SHARE
realme narzo 30a
Realme Narzo 30a

belihape.id –Ane rasa semuanya pasti setuju kalau brand Realme merupakan hp-nya kawula muda. Sebut saja smartphone terbarunya yang baru meluncur yaitu Realme Narzo 30A. Siapa sangka walau termasuk dalam series Narzo, hp terbaru realme ini dibanderol Rp 1jutaan saja dan sudah tergolong hp gaming murah Gan. Wajar saja banyak kawula muda yang mengincar hp ini. Buat Agan yang pengen juga memiliki hp gaming murah besutan Realme ini, yuk langsung aja simak review Realme Narzo 30A selengkapnya di bawah ini.

Realme Narzo 30A menjadi ponsel pertama yang diluncurkan Realme di Indonesia tahun ini, Gan. Ponsel entry level ini mengunggulkan baterai yang besar dan chipset Mediatek Helio G85 yang cocok untuk gaming dengan harga Rp 1 jutaan.

Packaging Box Warna Biru

Sebelum mendalam ke review realme Narzo 30A, Ane kasih liat sedikit dulu packaging box-nya ya Gan. Kalau Narzo series dan lainnya sebelumnya selalu bercorak kuning pada box-nya, berbeda dengan box hp realme terbaru ini Gan. Box realme Narzo 30A ini berwarna biru dan tentunya sangat berbeda dari sebelumnya.

Selain mendapatkan unit smartphone, realme Indonesia menyuguhkan kabel USB dan charger, dilengkapi juga dengan buku panduan serta pin ejector untuk membuka slot SIM card dan MicroSD.

Bagi Agan yang mengharapkan jelly case dan headset, sayangnya realme tidak menyertakan untuk varian ini Gan. Tapi sepertinya gak terlalu masalah bagi penggemar kelas smartphone gaming harga 1 jutaan. Masih banyak kok keunggulan di balik smartphone gaming entry-level ini, berikut review Realme Narzo 30A lengkapnya.

Review Realme Narzo 30A

Desain

Realme memang selalau memberikan variasi desain yang kece dan pas untuk kawula muda. Sebagai yang pertama review realme narzo 30A kita lihat desain seluruhnya dulu ya Gan. Series Realme kali ini menampilkan gaya Diagonal Stripe Design dan menciptakan ruang visual yang seolah bergelombang dan apik sehingga mudah dikenali.

Desain ini menunjukkan sikap dan kepribadian dinamis ala kawula muda, karena visual anyar ini mengingatkan pada sebuah pergerakan dan menunjukkan gaya bebas, Gan. Kemudian jika dilihat dari jauh pun dirasa dengan mudah cepat menarik hati para pembeli pada saat pandangan pertama.

Soal warna, series Narzo 30A kali ini diperkenalkan oleh realme dengan dua warna yakni laser black dan laser blue. Kebetulan yang dijajal oleh tim belihape.id kali ini yaitu series Narzo 30A dengan warna laser black.

Gaya Diagonal Stripe Design ini tentu tidak membuat ponsel menjadi licin dan lebih mantap saat digenggam, Gan.  Di bagian belakang ponsel terdapat sensor sidik jari yang kerjanya cukup responsive walau sedikit ketinggian oleh jari pendek seperti Ane ini Gan.

Masih bagian belakang, hp ini sudah tersematkan modul berbentuk kotak yang kalau dilihat sekilas terdiri dari tiga kamera belakang dan satu flash, Gan. Tapi desain ini cukup mengecoh karena sebenarnya ponsel ini hanya memiliki dua kamera belakang, dan lingkaran satunya lagi adalah dummy dengan tulisan ‘AI’. Upsss..

Realme menempatkan tombol power dan volume di sisi kanan, serta slot kartu SIM dan microSD di sisi kiri. Di bagian bawah ponsel terdapat port USB-C, speaker dan headphone jack 3,5 mm.

Layar

Selanjutnya review Realme Narzo 30A bagian layarnya. Hadir dengan layar seluas 6,5 inci HD+ dengan rasio layar 20:9 cukup memuaskan meski memiliki bezel yang cukup tebal di bagian bawahnya Gan.

Pada layar Realme Narzo 30A terdapat waterdrop notch untuk menempatkan kamera selfie. Meski begitu, Realme mengklaim bahwa area poninya berkurang 30,9 persen dibandingkan dengan sebelumnya.

Hp realme terbaru ini memberikan pandangan yang lebih luas sehingga memberikan pengalaman lebih seru saat main game dan menonton video favorit Gan.

Hp entry level ini memiliki rasio screen-to-body hingga 88,7%, memungkinkan Agan mengurangi gangguan visual yang ada pada smartphone pada umumnya dan menampilkan konten multimedia yang lebih menyenangkan.

Di balik lapisan antigores yang sudah terpasang, realme berikan perlindungan Gorilla Glass 3, sekaligus rasa aman tanpa antigores sekalipun. Tak ada masalah dengan responsivitas layarnya, dan masih mudah terlihat di bawah sinar matahari.

Untuk melengkapi pengalaman multimedia, ponsel ini dilengkapi dengan satu speaker di bagian bawah. Kualitasnya cukup memuaskan, walau agak sedikit cempreng begitu volume video atau musik dalam mode full.

Kamera

Review realme narzo 30a yang gak boleh kelewatan adalah kameranya nih Gan. Dengan modul kotak serupa realme C11, sejatinya sensor kamera smartphone gaming kelas entri ini hanya dua, Gan. Sementara dua lainnya adalah lampu flash dan logo bertuliskan “AI-Camera”.

Sejatinya hp entry level ini hanya dibekali dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 13 MP dan depth sensor 2 MP. Untuk mengambil selfie tersedia kamera depan 8 MP.

Saat Ane ambil foto dalam keadaan cukup cahaya, hasil tangkapan kamera utamanya cukup bagus dan clear, Gan. Ada night mode khusus untuk mengambil foto dalam keadaan minim cahaya, tapi performanya belum begitu memuaskan.

Bicara soal night mode, Realme menyertakan tiga filter keren yaitu Cyberpunk, Flamingo dan Modern Gold. Jika digunakan dengan tepat, filter-filter ini bisa menghasilkan foto yang ciamik nan aestetik untuk diposting di media sosial.

Depth sensor yang disediakan cukup bagus dalam mengisolasi objek dan memberikan blur yang tidak berlebihan. Berikut beberapa hasil foto yang diambil menggunakan Realme Narzo 30A.

Memang hanya sebatas itu saja, alias tidak ditemukan kamera ultra wide-angle maupun makro pada realme narzo 30A. Kemampuan merekam videonya pun standar, dengan resolusi maksimum 1080p di 30fps dan tanpa bantuan EIS. Sehingga memerlukan tangan yang stabil supaya video tidak bergetar.

Realme juga membekali kamera depan dengan rangkaian fitur AI Beuaty, Potrait Mode dan fitur lainnya, Gan. Menurut Ane setelah review realme narzo 30A, hp ini sudah maksimal banget Gan apalagi disektor harga 1 jutaan.

Realme UI & Fitur Tersembunyi

Review Realme Narzo 30A selanjutnya, soal system pengoperasiannya nih Gan. Hp ini mengadopsi sistem operasi Realme UI berbasis Android 10 yang tampilannya mendekati antarmuka Android murni.

Dengan begitu, pengalaman penggunaan Realme UI menjadi mulus dan menyenangkan. Sayangnya pada Ane review Realme Narzo 30A, terdapat cukup banyak aplikasi bawaan yang terinstal. Hal ini membuat tampilan antarmuka Realme UI terlihat penuh.

Tapi setidaknya, pada versi sekarang ini fiturnya pun tak kalah lengkap. Selain memiliki pemindai sidik jari untuk membuka kunci di bagian belakang, Realme Narzo 30A juga mendukung pengenalan wajah, yang dapat dengan mudah dibuka dengan satu klik atau pandangan.

Fitur lain dari series Narzo kali ini adalah tangkapan layar 3 jari. Agan cukup tekan dan tahan di layar menggunakan 3 jari lalu geser guna mengambil bagian layar yang dipilih.

Begitupun sebagai smartphone gaming, tentunya dibekali pula fitur Game Space yang bisa optimalkan performa dan menyesuaikan notifikasi.

Nah berikut fitur tambahan yang dibawa hp realme terbaru:

– Dual Mode Music Share

Fitur ini memungkinkan dua pengguna untuk menikmati video atau lagu yang sama menggunakan earphone nirkabel dan earphone kabel secara bersamaan. Dengan begitu, kedua orang bisa mendengarkan lagu atau menonton film yang sama.

– Perlindungan informasi pribadi

Realme UI dibekali dengan perlindungan informasi pribadi. Sistem ini menyediakan halaman informasi kosong ketika aplikasi meminta untuk mengakses informasi pribadi penggunanya.

Fitur ini memastikan riwayat panggilan, kontak, dan pesan penggunanya tetap pribadi serta mencegah kebocoran informasi.

– Dark Mode

Realme UI juga memungkinkan adanya dark mode bawaan. Mode ini telah dioptimasi agar dapat dijalankan di lebih banyak aplikasi pihak ketiga. Realme UI juga memungkinkan untuk mengatur mode gelap untuk mati otomatis saat matahari terbit dan menyala ketika matahari terbenam.

Performa

Review realme Narzo yang paling ditunggu nih yaitu performa kerjanya. Dengan mengusung mediatek Helio G85 yang bisa memberikan smooth untuk para penggunanya dan tetap memberi harga yang tak mencekik yakni kisaran Rp1 jutaan, Realme Narzo 30A bisa dibilang cukup berani dibandingkan kompetitor lainnya nih Gan.

Arsitektur CPU octa-core, fabrikasi 12nm, digabungkan dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal cukup luas di 64GB—masih bisa ditambah kartu microSD lewat sistem triple-slot SIM tray.

Prosesor ini didukung octa-core dengan kecepatan hingga 2.0GHz. Dipasangkan dengan GPU ARM Mali-G52, paduan ini diklaim mampu menghadirkan pengalaman nge-game yang nendang. Helio G85 sendiri diklaim memiliki skor benchmark AnTuTu pada rentang 200.000+.

Ketika dipakai main game PUBG Mobile, perangkat ini cukup nyaman saat dipakai. Permainan berjalan tanpa lag. Sayangnya, permainan PUBG Mobile pada Realme Narzo 30A maksimal hanya di grafis HD dengan frame-rate High. Namun ketika Ane ubah ke Balanced – Ultra juga masih sangat lancar. Suhunya pun terjaga, tak sampai muncul rasa panas mengganggu, Gan.

Baterai

Beralih ke performa baterai, review Realme Narzo 30A didukung baterai 6.000mAh dengan pengisan daya cepat 18W.

Dengan kapasitas bongsor, baterai hp entry level ini terbilang cukup awet. Pada kapasitas 70 persen, Ane memakai Realme Narzo 30A untuk streaming dan setelah beberapa jam, baterai perangkat masih sekitar 50 persen.

Bahkan menurut pengujian Realme Lab, perangkat ini bisa bertahan selama 46 hari dalam mode siaga. Untuk telepon, Narzo 30A ini bisa bertahan 52 jam, untuk Spotify bisa tahan 114 jam, untuk game bisa bertahan 10 jam. Sementara ketika dipakai untuk WhatsApp dan YouTube, perangkat dapat bertahan hingga 28 jam dan 27 jam.

Untuk pengisian daya, Realme Narzo 30A bisa diisi penuh dalam waktu lebih singkat, yakni kurang dari 2 jam. Sementara untuk fitur tambahan, ada pula mode screen battery optimization yang akan menurunkan beberapa efek tampilan untuk meningkatkan daya tahan baterai.

Kemudian juga ada sleep standby mode untuk penghematan daya ketika tidur. Hingga mode power saving mode yang mengurangi tingkat kecerahan layar untuk memperpanjang masa pakai baterai, Gan.

Kesimpulan

Nah sebagai kesimpulan review Realme Narzo 30A, buat Agan yang hendak mencari smartphone Rp 1 jutaan namun dengan baterai besar, RAM dan memori besar, serta perfoma untuk main game mobile, Realme Narzo 30A bisa jadi salah satu opsinya.

Namun kalau ingin lebih fokus ke kebutuhan fotografi, sepertinya bakal lebih baik memilih Narzo 20 dengan setup kamera lengkap. Walaupun harganya lebih mahal, mencapai lebih dari Rp2 juta, Gan.

Soal fitur Ane rasa sudah cukup lengkap dari kamera, gaming, layar, & baterai, semua sudah sesuai dengan harganya, apalagi jangan berharap ada fitur NFC di hp ini ya Gan. Soal desain juga gak kalah saing dengan yang lainnya Gan.