SHARE
review hp realme C3

belihape.id – Realme lagi-lagi pengen buat penggemarnya terheran atau bahkan tergirang-girang nih Gan. Gak heran penggemar setianya hampir anak muda. Soalnya Realme ini baru aja meluncurkan karya terbarunya yaitu Hp Realme C3, Februari lalu.

Dimana hp ini tuh menyimpan fitur-fitur keren yang berkualitas seperti, kamera cakeb, prosesor canggih, baterai cadas dan layar cetar, Gan. Apalagi harganya cuma sejutaan Gan. Penasaran kan gimana, langsung kita review aja Realme C3 nya ya Gan.

Ane bahas dikit packaging nya dulu ya Gan. Dengan warna kuning cerah nya, Realme membungkusnya dengan baik. Isinya juga lengkap ada charger dan kabel USB type-B, ada manual book dan kartu garansi seperti biasa Gan. Tapi sayangnya Realme C3 gak ngasih free softcase kayak di Realme 6 Pro. Ya wajar sih, kalo diliat harganya, Gan.

Review Hp Realme C3

Desain ‘Sunrise’ yang Menawan

Di seri ini Realme hadir dua pilihan warna, yaitu Frozen Blue dan Blazing Red. Dua-duanya memiliki bodi belakang berdesain Sunrise. Yup cukup menarik yah desain-desain besutan Realme ini Gan.

Memiliki berat 195gram dan ketebalan di 8.95mm, Hp Realme C3 cukup enak digenggam dan nyaman  saat dimasukkan ke kantong Gan. Apalagi Hp Realme C3 gak ngerepotin kita harus selalu bersih, karena panel belakangnya dikemas dengan bahan policarbonat bertekstur jadi gak ada jejak sidik jari lagi Gan.  

Smartphone ini juga sudah tahan percikan air Gan, karena dirancang dengan penutup plastik serta penyegelan port. Semua port di ponsel tertutup rapat dan tahan percikan walau tanpa sertifikasi tahan air resmi, realme merancang ponsel ini Gan. Biasanya fitur kayak gini adanya di hp flagship aja loh Gan.

Masih dibagian bodi belakang, Hp Realme C3 hadir dengan lingkaran pemindai sidik jari tepat di tengah atas, Gan. Di sisi kiri, Realme C3 memiliki tiga kamera utama yang disusun secara vertikal.

Lalu di sebelahnya ada LED Flash Light dan tulisan ‘AI Super Camera’ yang menjadi tanda bahwa ponsel ini dibekali dengan sistem kamera berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), Gan.

Tombol power terletak di sisi kanan ponsel, sedangkan di sisi kiri ada tombol volume terpisah serta slot kartu non-hybrid, alias Agan bisa gunakan dua kartu SIM plus kartu memori sekaligus. Semua tombolnya terasa cukup presisi ketika ditekan.

Di bagian atas hp kosong, sedangkan di sisi bawahnya ada jack audio 3.5mm, mikrofon, port micro-USB serta sebuah speaker mono, Gan. Bezel kiri dan kanannya relatif tipis kok Gan, dan bagian bawah sedikit tebal khas ponsel kelas entri.

Layar Cetar

Next kita bahas layar depannya nih. Layar Hp Realme C3 terbilang lega nih Gan, dengan bentang layar seluas 6,5 inci dan rasio layar ke bodi mencapai 89,8 persen. Panel layarnya sendiri seh masih LCD, wajar ya Gan kan harganya juga sejutaan, dan sudah beresolusi HD Plus 720 x 1.600 piksel kok. Realme juga sudah melengkapi layarnya dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 3. Lumayan kan..

Pengalaman Ane selama menggunakan smartphone ini di bawah terpaan sinar matahari langsung, layarnya bisa tampil dengan baik kok Gan. Namun agar lebih maksimal tentu harus mengatur tingkat kecerahan alias brightness ke mode penuh atau maksimal dulu Gan. Interaksi di dalam layar juga terbilang baik. Cukup reponsif dan sentuhannya juga halus.

Fitur lain seperti auto brightness dan eye care Realme juga sudah ada biar mata tetap aman meski digunakan dalam kurun waktu lama. Oya Gan, dengan kemampuan layar yang disediain oleh Realme C3 masih asik kok buat nonton online seharian dan main game apalagi punya baterai jumbo.

Triple Camera Cakep

Pasti udah ga sabar review kameranya kan? Sesuai jargonnya Triple Camera, Realme Indonesia sudah menyiapkan kamera belakang triple camera yang terdiri dari 12MP + 2MP + 2MP. Kamera utamanya 12 MP dengan bukaan besar f/1.8 dan area single-pixel 1,25μm yang dapat menyerap cahaya secara baik, Gan.

Kamera keduanya yang memiliki ukuran 2 MP berfungsi untuk menangkap foto portrait. Sementara kamera ketiga 2 MP berfungsi untuk menangkap objek secara dekat dengan jarak 4cm. Juga ada fitur makro dan bokeh yang bisa Agan atur tingkat blurnya secara langsung.

Fitur lainnya adalah Chroma Boost yang dapat mempertajam gambar, meningkatkan dynamic range dan mengoptimalkan hasil jepretan Gan. Ada juga pengaturan professional (Expert), Panorama, Slo-Mo dan Time-Lapse. Banyak kan..

Buat yang demen bikin video, kamera Realme juga mendukung perekaman video 1080p dan video slo-mo hingga 120 fps. Sementara di bagian depan, Realme C3 memiliki kamera selfie 5 MP berdiam dalam panel waterdrop.

Kamera selfienya sendiri mendukung fungsi Beauty AI, mode HDR, fitur mode portrait, dan fitur Panoselfie yang dapat mengambil foto selfie yang lebih luas, Gan. Namun realme C3 belum punya sistem stabilisasi video seperti Hp Realme diatasnya.

Performa Canggih dan Game Monster

Hp Realme C3 adalah handphone pertama di Indonesia dengan prosesor MediaTek Helio G70 nih Gan. Diklaim sebagai yang terbaik di segmen entry level sudah ditenagai dengan MediaTek Gaming Technology. Canggih gak??

Helio G70 ini dibangun dengan teknologi 12 nm dengan 8 inti prosesor, Gan. Untuk mendampingi prosesor yang gahar ini, Realme dibekali RAM 3GB LPDDR4X dengan penyimpanan internal 32GB.

Untuk memperluas storage, Realme juga sudah menyediakan slot ekspansi yang bisa ditambahkan kartu microSD hingga kapasitas 256GB. Lumayan kan Gan?!

Soal gaming, hp realme C3 sudah memiliki ARM Mali-G52 untuk pengolahan grafis terbaik. Chipset pada HP realme terbaru ini benar-benar buat Ane penasaran banget Gan. Makanya, Ane langsung instal beberapa game seperti Mobile Legends dan PUBG Mobile.

Untuk grafisnya, semua settingan langsung Ane atur rata kanan alias yang paling maksimal yang bisa dipakai di HP ini, Gan.

Terbukti dengan dukungan fitur Display Latency dan Helio G70 yang dipunya nyatanya mampu memberikan waktu responsif cepat, layar kontrol lebih akurat dan mampu meningkatkan fluiditas layar sentuhnya, Gan.

Pengalaman visual yang dihadirkan chipset melalui Premium Picture Quality yang mendukung True Color mampu memberikan kontras layar yang lebih baik, output juga lebih cerah dan tampilan gambar lebih jelas saat bermain game dan menonton video.

So far, HP realme C3 murah ini sesuai slogan ‘Game Monster’ karena memang berkualitas Gan. Untuk kategori seri entry level harga sejutaan, dapur pacunya udah  powerful banget dan nyaman buat main game berat, Gan. Experience gaming 3D seperti PUBG Mobile nyaris gak pernah terganggu dengan settingan rata kanan.

Baterai Jumbo

Performa Hp realme C3 juga tidak lepas dari dukungan baterai cadas berkapasitas besar 5000 mAh. Sang vendor menyebut juga jika HP ini memilki 727,7 jam waktu siaga, 19 jam mendengarkan musik dan 20,8 jam untuk menonton film Gan. Sulit kayaknya untuk menghabiskan masa pakai baterai ponsel ini dalam waktu hanya satu hari aja Gan.

Ponsel ini sanggup bertahan hingga lebih dari sehari lebih pada penggunaan normal. Dalam hal ini, menjalankan aktivitas di sosial media dan bermain game dengan intensitas yang sedang. Yang unik adalah, Realme C3 memiliki fitur OTG reverse charging khusus, yang dapat menjadi baterai cadangan, Gan.

Sayangnya, Realme C3 belum dilengkapi dengan pengisian daya cepat neh Gan. Pertama pengecasan memakan waktu sekitar 3,5 jam dari nol hingga terisi penuh, Gan. Tapi jangan khawatir dulu karena, Realme C3 selain awet baterainya juga waktu pengisian daya gak mengonsumsi waktu terlalu lama, Gan.

Realme UI

Realme C3 sudah memakai sistem operasi berbasis Android 10 dan realme UI versi 1.0 nih Gan. Sang vendor kini sudah menawarkan kustomisasi khusus alias gak lagi memakai antarmuka besutan OPPO. Meskipun begitu, masih ada beberapa karakter dan style ColorOS yang terbawa nih Gan.

Dengan realme UI, tampilan realme C3 tampak lebih fresh sekaligus cantik ketika digunakan. Opsi Dark Mode yang dipunya menjadi lebih mudah digunakan. Dengan Dark Mode, Agan bisa menggunakan realme C3 secara nyaman di tengah kondisi gelap.

Realme UI memiliki 4 fitur trendi nih Gan terdiri dari Focus Mode, Dual-Mode Music Share, Three-Finger Screenshot Gesture dan Personal Information Protection, Gan. Gak ketinggalan juga ada fitur Game Space, dan built-in screen recording yang kini bisa merekam suara sistem secara langsung tanpa melalui mikrofon, Gan. Unit review realme C3 ini juga udah mendukung fingerprint unlock dan face recognition yang dapat membuka kunci smartphone dengan satu klik atau pandangan. Keren kann…

Kesimpulan

Sampai kepada kesimpulan nih Gan.. Realme C3 menawarkan banyak sekali fitur yang gak banyak bisa ditemukan untuk ponsel sekelasnya nih. Buat gamers dengan budget terbatas, Ane rasa Hp ini pilihannya.

Punya chipset gaming dari MediaTek, kamera handal dan punya baterai kuat 5000mAh. Harga yang terbilang murah tapi nyatanya gak murahan kok Gan. Ane cukup demen dengan hp ini. Buat Ane yang udah tertarik banget bisa beli hp di sini.