Home News Samsung Galaxy S23 Pake Snapdragon, Exynos Tersingkir?

Samsung Galaxy S23 Pake Snapdragon, Exynos Tersingkir?

234
SHARE

belihape.id – Apa bener Exynos bakalan berhenti produksi Gan ? Beredar rumor kalo Samsung Galaxy S23 series bakal mengusung chipset dari Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 . Kayaknya ini juga udah fix, bahkan udah dikonfirmasi langsung ama CEO Qualcomm Cristiano Amon.

Kayak yang kita tau neh Gan, kalo Samsung ngubah komposisi distribusi Samsung Galaxy S22 series. Kalo sebelumnya, hp flagship Samsung dengan chipset Snapdragon itu terbatas buat pasar Amerika Serikat, Korea Selatan, dan sejumlah negara laennya neh. Tapi, di Galaxy S22 series varian Snapdragon ini debut di lebih banyak negara, sementara varian Exynos cuma ada di Eropa.

Intip Juga Gan : 9 Hp Samsung 1 Jutaan Terbaik dan Terbaru 2022

Snapdragon

Di sesi tanya jawab dengan analis setelah pengumuman keuangan kuartal Qualcomm, Amon ungkap kalo 75% unit Galaxy S22 ditopang oleh chipset Snapdragon 8 Gen 1 Gan. Amon bilang persentase ini bakal diperbesar lagi mulai tahun depan dan buat seterusnya.

Sebelumnya, Qualcomm juga ngumumin pembaruan perjanjian soal penyediaan chip dengan Samsung sampe 7 tahun ke depan hingga 2030. Perjanjiannya gak cuma soal pasokan chip buat hp tapi juga buat PC, tablet, extended reality, dan masih banyak lainnya.

Galaxy S23 Series Sepenuhnya Pake Snapdragon? Nasib Exynos?

Amon juga nambahin kalo Qualcomm bakal mengotaki perangkat Samsung ini secara global Gan. Yahh, walaupun Amon gak bilang 100% unit Galaxy S23 ini bakal pake chipset Snapdragon, tapi tanggepannya ini kayak bilang kalo Samsung gak bakal bergantung lagi sama Exynos untuk hp flagshipnya.

Tapi tenang Gan, bukan berarti Samsung bakal berhenti memproduksi chip Exynos. Setelah pengumuman laporan keuangan Q2 2022, Samsung dengan tegas bilang kalo mereka tengah mengatur ulang bisnis system-on-chip dan nyusun rencana buat meningkatkan daya saingnya.

Snapdragon

Rumornya juga Gan, kalo Samsung ini tengah mendirikan “Dream Team” yang dipenuhi sama 1.000 orang karyawan buat ngembangin chip custom high-end baru buat Galaxy S series. Supaya tetep fokus sama pengembangan ini, Samsung kabarnya gak bakal merilis chip Exynos flagship di tahun 2023 dan 2024 Gan.

Tapi, mengingat banyaknya hp kelas menengah dan entry level Samsung yang diotaki oleh chipset Exynos, jadi kayaknya ga mungkin chipset ini bakal disingkirin gitu aja ya kan Gan. Samsung pun juga tengah mencari pelanggan baru untuk menggunakan chipset Exynos ini.