SHARE
review realme narzo indonesia

belihape.id – Beberapa waktu lalu, realme memperkenalkan hp terbarunya di tanah air yaitu Realme Narzo. Smartphone terbaru yang diberi nama realme Narzo ini merupakan seri keluarga baru di jajaran smartphone besutan Realme. Nah, pas banget belihape.id berkesempatan review realme narzo yang disebut hp ini pas untuk kebutuhan mobile entertainment bagi para kaum milenial, Gan.

Dengan harga sekitar 2.7 jutaan, realme narzo dijanjikan memiliki kinerja yang baik untuk memenuhi kebutuhan hiburan seperti bermain game dan menonton video atau film, bagi penggunanya, Gan. Otomatis realme sudah menyiapkan kinerja dan daya tahan yang kuat baik dari prosesor, tampilannya, baterai maupun pengisian baterai.

Dengan jargon “Feel the Power”, realme Narzo mengandalakan chipset Helio G90T yang tentunya terbaik untuk gaming. Demi upaya memberikan eksperimen berselancar  yang lebih optimal, smartphone ini menyuguhkan tampilan layar 90Hz dan disokong baterai berdaya tahan tinggi plus teknologi  Flash Charge 30W.

review realme narzo: packaging
review realme narzo: packaging

Sebelum Ane review realme narzo lebih mendalam, kita bahas dulu packaging-nya. Realme mengemasnya dengan sangat baik dan lengkap nih seperti biasa, Gan. Perangkat Realme Narzo sudah menyediakan jelly case beserta sim ejector. Gak lupa juga disertai garansi resmi dan manual book dari Realme Indonesia, serta kabel charger, Gan.

Review Realme Narzo

Desain yang kece abis

review realme narzo: desain
review realme narzo: desain

Kita mulai dengan membahas desain dari smartphone realme Narzo ini terlebih dahulu ya, Gan. Perangkat ini memiliki desain yang menurut realme terinspirasi dari cahaya bulan yang terang dan gerhana yang magis. Sama dengan realme sebelumnya yang memang mengambil konsep desain antariksa.

realme Narzo mengusung real Design dengan bodi belakang bermaterial polikarbonat dan bingkainya terbuat dari plastik. Memiliki dimensi sebesar 162,1 x 74,8 x 8,9 mm dengan berat sekitar 191 gram. Pilihan warna untuk realme Narzo ini sendiri terdiri dari Just White dan Just Black. Sekilas sih ini mirip realme 6, Gan.

Casing belakangnya menggunakan teknologi pelapisan optik baru agar kecerahan dan saturasi warna meningkat masing-masing sebesar 60 persen dan 50 persen menghasilkan efek visual yang cerah dan kece banget.

Perangkat ini memiliki ketebalan sebesar 6mm dengan bobot seberat 191gram yang masih cukup nyaman untuk digenggam dan dioperasionalkan dengan satu tangan.

Penempatan tombol di perangkat ini juga cukup sederhana dengan hanya ada satu tombol di sisi kanan yang berfungsi sebagai tombol power dan juga rumah bagi sensor sidik jari. Respon terhadap sidik jari pengguna cukup cepat, yaitu hanya 0,29 detik saja, Gan.

Beralih ke bagian kiri ponsel, ada tombol pengaturan volume serta slot untuk Dual SIM Card+MicroSD. Sisi atas dibiarkan polos tanpa tombol. Sementara bagian bawah diisi untuk lubang audio jack 3,55 mm, USB Type-C, dan speaker.

Warna hitam polos pada material bodi belakangnya menyebabkan ponsel rentan terhadap debu dan bekas sidik jari, Gan. Tapi tenang aja, masalah ini bisa diatasi dengan memakai softcase atau jelly case bawaan yang terdapat di dalam boks penjualan realme Narzo.

Di permukaan depan tampak polos hanya ada satu tampilan lubang yang berada di pojok kiri atas yang berfungsi sebagai rumah kamera depan. Di bagian belakang terdapat modul empat kamera yang tersusun secara vertical dengan “rumah kamera” yang sedikit menonjol.

Tak ketinggalan juga, bagian belakang tersusun  logo realme tampil elegan dengan warna silver yang berada simetris dengan susunan kamera.

Layar Full HD Plus

review realme narzo
review realme narzo: layar

Menawarkan kinerja yang baik untuk kebutuhan mobile entertainment, tentu realme sudah menyiapkan layar terbaik di kelasnya. Memiliki Display 6,5 inci, layar smartphone ini memiliki kecepatan refresh 90Hz. Dimana layar realme Narzo ini dapat menghasilkan 90 frame per detik, Gan.

Apalagi, resolusi yang diusung smartphone ini lumayan besar, yakni FHD+ (2.400 x 1.080 piksel), punya tingkat kecerahan maksimal 480 nits. Bezelnya pun cukup tipis Gan, mengingat aspek rasio layar ke bodi mencapai 20:9. Jadi, 90.5 persen bagian depan ponsel dipakai untuk layar, bahkan kamera depan tunggal juga dibenamkan ke dalam layar.

Saat diajak nonton film dan video favorit, layar ponsel ini mampu memberikan tampilan yang sangat nyaman di mata dan warna yang ditampilkan cukup natural.

Smartphone ini juga dilengkapi dengan Eye Protection yang bisa menyesuaikan suhu warna layar, dengan menaikkan suhu warna layar untuk mengurangi radiasi cahaya biru layar, supaya mencegah ketegangan mata Agan saat menatap lama pada layar.

Adapun layar perangkat ini dibekali pengaturan vivid dan juga OSIE visual effect yang mampu meningkatkan kejernihan tampilan video, intensitas warna, dan menjadikan penglihatan keseluruhan lebih epic. Jadi, untuk urusan tampilan layar realme Narzo nggak perlu lagi diragukan kebolehannya, Gan.

Kamera wahh!

review realme narzo: kamera
review realme narzo: kamera

Untuk memenuhi kebutuhan fotografi, realme Narzo sudah dilengkapi dengan empat buah kamera belakang. Keempat kamera tersebut terdiri dari 8MP 119 ° ultra-wide-angle, kamera utama 48MP, lensa potret B&W dan lensa makro.

Resolusi yang bisa dihasilkan oleh kamera 48MP ini maksimum mencapai 8000×6000 sehngga mampu menghasilkan gambar dengan detail yang baik. Kamera depan perangkat ini memiliki kapasitas resolusi 16MP dengan aperture F2.0, serta dilengkapi mode kecantikan pintar dan Efek Bokeh. Kamera depan ponsel ini juga bisa melakukan perekaman video slo-mo dengan resolusi 120fps, Gan.

Sementara pada perekaman video, kamera depan dan belakang realme Narzo mendukung banyak fitur video seperti Stabilisasi Video UIS, Video Ultra Wide-angle, perekaman video 4K/30fps dan perekaman video slo-mo 1080P/120fps 720p/240fps.

Performa Kenceng

review realme narzo: performa
review realme narzo: performa

Untuk menemani berbagai aktivitas hiburan di hp ini, realme menyematkan prosesor MediaTek Helio G90T yang dicitakan khusus untuk kebutuhan gaming di ponsel, Gan.

Dengan adanya prosesor ini di dalam jeroan smartphonenya, nggak salah jika realme mengkhususkan Narzo termasuk perangkat gaming. Kemampuan gaming Helio G90T ini dikarenakan prosesor ini dibuat menggunakan proses 12nm, membuatnya lebih kuat dan efisien.

System on Chip (SoC)  yang dipunya juga dilengkapi dengan dua core Cortex-A76 kinerja tinggi hingga 2.05GHz dan enam core Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 2GHz, bersama dengan GPU 800MHz Mali-G76.

Hp realme terbaru ini pun dilengkapi fitur Game Space yang cerdas akan mengatur sumber daya saat digunakan untuk bermain game. Selain mengatur konsumsi daya dan tampilan layar, Game Space juga akan otomatis melakukan akselerasi jaringan yang secara efektif akan mengurangi delay hingga 80%, Gan.

Waktu Ane coba buat main game perang-perangan kayak CODM dan PUBG Mobile, nggak ada masalah seh Gan.. Semua berjalan dengan lancar, bahkan dengan dukungan grafis ARM G76 tampilan grafis permainan jadi terlihat lebih smooth.

Menurut pengukuran yang dilakukan dengan aplikasi GPU Benchmark, realme Narzo ini sanggup menghasilkan skor 889200.

Dipadukan dengan RAM sebesar 4GB dan penyimpanan internal seluas 128GB, untuk multitasking cukup gampang dilakukan di perangkat ini, Gan. Apalagi smartphone ini dibalut dengan realme UI berbasis Android 10 untuk pengoperasiannya yang cukup stabil dan nyaman, Gan.

Baterai cukup dan flash charge 30W

Soal daya tahan, hp realme terbaru ini dipersenjatai baterai berkapasitas 4.300 mAh yang sudah mendukung teknologi pengisian daya cepat 30 Watt Flash Charge, Gan. Cuma 60 menit, baterai ponsel sudah bisa terisi penuh. Dan selama 30 menitnya, bisa mengisi kapasitas hampir 70 persen. Bahkan saat bermain game yang berat, 30W Flash Charge mampu mengisi daya hingga 55 persen hanya dalam 60 menit aja Gan.

Namun mesti diingat, kalau di dalam box penjualan, realme Narzo dilengkapi dengan kabel pengisian 20W yang juga mendukung pengisian daya 15W PD, dimana menjadikannya lebih serbaguna, Gan.

Pihak realme menjelaskan bilamana sistem pengisian yang digencarkan untuk realme Narzo mencakup lima lapisan perlindungan keamanan dan memberikan perlindungan keamanan tingkat perangkat keras untuk seluruh proses pengisian, Gan.

Realme UI

realme ui

Walau tampak minimalis, nggak berati tampilan UI dari smartphone ini minim informasi, Gan. Realme tetap memberikan kumpulan widget-widget yang bisa Agan temukan pada menu Home Screen & Lock Screen Magazine atau juga bisa dengan mencubit layarnya. Pada menu ini, Agan juga dapat mengganti wallpaper yang paling disuka, beserta efek ketika menggeser antar halaman, hingga pengaturan kustomisasi ikon, Gan.

Realme UI juga memiliki beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan produktivitas dalam penggunaan perangkat realme. Salah satu fitur yang ditawarkan pada seri Narzo ini adalah Smart Sidebar, Smart Assistant, Smart Driving, Riding Mode, juga fitur Dark Mode, Eye Comfort dan fitur keamanan.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan review realme Narzo dari belihape.id, menurut Ane hp realme terbaru ini sangat menarik untuk seri terbarunya dan tentu berbeda dari Narzo versi India, Gan. realme Narzo yang dibanderol sekitar Rp 2.799.000, cukup ekonomis memungkinkan Agan mendapatkan ponsel murah dengan spesifikasi flagship.

Apalagi hp ini juga layak menjadi buruan para mobile gaming yang membutuhkan performa cepat serta pecinta hiburan yang membutuhkan kenyamanan layar ketika menonton multimedia, Gan.

Yup, secara keseluruhan Ane demen, spesifikasi prosesor gaming dari MediaTek Helio G90T, kamera 48MP dengan dukungan AI, fitur pengisian cepat 20W, dan tampilan realme UI yang kekinian, realme Narzo menawarkan performa, dan penggunaan yang cukup keren. Gimana menurut  Agan, komentar yee..