SHARE
ROG Phone 2

belihape.id – Kehadiran ROG Phone 2 di tanah air jadi jawaban & impian semua gamer selama ini Gan. Walau sempat mengalami kendala dalam persoalan komponen tanah air, akhirnya ROG Phone 2 besutan ASUS ini rilis akhir tahun 2019 kemarin.

Ane juga seneng banget nih dapet kesempatan ngereview ASUS ROG Phone 2. Hp gaming ASUS ini terkenal dengan kecanggihan dan kompenennya yang paling jempolan di banding para pesaingnya, Gan. Mulai dari layar cadas, desain gagahnya, chipset yang gahar, software premium, cooling sistem dan juga baterai. Semua layak banget diancungin jempol.

Tentunya Agan semua sudah penasaran dengan smartphone gaming yang satu ini bukan?? Nah, simak hasil review ASUS ROG Phone II berikut ini, yaa!

Sebelum review lebih lanjut mengenai ponsel gaming ROG Phone 2, Ane bahas sedikit dulu isi box dari perangkat satu ini Gan. Adapun pada paket penjualan ROG Phone 2, di dalamnya terdapat unit smartphone, paket dokumen, adaptor charger dengan output 15W, kabel USB, dan Aero Case. Next Ane bahas Desain.

REVIEW ROG PHONE 2

Desain Gagah yang Tangguh

ROG PHONE 2
ROG Phone 2

Pertama kali liat desain hp gaming ini terkesan sangat sangar dan gagah layaknya hp gaming Gan.  ASUS juga memberikan logo spesial untuk mempertegas penampilan bodi belakangnya. Logo satu mata warrior simbol ROG berada di tengah-tengah panel belakang yang mana merupakan lampu LED yang dapat menyala dengan warna yang berganti-ganti ketika ponsel diaktifkan. LED logo ini juga bisa dimatikan dengan cara menon-aktifkan X-Mode nya Gan.

Ukurannya lumayan bongsor, tebal, berat dan memang lebih besar dibanding generasi pertamanya Gan. Tapi tetap masih enak dalam genggaman dan saat main game. Sayangnya ketika dipegang secara landscape tangan kita menghalangi speakernya yang terletak di bawah badan ponsel, Gan. Cuma kalo dikantongin di saku celana ya kerasa banget ga nyaman secara beratnya 240gr.

Yup, ASUS memasang dua speaker dengan kekuatan yang sama-sama seimbang di sisi atas dan bawah ponselnya. Sehingga, waktu digunakan di posisi landscape suara yang keluar dari ponsel terdengar lebih seimbang dari kiri dan kanan speaker, Gan.

Material yang digunakan terlihat sangar ini menggunakan metal dan kaca. Kaca yang digunakan disini adalah Gorilla Glass 6 yang tentunya telah memiliki perlindungan lebih baik dari generasi sebelumnya, Gan.

Pada bagian belakang juga terdapat kamera utama. ROG Phone 2 mengusung dual camera di bagian belakang, dengan lensa normal dan ultra wide serta lampu LED Flash. Kemudian dibagikan kanan ponsel terdapat tombol power, tombol volume, dan juga dua tombol fitur air trigger yang bisa diaktifkan ketika bermain game.

Dan sisi kirinya, terdapat Slot SIM dan USB port Type-C yang ditutup menggunakan material berbahan karet. Peletakan USB port dibagian ini berguna saat menggunakan ponsel secara horizontal. Pengguna tidak akan merasa terganggu tangannya saat bermain game atau menonton video karena kabel charger berada di tengah, Gan. Pada bagian bawah layar, terdapat USB port Type-C, audio Jack 3.5mm, dan juga microfon.

Layar Cerdas

Hp gaming ini mengusung layar AMOLED berukuran 6,59 inci dengan resolusi 2.340 x 1.080 piksel serta refresh rate 120 Hz nih Gan. ASUS juga memberi opsi untuk menentukan resolusi maupun refresh rate yang mau digunakan melalui profil yang disediakan, Gan. Waktu digunakan dengan pengaturan maksimal, memang akan menguras daya lebih besar. Jadi, tinggal pilih aja Gan.

Dengan response time yang rendah 1ms, tentunya akan mengurangi fenomena input lag. Di mana tembakan atau skill terlambat keluar, padahal perasaan yakin sudah menekan tombol cepat-cepat. Bagi yang bermain game-game kompetitif, response time tentunya berperan meningkatkan peluang untuk menang.

Layarnya juga memiliki tingkat reproduksi warna di color space DCIP-3 hingga 111,8 persen dengan Delta E<1 dan mendukung tampilan 10-bit HDR. Lewat fitur Splendid yang berada di Settings > Display, kita bisa meyesuaikan color temperature dan color mode seperti natural, optimal, cinematic, standard, dan customized. Oiya Gan, Layarnya juga gak menganut desain notch atau poni loh.

Performa Gahar

Bagian pentingnya nih Gan.. ROG Phone 2 ditenagai Snapdragon 855+ yang diproduksi dengan teknologi 7 nm. Ini adalah SoC level flagship-nya Qualcomm –produsen chipset paling yahud di dunia. Ditopang dengan kapasitas RAM 8 GB (varian paling kecil) dan dukungan memori 128 GB (juga paling kecil). Sebenarnya tersedia empat varian, yang tiga lainnya punya memori 12/256 GB, 12/512 GB, dan 12 GB/1 TB.

Chipset ini memiliki CPU Qualcomm Kryo 485 dengan kecepatan clocking hingga 2,96GHz, Gan. Plus, chip grafis Adreno 640 agar ponsel mampu memberikan pengalaman mulus bagi gamer. Sebab, pengaturan grafis bisa digeser rata kanan semua alias bisa digeber agar memberikan tampilan grafis yang maksimal lagi Gan..

ROG Phone II menggunakan penyimpanan internal UFS 3.0 dengan varian 256 GB dan 512GB. UFS (Universal Flash Storage) ini merupakan memori yang dirancang khusus untuk smartphone dan kamera digital, Gan.

Penyimpanan ini lebih cepat dari eMMC, dengan konsumsi daya yang sama. Memori jenis ini biasa digunakan pada ponsel kelas high-end. Sementara kebanyakan ponsel masih menggunakan penyimpan eMMC.

Saat Ane jajal maen game kelas berat macam God Among Us, Call of Duty Mobile, hingga Assassin’s Creed Pirates. Hasilnya sangat memuaskan, ROG Phone 2 bisa melibat semua game dengan lancar tanpa kendala meski pengaturan udah diatur rata kanan.

Untuk menjaga mesin tidak cepat panas saat dipaksa kerja rodi, ASUS menambahkan sistem pendingin. Sistem pendingin menggunakan kipas pendingin ini disebut GameCool II. Sistem pembuangan panas lewat 3D vapor chamber. Hmm.. keren gak sihh Gan..

Fitur yang tidak kalah keren adalah X Mode. Fitur ini akan mengoptimalkan hardware dan memindahkan mode ke pengaturan seperti 120 Hz, Don’t disturbed mode, juga menghentikan sementara background process, Gan.

Baterai Big Jumbo

Ini juga gak kalah penting nih Gan. Baterai tentu menjadi komponen penting bagi gamer yang gak boleh dilupakan. ROG Phone 2 hadir dengan baterai bongsor 6.000 mAh paling beda dari hp gaming lainnya. Dengan menggunakan X Mode, baterai hanya berkurang 10 persen waktu digunakan bermain game selama dua jam aja.

ROG Phone 2 juga mendukung pengisi daya cepat 30W tapi baterai hp gaming ini hanya terisi 62 persen dalam waktu 50 menit Gan.. Dalam keadaan standar, ROG Phone 2 dapat bermain game PUBG selama hampir tiga jam, dengan kondisi data on, WiFi, Bluetooth, dan location on. Sedangkan saat masuk ke mode overclock dan menggunakan layar 120Hz, paling boros perangkat ini dapat memainkan PUBG selama dua jam aja.

Kamera ROG Phone 2

Smartphone ini juga memiliki kamera yang cukup baik dikelasnya walau punya label hp gaming Gan. Hp ASUS gaming ini memiliki dual kamera belakang yaitu kamera utama 48 MP dan 13 MP ultrawide, hasil kameranya baik siang maupun malam terbilang cukup baik kok.

Hal ini bisa dilihat dari penggunaan sensor kamera yang sama dengan Asus Zenfone 6 yang terkenal cakeb. Di belakang, pembidik utama Asus ROG Phone II menggunakan sensor Sony IMX586 beresolusi 48 MP f/1.8 PDAF. Sementara kamera sekundernya beresolusi 13 MP f/2.4 berfungsi sebagai lensa ultrawide.

Sedangkan untuk kamera depan, ROG Phone 2 menampilkan kamera 24MP di lokasi yang unik, yakni di pojok kanan atas layar. Hal ini sangat berguna dikarenakan bagi para gamer yang ingin melakukan live streaming, kameranya tidak akan terhalang oleh tangan.

Soal fitur, kamera Asus ROG Phone 2 menawarkan banyak fitur pemotretan Gan. Mulai dari Time Lapse, Slow Motion, Motion Tracking, Auto, Portrait, Panorama, Night, hingga Pro (Manual). Khusus mode Pro, pengguna bisa mengature autofokus, kecepatan 1/3200 hingga 32 detik, ISO 100-3200, EV, dan White Balance. Lengkap banget kan Gan.. Gak hanya canggih performanya, kameranya juga gak mau kalah dong.

Software ROG UI

ROG Phone II sampai saat ini masih menggunakan OS berbasis Android 9 Pie. Dimana UI yang digunakan adalah ROG UI, masih mirip dengan ZenUI punya ASUS secara keseluruhan, hanya aja memiliki fitur lebih banyak khusus untuk kebutuhan gamingnya Gan.

Adapun fitur-fitur yang disematkan di ROG UI, semuanya dapat diakses pengguna melalui shortcut portal game Armour Crate. Di dalam Armour Crate ini pengguna akan menemukan pustaka game dan juga semua fitur-fitur yang mendukung kebutuhan gaming pengguna, yaitu melalui menu Game Library dan Console.

Pada menu Game Library sendiri, Agan dapat menambahkan game yang nantinya dapat dijalankan melalui Armour Crate, yang tentunya Ane dapat mengkustom profile berbeda pada masing-masing game gitu Gan. Pada profile tersebut juga dapat mengatur sensitifitas sentuhan, Refresh rate layar, performa CPU, Panggilan Suara, Network, key mapping dan Air Trigger.

Di menu console, ada menu-menu lainnya seperti XMode, Game Genie, Air Trigger, Fan Speed, dan System Lighting. Melalui menu “Features” di Armour Crate, Ane juga bisa melihat dukungan game-game pada fitur dan aksesori pada smartphone ROG Phone II tertentu seperti Display 120Hz, TwinView, AirTrigger, Vibration dan GamePad. Seru pokoknya..

Kesimpulan

Yap walau punya berat dan bodi yang gede, tapi ini memang pas banget buat para gamer. Hp ROG Phone 2 ini memang hp gaming yang diidam-idamkan untuk main game makin gas pol. Ditambah lagi fitur-fitur pendukungnya yang memberikan kenyamanan ekstra saat bermain game.

Gak hanya gamer aja, tapi buat Agan yang membutuhkan kapasitas baterai besar dan performa tinggi, smartphone ini sangat pas untuk kebutuhan kalian. Dibanderol seharga Rp7.999.000 dengan konfigurasi memori 8GB + 128GB, menurut Ane ini benar-benar harga yang pantas untuk sebuah smartphone gaming premium. Semua yang dibutuhkan untuk pengalaman bermain game mobile terbaik sudah disajikan di HP ROG Phone 2 Gan. Penasaran? sikat aja di sini Gan.