Home News YouTube Coba Hapus Fitur Ad Control untuk Konten Kreator

YouTube Coba Hapus Fitur Ad Control untuk Konten Kreator

54
SHARE
YouTube Hapus Fitur Ad Control

belihape.id – YouTuber atau content creator di YouTube kabarnya gak bisa memilih sendiri apakah iklan pra-roll, post roll, skippable, dan not skippable ads akan muncul di video baru. Kebijakan yang mulai berlaku pada November ini, akan mengoptimalkan pendapatan konten kreator. Yuk simak gimana YouTube hapus fitur ad control di bawah ini.

YouTube membuat beberapa perubahan penting pada kontrol iklan yang tersedia untuk kreator. Mulai bulan November, YouTube menghapus kontrol iklan individual di YouTube Studio untuk iklan pre-roll, post-roll, skippable, dan non-skippable di video baru, menurut dokumen dukungan dari perusahaan yang ditulis oleh “Rob”, anggota tim YouTube.

YouTube Hapus Fitur Ad Control

Sebagai ganti YouTube hapus fitur ad control, kreator hanya bisa memilih antara mengaktifkan atau menonaktifkan iklan sebelum atau sesudah video. Jika Agan memilih untuk mengaktifkan iklan tersebut, YouTube akan memilih apakah akan menampilkan iklan pre-roll, post-roll, skippable, atau non-skippable “jika diperlukan”, sesuai dengan pemberitahuan di dokumen dukungan lainnya.

YouTube berpendapat bahwa hal ini tidak akan menjadi masalah besar. “Sebagian besar kreator tidak akan menyadari adanya perubahan karena mereka telah mengaktifkan banyak format iklan ini secara default,” kata Rob. 

“Pada tahun lalu, untuk video berdurasi panjang yang diaktifkan untuk monetisasi pada saat dipublikasikan, lebih dari 90 persen video telah mengaktifkan iklan pre-roll, post-roll, skippable, dan non-skippable.” 

Namun, bagi para kreator yang ingin memiliki kontrol yang lebih baik terhadap jenis iklan yang mungkin dilihat oleh pemirsa khusus mereka, perubahan yang akan datang ini bisa jadi akan mengecewakan.

YouTube Streaming

YouTube juga memperkenalkan beberapa opsi iklan baru untuk iklan di tengah-tengah tayangan. Untuk streaming langsung, kreator akan dapat melihat hitungan mundur 60 detik sebelum iklan muncul, dengan opsi untuk melewatkan iklan tersebut jika mereka tidak ingin mengganggu streaming. 

Kreator yang menyelenggarakan streaming langsung juga dapat menunda iklan di tengah-tengah tayangan selama 10 menit. 

Dan dalam beberapa bulan mendatang, untuk video berdurasi panjang, YouTube mengatakan bahwa kreator akan dapat memilih jeda iklan di tengah-tengah pemutaran secara otomatis atau secara manual.

Perubahan iklan YouTube ini muncul setelah berita tentang eksperimennya dengan jeda iklan yang lebih panjang namun lebih jarang di TV yang terhubung. 

YouTube juga telah mengumumkan iklan 30 detik yang tidak dapat dilewati saat menonton YouTube di TV yang terhubung dan bereksperimen dengan menonaktifkan video untuk orang-orang yang menggunakan pemblokir iklan.

Jadi gimana Gan tanggapan YouTube Hapus Fitur Ad Control ini?