Home News Tips Sederhana, Agar Data Agan Tetap Aman Saat Main Facebook

Tips Sederhana, Agar Data Agan Tetap Aman Saat Main Facebook

580
SHARE

belihape.id – Skandal kebocoran data, membuat tagar #DeleteFacebook (hapus Facebook) menggema di dunia maya. Seruan tersebut tentu bukan tanpa alasan, di era digital ini keamanan data memang sudah menjadi sesuatu yang mutlak.

Namun dalam prakteknya, tidak mudah meninggalkan Facebook, apalagi bagi Agan yang sudah “kecanduan” dengan jejaring sosial terbesar itu. Tetap berhubungan atau tidak dengan Facebook, hal ini tentu kembali kepada keputusan Agan masing-masing.

Nah, bagi Agan yang belum bisa lepas dari Facebook, sebaiknya Agan bisa lebih ketat dalam menjaga data pribadi. Seperti dilansir Digital Trends, setidaknya ada lima langkah sederhana, untuk membuat data yang Agan miliki di Facebook menjadi lebih aman

Berikut langkahnya Gan!!

1. Unduh Semua data Facebook
Facebook memiliki fitur, agar Agan bisa mengunduh dan mem-backup semua data yang ada pada akun masing-masing. Caranya mudah, pada bagian pojok kanan atas tekan tombol panah ke bawah untuk memunculkan menu. Kemudian pilih menu “setting”. Kemudian pada halaman “General Account Setting” Anda akan menemukan tombol “Download a copy”.

Tombol ini berfungsi untuk mengunduh semua aktivitas di Facebook, termasuk dengan informasi-informasi apa saja yang telah diposting, pesan terkirim, hingga iklan apa saja yang telah Anda klik.

2. Ubah setelan privasi Anda
Masih di halaman setting, Agan akan menemukan tombol “privacy”. Di halaman ini Agan bisa mengatur siapa saja yang dapat melihat profil. Agan juga bisa mengatur siapa saja yang dapat memberi permintaan pertemanan, melihat daftar teman, hingga melihat foto pribadi Agan.

3 Mengubah setelan linimasa dan “tagging”
Pada menu “setting”, juga dilengkapi pengaturan, yang membuat Agan bisa memilih siapa saja orang yang bisa melihat aktivitas Agan. Ada beberapa pilihan di sini, yakni setelan untuk linimasa dan setelan untuk “tagging”.

Pada setelan untuk linimasa, Agan bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat postingan-postingan Agan. Sementara pada menu “tagging”, juga bisa mengubah sesuai keinginan siapa saja teman yang bisa menandai (tag) Agan pada postingannya.

4. Cek aplikasi pihak ketiga yang aktif
Bocornya 50 juta data Facebook dikarenakan oleh aplikasi pihak ketiga. Oleh karena itu, Agan harus benar-benar teliti memeriksa aplikasi apa saja yang mendapat akses pada data pribadi Agan.

Caranya juga mudah, pada halaman setting di bagian bawah Anda akan menemukan tombol “apps” atau aplikasi. Dengan mengklik tombol ini Anda dapat melihat aplikasi apa saja yang memiliki akses pada data pribadi. Periksa aplikasi tersebut dengan saksama dan matikanlah aplikasi yang kira-kira mencurigakan serta membahayakan.

5. Hapus Facebook
Ini adalah pilihan terakhir. JIka Agan ingin menghaous secara permanen Facebook dari kehidupan Agan, cukup masuk pada menu “setting” kemudian pilih “download a copy of your Facebook data” seperti pada pilihan pertama.

Setelah itu Anda harus menuju halaman bantuan, kemudian klik “delete my account”. Untuk pilihan terakhir ini Agan harus memastikan bahwa semua data telah di backup terlebih dahulu.