SHARE

belihape.id – Persaingan di segmen sistem operasi memang masih didominasi oleh Google dengan Android dan Apple dengan iOS. Namun, Gan, dalam waktu dekat, akan muncul pesaing baru yang berasal dari perusahaan jagonya sosial media, yaitu Facebook OS.

Facebook OS (operating system) itu sendiri bukan dimaksudkan untuk gadget mobile seperti smartphone, Gan, melainkan aneka perangkat pintar kategori lain, seperti layar pintar – Portal dan headset Virtual Reality – Oculus, Gan. Perangkat bikinan Facebook itu memang menjalankan OS Android yang telah dimodifikasi lebih dulu.

Ini adalah langkah baru Facebook OS dalam mencari peruntungannya. Yaa.. walaupun terlihat sulit, karena memang pasar telah terbiasa dengan Android dan iOS, tapi Facebook  pantang mundur nih Gan, untuk tetap melanjutkan ambisinya menghadirkan OS besutannya sendiri.

Baca Gan: Gan, Ini Nih Samsung Galaxy Terbaru Harga Murah Meriah

Seperti dilansir The Information, Facebook menginginkan platformnya sendiri untuk menghindari perusahaan lain menghambat rencananya, Gan. “Kami benar-benar ingin memastikan generasi selanjutnya mempunyai tempat untuk kami. Kami tak yakin bisa mempercayai kompetitor untuk memastikan hal tersebut. Maka kami akan melakukan hal itu sendiri,” ujar Andrew Bosworth, bos hardware Facebook.

Ini bukan pertama kalinya Facebook mempertimbangkan untuk membuat OS sendiri, Gan. Pada tahun 2013, salah satu pengembang senior perusahaan mengungkapkan bahwa mereka mempertimbangkan untuk mengembangkan OS untuk Facebook Home – sebuah proyek yang menggantikan layar beranda ponsel Agan dengan sesuatu yang berbasis pada fitur sosial.

Facebook OS dikembangkan oleh Karyawan Microsoft

Sementara itu, Facebook juga telah menunjuk seorang eksekutif untuk mengepalai proyek pengembangan OS barunya. Pria itu adalah Mark Lucovsky yang dulu ikut bertanggung jawab mengembangkan OS Windows NT di Microsoft.

Baca Gan: ASUS VivoBook Pro F571, Jagoan untuk Produktivitas dan Hiburan

Mark Lucovsky sendiri memang merupakan orang yang kreatif, karena dulu dia juga orang yang ikut nimbrung dalam pembuatan Windows NT, sistem operasi yang disuguhkan untuk penggunaan keluarga.

Facebook juga berencana membuat asisten digital sendiri seperti Alexa dari Amazon yang kini dipakai di display pintar Portal besutannya. Aplikasi Facebook sendiri tetap akan tersedia untuk ponsel Android seperti biasa kok, Gan.

Kehadiran Facebook OS ini juga akan menemani langkah Huawei yang masih mengembangkan sistem operasinya sendiri, Gan. Yaa.. semoga saja, walau banyak sistem operasi yang hadir, kita para pengguna smartphone tidak akan terpisah lebih jauh lagi karena pilihan yang berbeda ya Gan..