SHARE
realme x50 pro 5G
realme X50 Pro 5G

belihape.id – Belum lama berselang setelah peluncuran produk smartphone terbaru kelas entry-level, realme kembali memberikan kejutan bagi para pecinta gadget di Indonesia dengan mendatangkan smartphone pertama realme berbasis 5G ke Indonesia dengan nama realme X50 Pro 5G. Nah kesempatan kali ini belihape.id mau me-review realme X50 Pro 5G ini Gan.. Yuk, kita sama-sama liat kecanggihannya

Mempunyai jargon ‘speed of the future’, hp terbaru realme yang satu ini tampaknya memang bisa dibilang smartphone masa depan, karena diproyeksikan sebagai realme’s First 5G Flagship Phone, Gan.

Mengedepankan fitur 5G sebagai keunggulan utamanya, disamping itu realme X50 Pro 5G juga memiliki  performa kencang, layar memukau dan kamera yang mumpuni, Gan. Meskipun saat ini 5G sendiri belum tersedia di Indonesia, namun realme ingin menjadikan realme X50 Pro 5G sebagai perangkat yang turut mempelopori hadirnya 5G di tanah air.

Langsung saja kita review realme X50 Pro 5G berikut ini.

Review Realme X50 Pro 5G

review realme X50 Pro 5G : Packaging

Sebelum mendalam ke review hp canggih ini, kita bahas sedikit dari packaging box-nya ya Gan. realme X50 Pro 5G menyuguhkan paket lengkap, terutama hadirnya pengisian daya cepat ‘65W SuperDart Flash Charge’ yang biasanya dijual terpisah oleh vendor –vendor lain.

Satu paket realme X50 Pro 5G juga berisi SIM ejector, jelly case, kabel USB Type C. Tak lupa kartu garansi resmi dan buku panduan pengguna dari realme Indonesia.

Desain

review realme x50 pro 5g: desain

Kita mulai review realme X50 Pro 5G bagian belakang dulu Gan. Bagi Agan yang sudah biasa dengan desain smartphone realme kebanyakan, maka saat melihat tampilan realme X50 Pro 5G, pasti akan cukup terkesima, Gan.

Desain bodi belakangnya dirancang dengan elegan, memiliki modul kamera yang tidak terlalu menonjol jika dibandingkan dengan flagship lainnya.

Begitu pula dengan opsi warna yang dihadirkan. Selain warna yang menyerupai merah karat (Rust Red), ada juga varian warna hijau lumut atau Moss Green. Warna hijaunya sangat kalem, namun terlihat premium dengan permukaan kaca doff yang mampu mencegah bekas sidik jari begitu juga dengan rust red. Gradasi menarik terlihat saat menangkap berbagai sumber cahaya sekitar.

Kabarnya, dua warna ini terinspirasi dari material misterius dari luar angkasa. Sementara untuk hasilkan tekstur warnanya, perlu melalui enam proses pelapisan dan pengecatan selama 21 hari guna menghadirkan tekstur warna yang halus dan elegan..

Berbahan dasar Polycarbonat, realme X50 Pro 5G membawa tombol daya di sayap kanan dan pengatur volume pada sayap kiri. Bagian atasnya hanya ada lubang microphone, sedangkan bagian bawah dihuni oleh SIM tray, speaker, serta port USB Type-C untuk mengisi daya.

Nggak dirancang lebih tipis, dan terasa berat meski beberapa orang bakal menganggapnya sebagai kokoh. Memang, feel saat dipegang terasa berbeda. Tapi kalau cuma dilihat, akan susah untuk membedakan antara satu dan lain produk seperti realme 6 series contohnya.

Layar

review realme x50 pro 5g: layar

Soal display, realme X50 Pro 5G membawa 90Hz Ultra Smooth Display 6.4 inci dengan kecepatan refresh 90Hz. Dengan hal ini berarti layar realme X50 Pro 5G dapat me-refresh 90 frame per detik yang tentunya meningkatkan pengalaman menonton dan bermain game Anda lebih lancar.

Layarnya dilengkapi dengan rasio 20:9, resolusi FHD+ 2400x1080P, rasio screen-to-body sebesar 92 persen, kecerahan puncak 1000+ nits. realme X50 Pro 5G juga mendukung HDR10+ dan 100 persen DCI-P3 serta 105 persen NTSC color gamuts. Layar juga sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 untuk memberikan perlindungan yang lebih baik.

realme X50 Pro 5G juga menggunakan teknologi sidik jari In-display G3.0 dengan intensitas sebesar 40 persen, sehingga perangkat ini memiliki kecepatan untuk membuka kunci dalam waktu kurang dari 30 detik dan menjadikannya yang tercepat saat ini.

Keamanan tetap diperhatikan realme, menggunakan mekanisme keamanan yang ditingkatkan dari G3.0 kini memproyeksikan cahaya putih selama proses identifikasi guna meningkatkan keamanan dan akurasi pengenalan sidik jari.

Kamera

review realme x50 pro 5g: kamera

realme X50 Pro 5G memiliki konfigurasi empat kamera belakang yang terdiri dari 64MP kamera utama, 12MP periscope telephoto lens dengan kemampuan 20x hybrid zoom, 8MP macro lens & ultra wide-angle dengan jangkauan 119°, dan 2MP lensa B&W portrait.

Kamera utama realme 50 Pro 5G membawa sensor 1/1.72-inch Samsung GW1 64MP, aperture besar f/1.8, dan lensa 6P. Smartphone ini mengadopsi teknologi Quad Bayer 4-in-1 intelligent pixel binning mechanism yang menggabungkan empat piksel yang berdekatan menjadi satu piksel besar 1.6μm, sehingga akan meningkatkan resolusi dan kualitas gambar yang diambil bahkan dalam pengaturan minim cahaya dan menamdpilkan detail yang tajam.

Untuk kamera depan, realme X50 Pro membawa Dual In-Display Selfie dengan kamera utama 32MP Sony IMX616 80° wide-angle + 8MP 105°super wide-angle camera.

Shooting range 2.5 kali lebih luas dari sebelumnya, didukung oleh Edge Deformity Correction yang dapat mengenali wajah dan secara otomatis memperbaiki kontur wajah dari distorsi yang mungkin ditimbulkan.

Untuk Agan yang demen fotografi malam kini tak perlu risau lagi karena realme telah mengembangkan fitur Nightscape 3.0 yang ada pada realme X50 Pro 5G dengan dukungan mode Tripod dan mode Ultra Nightscape.

Dengan fitur ini, Agan mampu mengambil foto hingga 50 detik dengan super long exposure sehingga lebih professional dengan bantuan tripod dan memberikan Agan gambar malam yang lebih realistis, cerah, dan berkualitas.

Performa

review realme x50 pro 5g: performa

Nggak hanya sekedar pamer, realme X50 Pro 5G mampu menghasilkan performa handal berkat Qualcomm 865 Octa-core 7nm dengan inti performa A77, dapat mencapai clock speed hingga 2.84GHz. Sehingga kinerjanya tak perlu diragukan lagi, mampu menjalankan aplikasi atau game berat sekalipun dengan lancar.

Sesuai namanya, perangkat ini sudah mendukung jaringan 5G, sayangnya di Indonesia masih belum bisa digunakan lantaran belum tersedianya jaringan tersebut. Meski begitu, menggunakan realme X50 Pro 5G seperti berada lebih terdepan, adanya 12 antenna di sekujur badan yang dapat dengan cerdas menggunakan kekuatan sinyal.

Faktanya, perpindahan jaringan yang cerdas, alokasi cerdas pada bandwidth dan baterai, secara efektif dapat meningkatkan masa pakai baterai, mengurangi 30% konsumsi daya.

Performa handal dilengkapi dengan ruang penyimpanan luas, yakni 12GB RAM dan 256GB ROM. Dalam hal RAM, realme X50 Pro 5G dilengkapi dengan penyimpanan paling baru yaitu LPDDR5. Secara teori, LPDDR5 2x lebih cepat dari versi versi sebelumnya-LPDDR4, dan hampir 50% lebih cepat dari versi high-frequency LPDDR4.

Jika dibandingkan dengan Snapdragon 865 yang sama, ternyata menunjukkan LPDDR5 29% lebih cepat dan 20% lebih hemat daya sebesar ketimbang LPDDR4x.

Sedangkan untuk ROM, realme menggunakan dual-channel UFS 3.0 berpadu dengan teknologi Turbo Write dan HPB. Turbo Write memungkinkan kecepatan tulis hingga 730-760MB/detik, dan dengan bantuan dari HPB (Host Performance Booster), kecepatan baca bisa mencapai 1700-1900MB/detik.

Baterai

review realme x50 pro 5g: fast charging

Review realme X50 Pro 5G bagian baterainya cukup besar berkapasitas 4200mAh. Selain hemat baterai juga memiliki performa ngebut saat mengisi daya. Ini terjadi berkat 65W SuperDart Flash Charge (10V 6,5A).  Dua buah sel baterai 4200mAh dapat terisi penuh hanya dalam waktu 35 menit.

Ketika sudah 20 menit, baterai terisi hampir 60%. bahkan ketika bermain game berat, 65W SuperDart Flash Charge dapat mengisi daya hingga 57% dalam waktu 30 menit saja. realme X50 Pro 5G juga mendukung 18W QC/PD dan 30W VOOC 4.0 Flash Charge, serbaguna dalam pengisian daya.

Adapter pengisi dayanya berupa GaN. GaN merupakan bahan semikonduktor canggih yang dapat meningkatkan efisiensi pengisian daya dengan volume pengisian daya lebih kecil dan pada saat yang sama mengurangi panas. Singkatnya, dengan volume yang sama adapter isi daya GaN dapat mencapai daya pengisian lebih besar.

Fitur

review realme x50 pro 5g: fitur

realme X50 Pro 5G mendukung Mode Ganda untuk Berbagi Musik yang akan sangat berguna ketika dua pengguna mencoba menikmati video atau lagu yang sama pada waktu yang sama dari perangkat yang sama.

Fitur ini didukung jika satu pengguna mendengarkan musik dalam Bluetooth dan headphone kabel secara bersamaan. Lalu, kalau satu pengguna sedang menelepon melalui Bluetooth, pengguna lainnya tetap dapat mendengarkan musik melalui perangkat kabel. Keren kan Gan..

Ada juga mode fokus yang membantu ketika berkonsentrasi dan rileks, tanpa terganggu dari smartphone. realme juga membawa fitur perlindungan informasi pribadi yang bakal menyediakan halaman informasi kosong ketika aplikasi meminta untuk mengakses informasi pribadi pengguna. Ini memastikan riwayat panggilan, kontak dan pesan Agan tetap pribadi dan mencegah kebocoran informasi.

Kesimpulan Review Realme X50 Pro 5G

Yup, itu dia review realme X50 Pro 5G, selama mencoba perangkat flagship ini terbilang cocok bagi Agan yang memang memiliki mobilitas cukup padat. Soalnya, realme X50 Pro 5G ini membawa segudang performa, kamera, baterai, hingga fitur handal yang bisa jadi andalan.

Dimulai dengan aktivitas kantoran, kuliah, gaming, ataupun sekedar kebutuhan hiburan dengan performa dinamis yang dibawanya. Kesan stylish dan premium juga terasa nempel pada realme X50 Pro 5G yang memang menjadi andalan buat Agan yang sering tampil elegan. realme X50 Pro 5G dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp 11.999.000. Menurut Ane sih cukup worth it, harga sudah sesuai dengan segala kemampuannya, Gan.