambilan juga tak memerlukan waktu lama, plus ada beberapa filter malam khusus yang bisa digunakan untuk percantik foto.

Untuk kebutuhan video, kamera belakang realme 8 5G mendukung rekaman 1080P dengan 30fps, 720P dengan 30fps, dan 720P dengan 120fps slow-motion. Sementara kamera depannya mendukung perekaman video 1080P/30fps dan 720P/30fps.

Performa

Review realme 8 5G pada performa selama pemakaian beberapa hari, Ane gak merasakan adanya kendala. Hp realme terbaru ini terbilang lancar untuk menjalankan kebutuhan sehari-hari, seperti menonton video, mendengarkan lagu, atau berkomunikasi lewat aplikasi chatting.

Hal itu berkat adanya chipset MediaTek Dimensity 700 5G, yang menggabungkan dua inti Arm Cortex-A76 berkemampuan tinggi dalam CPU octa-core yang beroperasi hingga kecepatan 2.2GHz.

review realme 8 5G performa
Genshin Impact

Dimensity 700 5G menggunakan prosesor produksi 7nm terbaru, yang lebih hemat daya hingga 28% dibanding proses 8nm yang setara. Kemudian, dapat menggunakan prosesor berkinerja tinggi sambil menyedot daya, memperpanjang masa pakai baterai agar penggunanya tetap terhubung lebih lama, Gan.

Dimensity 700 menghadirkan GPU yang kuat yakni Arm Mali-G57 MC2 dengan kecepatan clock 950MHz. Skor pengujian AnTuTu chipset saat Ane review realme 8 5G mencapai 360.394 yang lebih tinggi dari chipset 5G lainnya, Gan.

Realme 8 5G hadir dengan model kapasitas RAM 8GB didukung memori internal 128GB LPDDR4x dual channel serta teknologi UFS 2.1. Kapasitas memori internalnya tadi disebutkan bisa menyediakan virtual RAM atau tambahan kapasitas RAM hingga 3GB.

Hal terbaru yang ingin Realme hadirkan di hp terbaru ini ialah teknologi Dynamic RAM Expansion Technology (DRE) yang akan mengkonversi ROM menjadi virtual RAM. Berkat teknologi DRE ini, Agan bisa lancar dan melakukan kegiatan multitasking seperti akses banyak aplikasi dengan sekaligus, hingga memainkan beberapa game berat sekalipun.

Yang Agan Cari : Review Realme Narzo 30A, Hp Gaming 1 Jutaan Multimedia Jempolan

Antarmuka dan Fitur

Selama seru-seruan review realme 8 5G, realme UI sendiri menjadi salah satu tampilan antarmuka Android yang Ane suka juga, Gan. Bisa kustomisasi yang banyak tanpa harus tampil berantakan, alias masih clean hampir mendekati stock Android, hp realme ini pun tentunya sudah jalankan versi terbaru, realme UI 2.0 berbasis Android 11.

Mulai dari dark mode dengan beragam tingkatan, Google News di tampilan depan, hingga floating windows yang memungkinkan Ane jalankan aplikasi dalam jendela kecil di atas aplikasi lainnya. Bila inginkan kustomisasi mendalam, ada juga opsi ganti tema sampai icon pack, kalau Agan mau smartphone lebih terasa “Ane banget”.

Soal fitur tenang aja Gan, selama Ane review realme 8 5G, hp ini punya sejumlah fitur seperti NFC yang kini banyak menjadi pertimbangan orang saat membeli smartphone. Hp realme terbaru ini pun di kemasan penjualannya sudah langsung menyebutkan bahwa mereka menyediakan fitur NFC.

Ponsel terbaru ini juga masih menyediakan fitur Game Space yang diklaim mampu meningkatkan performa saat bermain game. Fitur ini cukup penting mengingat kemampuan koneksi 5G yang kencang dan latensi rendah bisa menyajikan pengalaman bermain game mobile dengan ping yang rendah sehingga gak putus-putus.

Baterai

review realme 8 5G baterai
Setting baterai lengkap

Nah, gimana soal baterainya nih Gan? Selow, saat review realme 8 5G ini, masih terbilang aman. Desainbodi yang tipis menawan, ponsel ini tetap ditenagai dengan baterai jumbo berkapasitas 5000mah dengan pengisian cepat 18W menggunakan konektor tipe-C, sehingga dapat terisi penuh dengan cepat.

Untuk penggunaan sehari-hari yang cukup intensif, baterai tersebut sanggup digunakan sampai satu hari penuh, dan seringkali lebih. Tentunya bakal lebih tahan lama bila ikut memanfaatkan beberapa fitur tambahan, seperti App Quick Freeze atau mode power saving yang beragam.

Yup, ponsel ini sudah mendukung Smart 5G Power Saving. Sebab, 5G membutuhkan konsumsi daya lebih, sehingga akan mempersingkat masa pakai baterainya. Dengan demikian, Realme memperkenalkan Smart 5G Power Saving untuk solusinya.

Gak sampai itu aja Gan, jaringannya bakal turun otomatis ke 4G kalau gak dibutuhkan dan bisa mengidentifikasi kekuatan sinyal di sekitar. Dengan begitu, konsumsi dayanya diklaim bisa turun hingga 30%.

Yang Agan Cari : Hp Realme Rusak! Ini Daftar Service Center Realme di Indonesia

Untuk ketahanan main juga sama alias Aman. Dalam review realme 8 5G saat main game, masih bisa diajak bermain PUBG Mobile di pengaturan tertinggi grafis HD dan frame rate High serta Anti-Aliasing yang aktif tanpa kendala selama permainan.

Sementara di game Genshin Impact, Ane rasa kualitas grafis yang disarankan oleh game adalah di tingkat Lowest sebagai default. Di sini performa di dalam game masih tergolong mulus meskipun sesekali ada momen stuttering atau patah-patah.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa pendapat Ane selama review realme 8 5G. Ponsel ini memang cocok menyandang julukan ‘Smartphone 5G Paling Terjangkau Untuk Semua Orang’. Soalnya, dengan harga yang terjangkau, tak membuat Realme menurunkan kualitas dari smartphone ini. Bagi Agan yang sedang mencari smartphone 5Gseharga Rp3 jutaan, hp realme terbaru ini dirasa cocok, Gan.

Selain sudah siap dengan jaringan 5G-nya, desain, layar, performa hingga kamera pun layak diagungkan, Gan. Jadi tunggu apalagi, Gan?