Home Tipstrik Tips Memilih HP Dual Kamera Murah

Tips Memilih HP Dual Kamera Murah

1022
SHARE

belihape.id – Hp dual kamera saat ini udah menjamur banget Gan. Coba deh dilihat-lihat lagi, setiap vendor yang jualan hp, pasti ada satu atau dua seri yang punya dual kamera. Nggak usah heran Gan, pasalnya kamera dobel di hp emang udah jadi tren. Malah sekarang terkesan wajar saking banyaknya hp yang pakai dual kamera.

Nah, saking banyaknya, orang kadang bingung nih Gan mau pilih hp dual kamera yang mana. Pasalnya, fungsi kamera pada masing-masing hp juga berbeda-beda. Biar Agan nggak bingung, Ane mau kasih tips memilih hp dual kamera murah nih Gan.

 

Sesuaikan Dengan Kebutuhan

tips memilih hp dual kamera

Tips memilih hp dual kamera murah yang pertama adalah Agan harus tahu dulu, untuk keperluan apa Agan beli hp dual kamera. Apakah untuk foto monokrom, atau mau dapet efek bokeh, atau mungkin pengen sudut pengambilan gambar yang lebih lebar? Kayak yang Ane bilang tadi Gan, fungsi dual kamera pada masing-masing hp itu berbeda.

Selanjutnya, mana yang lebih Agan butuhkan, dual kamera di belakang, atau dual kamera di depan, atau dual kamera di depan dan di belakang? *eh emang ada ya?….Ya ada dong Gan!

Nah, supaya tahu kebutuhan Agan, kita bahas sedikit soal fungsi dual kamera ini ya Gan.

Monokrom dan RGB

Sesuai namanya Gan, masing-masing kamera punya fungsi yang berbeda. Satu kamera berfungsi nangkep gambar hitam putih, sedangkan satunya lagi untuk gambar berwarna. Keunggulan kamera monokrom adalah mampu mengambil gambar hitam putih dengan kontras  dan detail yang tinggi Gan. Sementara kamera satunya berfungsi layaknya kamera biasa.

Ketika Agan jepret kameranya, keduanya akan sama-sama ngambil gambar Gan. Nah, gambar dengan kontras dan detail dari kamera monokrom akan digabung dengan gambar berwarna. Hasilnya, foto berwarna dengan detail yang apik banget.

Nggak cuma itu, kamera monokoromnya biasanya bisa dipakai sendirian lho Gan, khusus untuk foto hitam putih.

Model kamera ini biasanya ada di bagian belakang hp Gan. Jadi buat Agan yang cari hp dual kamera untuk selfie, rasanya model kayak gini bukan pilihan yang tepat.

Lensa Wide Angle

Kalo Agan cari hp dual kamera untuk motret panorama, keindahan alam, atau landscape, konfigurasi jenis ini pas banget buat Agan. Nggak cuma untuk motret alam aja Gan, untuk motret biasa juga oke. Soalnya konfigurasi ini nawarin sudut yang lebih lebar dibandingkan kamera hp biasa.

Biasanya nih, kamera hp yang biasa Cuma punya sudut pengambilan sebesar 70 derajat aja. Tapi kalau pakai lensa yang model begini, Agan bisa dapet kamera dengan sudut pengambilan 120-135 derajat Gan. Hamper dua kali lipat dari kamera hp yang biasanya.

Nah, konfigurasi model begini nih, ada beberapa vendor yang meletakkannya di kamera depan dan ada juga di kamera belakang Gan.

Lensa Standar dan Tele

Nah, kalau jenis ini, untuk lebih gampangnya begini Gan: model jenis ini bisa bikin foto bokeh yang oke banget! Jadi perpaduan kamera normal dan tele ini akan membuat jarak yang berbeda dari hasil gambar yang diambil dan digabungkan. Bahasa kerennya “Depth of field”. Gabungan kinerja kedua lensa ini akan menghasilkan gambar yang ‘dalam’ sehingga mampu menciptakan foto bokeh.

Nah, sama seperti sebelumnya, beberapa vendor ada yang naruh kamera model ini di depan ada juga yang di belakang Gan.

 

Perhatikan Dukungan Sensor

Tips memilih hp dual kamera

Kalau Agan fokus untuk cari hp dual kamera yang bagus, perhatikan juga dukungan sensornya Gan. Nah, di tips memilih hp dual kamera ini, Agan harus lihat, apakah hp yang akan Agan beli udah ada dukungan sensor di kameranya. Misalnya, sensor autofokusnya pakai apa? Apa cuma autofokus biasa, atau udah ada dukungan PDAF atau mungkin laser autofokus?

Terus ada stabilizernya nggak Gan? Misalnya OIS atau EIS? Karena hal ini akan berpengaruh ke hasil foto Agan nanti. Keberadaan stabilizer akan meminimalisir noise karena gerakan Gan.

 

Sesuaikan Dengan Budget

Tips memilih hp dual kamera

Tips memilih hp dual kamera yang terakhir dan menurut Ane paling penting Gan, yakni sesuaikan dengan budget. Karena dengan budget 3 jutaan, kita nggak akan bisa ngedapetin hp dual kamera dengan kualitas setara hp flagship Gan. Paling bagus berada di kelas menengah. Tapi jangan salah, kalau cara pakainya bener, hp dual kamera di kelas menengah bisa bikin foto yang keren banget lho Gan!

 

Apa Saja Hp Dual Kamera Murah?

Sejauh ini, dengan budget 3 jutaan, ada beberapa hp dual kamera murah yang bisa Agan pilih.

Untuk konfigurasi monokrom, Agan bisa pilih Motorola Moto G5S Plus, Coolpad Cool Dual, Samsung Galaxy J7+, Xiaomi Mi 5s Plus.

Sementara untuk konfigurasi wide ada banyak banget pilihannya Gan. Contohnya, Asus Zenfone 4 Max Pro, Asus Xenfone 4 Max, Oppo F3, Vivo V5 Plus, Infinix Hot S2 Pro.

Nah, kalau Agan cari hp dual kamera untuk bokeh, ngga usah bingung Gan. Pasalnya kebanyakan hp dual kamera yang ada di pasaran nawarin efek bokeh. Nih ane kasih bocoran sedikit, Xiaomi Mi A1, Xiaomi Mi 5X, ZTE Blade V8.

 

Jadi, jangan langsung tergiur dengan hp dual kamera Gan. Kenali dulu fungsinya dan sesuaikan dengan kebutuhan, biar Agan nggak nyesel belakangan!