Home Tipstrik Tips Supaya Baterai Laptop Tahan Lama, Jangan di Cas Terus Gan!!!

Tips Supaya Baterai Laptop Tahan Lama, Jangan di Cas Terus Gan!!!

59
SHARE

belihape.id – Agan mau tau gak neh supaya baterai laptop agan tahan lama, sini ane kasih tau tips supaya baterai laptop tahan lama. Siapa yang disini kalo maen laptop suka sambil di cas melulu neh, nah salah satu kebiasaan ini ternyata bisa bikin baterai lo gak tahan lama gan.

tips supaya baterai laptop tahan lama

Baterai laptop yang rusak pasti bakal ngaruh ke kinerja bahkan bisa ngerusak komponen lain dalam laptop. Gak cuma itu gan, ganti baterai laptop pun juga butuh biaya yang gak murah. Buat ngehindarin dari berbagai masalah tersebut, sebaiknya Agan perhatiin neh gimana tips supaya baterai laptop tahan lama dan gak mudah rusak.

Tips Supaya Baterai Laptop Tahan Lama

tips supaya baterai laptop tahan lama
  1. Aktifkan mode penghemat baterai

Mengaktifkan mode hemat baterai atau battery saver jadi salah satu upaya neh gan untuk membuat baterai lebih awet. Di windows sendiri sudah disediakan fitur battery saver yang bisa Agan terapin saat make laptopnya.

Selain cara tersebut, menghemat baterai laptop juga bisa dilakuin dengan mengatur pencahayaan yang gak terlalu cerah.

  1. Cabut periferal yang tidak digunakan

Periferal ini merupakan hardware tambahan yang terhubung di komputer untuk meningkatkan kegunaannya dan membantu pekerjaan. Kabel periferal atau USB juga menarik daya baterai bahkan saat Agan lagi gak pake sekalipun yang membuat baterai boros dan rentan tidak tahan lama.

  1. Cas sebelum laptop mati

Kadang neh kita suka gak sadar kalo udah maen laptop kelamaan dan jadi gak sadar sama daya baterainya, sampe laptop mati otomatis. Nah ini yang bikin baterai mudah rusak gan. 

Untuk itu, usahakan langsung mengecas baterai laptop ketika daya baterai maksimal di 20% yak. Mengecas ketika tidak menunggu laptop mati ini bisa memperpanjang masa pakai baterainya.

  1. Jauhkan laptop dari temperatur panas dan dingin yang ekstrim

Gunakan laptop dalam kondisi suhu lingkungan yang tidak panas atau dingin ya gan. Temperatur yang ekstrim bisa bikin komputer bekerja lebih keras dan bisa menguras baterai laptop lebih cepat. 

Terlalu sering terkena paparan suhu yang ekstrim juga bisa ngerusak baterai dan memperpendek masa pakainya dan tidak bertahan lama loh.

  1. Jangan biarkan laptop mengecas terus menerus

Terakhir, tips supaya baterai laptop tahan lama, kalau laptop Agan sudah terisi penuh 100% sebaiknya lepaskan kabel cas. Soalnya ini malah membuat baterai laptop gampang panas.

Jika di cas terlalu lama dan Agan ngerasain hawa panas dari perangkat, langsung cabut cas laptop dan biarin suhunya menurun. Suhu panas yang melebihi 30 derajat bisa mengurangi masa pakai dan kapasitas baterai jadi menurun.

Itu tadi berbagai tips supaya baterai laptop tahan lama yang bisa ane kasih Gan. Kuy, jangan lupa diterapin yak supaya laptop jadi gak gampang rusak.